PROMO KILAT 2 DAYS ONLY!!
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 100K!

1 Hari 17 Jam 13 Menit 55 Detik

Job Description Data Scientist di Pemerintahan

Belajar Data Science di Rumah 29-September-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-rabu-02-2023-09-29-175255_x_Thumbnail800.jpg

Posisi data scientist, sebagai salah satu profesi yang telah mendapat perhatian besar dalam beberapa tahun terakhir di berbagai sektor, salah satunya pemerintahan.


Data scientist di sektor pemerintahan memiliki potensi besar untuk membawa perubahan positif melalui analisis data yang tepat. Sehingga para pejabat dan pihak terkait dapat meningkatkan pelayanan bagi kepentingan publik.


Tertarik untuk bekerja sebagai data scientist di sektor pemerintahan? Nah, tepat sekali karena artikel ini bertujuan untuk menjelaskan lebih detail deskripsi pekerjaan, tugas dan tanggung jawab, kualifikasi yang dibutuhkan, serta tantangan yang mungkin dihadapi oleh seorang data scientist di sektor pemerintahan. Langsung simak yuk pembahasannya! 


1. Deskripsi Pekerjaan

Data Scientist


Dalam era digitalisasi yang sedang berkembang pesat, peran Data Scientist di sektor pemerintahan juga semakin dibutuhkan. Di sini Data Scientist bertanggung jawab untuk mengelola, menganalisis, dan menginterpretasikan data yang dimiliki oleh pihak pemerintahan untuk membantu dalam pengambilan keputusan yang lebih informatif dan efisien.


Mengingat pemerintah memiliki akses ke sejumlah besar data demografis, ekonomi, dan sosial, seorang Data Scientist sebaiknya mengoptimalkan penggunaan data ini untuk kepentingan publik.


Di samping itu, Data Scientist di sektor pemerintahan juga sering terlibat dalam proyek-proyek analisis untuk mengidentifikasi tren dan pola yang dapat membantu mengalokasikan sumber daya dan perencanaan strategis.


Keahlian dalam bidang statistik, pemrograman, dan analisis data adalah kebutuhan utama bagi posisi ini. Seorang Data Scientist juga perlu memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk bisa menyampaikan insight dan rekomendasi analitis mereka kepada stakeholder non-teknis dalam pemerintahan.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Tugas dan Tanggung Jawab

Berikut sejumlah tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan oleh data scientist di sektor pemerintahan. 

  • Mengumpulkan data dari berbagai sumber baik internal maupun eksternal, dan memastikan integritas dan kualitas data yang dikumpulkan.

  • Mengelola dan memelihara database, serta melakukan pengolahan data awal seperti pembersihan dan transformasi data untuk analisis lebih lanjut.

  • Menganalisis data menggunakan teknik statistik dan algoritma machine learning untuk mengidentifikasi tren, pola, dan insight.

  • Menginterpretasikan hasil analisis untuk membantu pihak pemerintahan dalam mengambil keputusan berbasis data.

  • Mengembangkan model prediktif dan preskriptif untuk membantu dalam perencanaan strategis dan pengambilan keputusan.

  • Menerapkan algoritma machine learning dan teknik-teknik analitik lainnya untuk mengoptimalkan kinerja dan efisiensi operasional pemerintahan.

  • Membuat visualisasi data yang informatif dan mudah dipahami untuk membantu stakeholder pemerintahan dalam memahami temuan analitis.

  • Menyajikan temuan dalam bentuk laporan atau presentasi kepada pejabat pemerintahan dan stakeholder lainnya.

  • Bekerja secara kolaboratif dengan tim lintas fungsional untuk mengidentifikasi kebutuhan analisis dan mengembangkan solusi berbasis data.

  • Menjelaskan temuan analitis dan rekomendasi kebijakan kepada pejabat pemerintahan dan stakeholder non-teknis lainnya dalam bahasa yang mudah dipahami.


3. Kualifikasi yang Dibutuhkan

Pertama, latar belakang pendidikan yang kuat dalam bidang terkait seperti statistik, matematika, informatika, atau lainnya yang relevan. Selain itu, pengalaman praktis dalam menganalisis data dan mengembangkan model prediktif.


Pengetahuan mendalam tentang bahasa pemrograman seperti Python atau R, serta kemampuan untuk bekerja dengan database dan platform analitik, adalah keterampilan teknis dasar yang juga harus dimiliki oleh seorang Data Scientist.


Di samping keterampilan teknis, Data Scientist harus mampu menjelaskan insight dan rekomendasi analitis mereka kepada stakeholder non-teknis di pemerintahan dengan bahasa yang mudah dimengerti.


Kemampuan bekerja secara kolaboratif dalam tim lintas fungsional juga harus dimiliki. Selain itu, diperlukan pula pemahaman regulasi dan kebijakan data yang berlaku, yang tentu membantu dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab tersebut.


Ada kalanya, Data Scientist di sektor pemerintahan juga perlu memimpin tim atau proyek, memastikan progres, dan mentranslasikan tujuan strategis pemerintahan menjadi tugas analitis yang dapat diukur.


Memiliki pengalaman dalam pengelolaan proyek, kemampuan untuk memprioritaskan tugas-tugas, dan keterampilan dalam mengambil keputusan berbasis data adalah aspek kualifikasi yang bisa membantu dalam menjalankan peran ini.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


4. Tantangan yang Mungkin Dihadapi

Data Scientist


Salah satu tantangan utama yang dihadapi oleh Data Scientist di sektor pemerintahan adalah kualitas dan aksesibilitas data. Data yang tidak terstruktur atau kurang lengkap dapat menghambat proses analitik dan mengurangi keakuratan dari insight yang diperoleh.


Selain itu, dalam lingkungan pemerintahan, data seringkali bersifat sensitif dan memiliki restriksi akses yang ketat. Hal ini bisa mempersulit Data Scientist dalam mengakses data yang dibutuhkan untuk analisis.


Kurangnya standar atau protokol terpadu dalam pengumpulan dan penyimpanan data juga dapat menambah kompleksitas dalam mengelola dan memproses data. Terkadang juga ada hambatan dalam menghadapi birokrasi dan regulasi ketat terkait dengan penggunaan dan distribusi informasi, yang dapat memperlambat proses analisis dan implementasi dari temuan analitik.


Selain itu, kebutuhan untuk edukasi dan peningkatan kesadaran antara pejabat pemerintah dan praktisi data mengenai potensi dan keterbatasan analisis data juga menjadi tantangan.


Memupuk budaya data-driven dalam sebuah entitas pemerintahan yang mungkin belum familiar dengan pendekatan berbasis data ini membutuhkan waktu, komunikasi efektif, dan keterlibatan berkelanjutan dari semua pihak yang terlibat.


Nah, bagi kalian yang tertarik untuk terjun di sektor pemerintahan dan bekerja sebagai data scientist profesional, sebaiknya harus mempersiapkan diri dari sekarang! Kalian bisa mulai belajar di DQLab. Modul ajarnya lengkap dan bervariasi.


Semua skill yang dibutuhkan akan diajarkan. Dilengkapi studi kasus yang membantu kalian belajar memecahkan masalah dari berbagai industri. Bahkan diintegrasikan dengan ChatGPT. Manfaatnya apa?

  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun


Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apa lagi, segera Sign Up dan persiapkan diri untuk menjadi praktisi data yang andal atau ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


Penulis : Dita Feby 

Editor : Annissa Widya


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login