3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 1 Jam 42 Menit 51 Detik

Job Description untuk Data Engineer Entry Level

Belajar Data Science di Rumah 14-Januari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-kamis-04-2024-01-12-173739_x_Thumbnail800.jpg

Data engineer adalah salah satu profesi yang kini semakin banyak dicari oleh perusahaan karena menjadi dasar digitalisasi yang kuat dalam suatu bisnis. Hal ini bisa dilihat dari job descriptionnya. Secara umum, mereka bertanggung jawab untuk memastikan struktur database dapat digunakan dan diakses oleh tim lainnya.


Tentunya, job description untuk setiap level data engineer akan berbeda satu sama lain. Entry level memiliki tugas dan tanggung jawab yang tidak sama dengan level manajerial. Nah, dalam artikel kali ini kita akan belajar job description para data engineer entry level. Dengan memahami hal ini, kalian bisa mempersiapkan diri jauh-jauh hari. Yuk, langsung simak apa saja job description tersebut!


1. Data Collection

Data Engineer

Sebagai data engineer entry-level, kalian memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mengumpulkan, menyusun, dan mengelola data dari berbagai sumber. Kalian juga perlu memahami sumber data yang berbeda, baik internal maupun eksternal, serta mampu mengekstrak dan mentransformasi data agar sesuai dengan kebutuhan perusahaan.


Selain itu, juga bertanggung jawab untuk merancang dan mengimplementasikan proses pengumpulan data yang efisien, termasuk pemrosesan data secara real-time dan batch. Selain itu, pastikan kalau data yang dikumpulkan berkualitas dengan melakukan pembersihan dan validasi data secara teratur.


Masih di lingkup yang sama, kalian juga akan diminta untuk kolaborasi dengan tim lain, seperti data scientists dan analis bisnis, untuk memahami kebutuhan mereka dan menyediakan data yang relevan. Selain itu, kalian mungkin juga diminta untuk memberikan pembaruan reguler mengenai kinerja dan kualitas data kepada stakeholder internal.


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Database Management

Data Engineer

Tugas pertama melibatkan pengembangan dan pemeliharaan database yang efisien dan dapat diandalkan. Hal ini mencakup desain, implementasi, dan pembaruan struktur database, serta penyesuaian skema database sesuai dengan kebutuhan yang berkembang. Selain itu, data engineer entry-level juga bertanggung jawab untuk memastikan keamanan dan integritas data dengan menerapkan kontrol akses yang tepat dan menjaga kebijakan keamanan data.


Selain aspek teknis, seorang data engineer entry level juga harus memiliki kemampuan dalam merencanakan dan mengimplementasikan strategi manajemen data. Jadi, kalian harus paham metadata, dokumentasi data, dan pemantauan kualitas data. Data engineer juga berperan dalam mengoptimalkan kinerja database dengan melakukan tuning query dan memastikan efisiensi operasional. 


3. Data Warehousing

Data Engineer

Tugas utamanya termasuk merancang, mengembangkan, dan memelihara data warehouse. Kalian harus memahami kebutuhan bisnis untuk merancang struktur warehouse yang sesuai, mengintegrasikan data dari berbagai sumber, dan memastikan konsistensi serta akurasi informasi yang disimpan di dalamnya. Selain itu, kalian juga perlu mengimplementasikan proses ekstraksi, transformasi, dan pemuatan (ETL) yang efisien untuk mentransfer data dari sumber-sumber berbeda ke dalam data warehouse.


Data engineer entry level juga bertanggung jawab atas pemeliharaan kinerja data warehouse dengan melakukan tuning query, memantau pemakaian sumber daya, dan menangani pembaruan struktur database sesuai kebutuhan. Keterampilan dalam menggunakan teknologi data warehousing seperti SQL, serta pengetahuan tentang konsep-konsep seperti indeks, partisi, dan optimasi kueri juga sangat mendukung pekerjaan.


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


4. Data Cleaning dan Transformation

Data Engineer

Proses pembersihan data melibatkan pemilihan, pemfilteran, dan normalisasi data untuk meminimalkan kesalahan dan menghasilkan dataset yang konsisten. Selain itu, data engineer entry level juga bertanggung jawab untuk mentransformasi data agar sesuai dengan struktur yang dibutuhkan untuk analisis lebih lanjut, mengaplikasikan operasi seperti agregasi, penggabungan, dan pemodelan data sesuai dengan kebutuhan bisnis.


Selain itu, kolaborasi dengan tim lain, termasuk data scientist dan data analyst, untuk memahami kebutuhan analisis dan memastikan data yang bersih dan terstruktur juga menjadi job description dari pekerjaan seorang data engineer tingkat entry level.


Selain tugas-tugas di atas, tentu data engineer juga memiliki tugas lainnya yang juga perlu kalian persiapkan. SahabatDQ juga harus memahami pentingnya keamanan data dan alur kerja pemrosesan yang efisien. Jadi harus segera persiapkan diri nih! 


Bingung memilih platform terbaik? Kalian bisa mulai belajar di DQLab loh. Modul ajarnya lengkap dan bervariasi. Bahkan diintegrasikan dengan ChatGPT. Manfaatnya apa?

  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun


Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apa lagi, segera Sign Up dan siapkan diri menjadi data engineer andal! 

Penulis : Dita Feby 

Editor : Annissa Widya 

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :