PROMO SUPER HUT JAKARTA KE-497!
Belajar Data Science 12 Bulan hanya 175K!

0 Hari 17 Jam 40 Menit 13 Detik

Job Desc Data Scientist di Era Big Data

Belajar Data Science di Rumah 12-Juli-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1280b921-77b5-40ba-aa3e-b08123c18353-2023-07-13-010131_x_Thumbnail800.jpeg

Data Scientist merupakan salah satu profesi yang saat ini mulai diincar oleh perusahaan. Hal ini sejalan dengan penerapan basis data-driven dalam efisiensi kerja maupun database penyimpanan berskala besar. Seorang Data Scientist bertanggung jawab dalam mengolah data besar menjadi informasi yang bermanfaat bagi perusahaan. Sepanjang perjalanannya, perusahaan perlu mencari kandidat yang tepat untuk mengisi posisi Data Scientist. 


Job description Data Scientist sangat beragam, tergantung dari industri dan level perusahaan tempat ia bekerja. Namun secara umum, job description Data Scientist dapat dibagi menjadi beberapa bagian, antara lain pengambilan informasi dari berbagai sumber, menganalisis data untuk mendapatkan insight yang bermanfaat bagi perusahaan, serta mengembangkan sistem dan algoritma untuk suatu pekerjaan yang bisa diotomatisasi.


Selain adanya job desc utama, Data Scientist juga memiliki peran dalam menangani sebuah data yang sangat besar atau yang sering disebut dengan Big Data. Kira-kira apa ya yang dilakukan seorang Data Scientist dalam menangani Big Data? Ikuti dan simak selengkapnya pada postingan ini ya!


1. Melakukan Analisa Big Data

Data Scientist memiliki peran yang sangat penting dalam menangani Big Data. Mereka bertanggung jawab untuk mengumpulkan, memproses, dan menganalisis data besar yang dihasilkan dari berbagai sumber.


Data Scientist merupakan suatu profesi yang bertugas untuk menganalisis Big Data dengan menggunakan algoritma Machine Learning tertentu. Algoritma yang digunakan pun terdiri dari berbagai macam namun dipilih dan disesuaikan dengan jenis data dan tujuan penelitian.


Dengan menganalisis data, Data Scientist akan dapat mengetahui kesimpulan atau poin penting yang nantinya dapat digunakan untuk memenuhi tujuan perusahaan dan mengembangkan bisnis perusahaan.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Mengelola Data Menggunakan Hadoop dan Spark

Data Scientist harus memahami infrastruktur yang dibutuhkan untuk mengelola Big Data, termasuk perangkat lunak dan perangkat keras yang digunakan untuk menyimpan dan memproses data.


Untuk menangani "Big Data", Data Scientist menggunakan teknologi dan alat analisis data yang lebih canggih seperti Hadoop dan Spark untuk mengelola dan menganalisis data secara efektif. Alat ini memungkinkan Data Scientist untuk melakukan analisis data pada skala besar dan memproses data secara terdistribusi di beberapa komputer atau server.


3. Menerapkan Data Mining dan Machine Learning

Selain itu, Data Scientist juga menggunakan teknik data mining dan Machine Learning untuk mengidentifikasi pola dalam data dan memperoleh wawasan yang berguna dari data. Beberapa teknik yang umum digunakan adalah clustering, regresi, klasifikasi, dan analisis faktor.


Data Scientist harus mampu mengembangkan algoritma analisis data yang efektif dan efisien untuk memproses dan menganalisis data besar. Hal ini melibatkan penggunaan teknologi seperti Machine Learning, deep learning, dan artificial intelligence.


4. Mempertimbangkan Keamanan Data

Namun, untuk mengelola "Big Data", Data Scientist harus mempertimbangkan beberapa tantangan, seperti keamanan data, penyimpanan dan pengiriman data yang efisien, dan kecepatan pemrosesan data yang cepat. Selain itu, Data Scientist juga harus memahami sumber data dan menciptakan struktur data yang baik sehingga data dapat diakses dan digunakan secara efektif.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Dalam kesimpulannya, Data Scientist menangani "Big Data" dengan menggunakan teknologi dan alat yang canggih, seperti Hadoop dan Spark, dan teknik analisis data seperti data mining dan Machine Learning. Mereka juga harus mempertimbangkan beberapa tantangan yang terkait dengan pengelolaan dan analisis "Big Data".


Kamu bisa memulai proses menjadi Data Scientist dengan belajar di DQLab. DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT. 


Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk mendapatkan pengalaman belajar menarik, buruan sign up di DQLab.id. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Scientist!



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login