GEBYAR DISKON 95%+10%! KEJUTAN SPESIAL KEMERDEKAAN
Belajar Data Science 6 Bulan Bareng Ahli Bersertifikat hanya Rp. 170K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 7 Jam 58 Menit 42 Detik 

Kantongi Soft-Skill Data Analyst, Siap Menjadi Praktisi Data Handal

Belajar Data Science di Rumah 26-Februari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/be81670b7a9e310e983b277fae61f9b5_x_Thumbnail800.jpg

Sebagai salah satu profesi yang berada di ranah industri data, data analyst memegang peranan yang sangat penting dalam keberlangsungan perusahaan. Betapa tidak, bagi seorang yang berprofesi sebagai data analyst mengolah data menjadi sebuah informasi yang berharga bagaikan sebuah harta karun yang perlu dicari dan diselidiki. Data analyst melakukan transformasi dari data yang telah diolah menjadi sebuah insight yang sangat bermanfaat untuk improvement bisnis yang telah dijalankan. Melalui bantuan analisis data, pemahaman terkait tren data maupun perkembangan bisnis maka data analyst dapat mengevaluasi dan memperbaiki kinerja bisnis. Kemampuan analisis juga sangat penting bagi seorang data analyst. Kemampuan analisis diperlukan untuk melakukan interpretasi terkait data olahan dan pemaknaan dari setiap angka yang muncul pada hasil analisis. Selain kemampuan analisis ada beberapa skill data analyst yang perlu dikuasai bagi seseorang yang akan menduduki posisi sebagai data analyst. Skill-skill ini tentunya jangan diremehkan apalagi harus dipelajari sebagai bekal untuk menjadi seorang data analyst.


Seperti yang kita ketahui, dalam dunia kerja terdapat dua skill yaitu hard-skill kemampuan utama atau teknis yang biasanya dibutuhkan perusahaan. Selain hard-skill ada juga soft-skill atau kemampuan pendukung yang mendukung pekerjaan sebagai data analyst. Nah, jika kamu tertarik untuk berkarir menjadi seorang Data Analyst, peluang sangat terbuka lebar dan masih ada kesempatan yang selalu ada. Namun, ada beberapa seperangkat keterampilan penting yang harus dikuasai ketika ingin menjadi seorang Data Analyst. Kamu perlu membekali diri dengan menguasai apa saja skill yang harus dimiliki oleh seorang Data Analyst yang handal. Pada artikel ini kita akan bahas khusus mulai dari soft skills dulu nih. Mau tau apa aja soft-skill yang perlu dimiliki oleh seorang data analyst? Kali ini DQLab akan bagikan khusus untuk kamu! Yuk simak terus artikel ini untuk mempersiapkan dirimu berkarir menjadi Data Analyst!  Pastikan simak baik-baik dan keep scrolling on this article guys!



1. Detail Oriented

Perhatian terhadap detail juga berguna ketika data analyst membangun proses yang secara efisien menangkap dan menyortir data. Kesalahan kecil dalam satu baris kode dapat membuat seluruh alur kerja menjadi serba salah. Data analyst harus selalu waspada terhadap kesalahan kecil yang dapat menyebabkan masalah yang lebih besar dalam sistem. 

Data Analyst

Dalam banyak hal, pekerjaan seorang data analyst mirip dengan mencari jarum di tumpukan jerami. Data analyst harus dapat memperhatikan petunjuk kecil yang mengarah ke pesan yang lebih besar yang bersembunyi di sekelompok data. œTugas sebenarnya untuk melaporkan dan mengumpulkan data bisa jadi membosankan dan sulit dibaca, jadi menarik kesimpulan yang berarti dari data tersebut adalah keterampilan yang selalu dapat ditingkatkan, kata Lauren Petersmeyer, manajer strategi dan perencanaan digital.


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Bekerjasama dalam Tim

Analis data berkolaborasi dengan orang-orang di berbagai posisi untuk menyelesaikan pekerjaan. Mereka bekerja dengan ilmuwan data untuk menentukan jenis pertanyaan apa yang dapat dijawab melalui analisis data. 

Data Analyst

Mereka juga berkolaborasi dengan pengembang web untuk memastikan bahwa situs web perusahaan mereka dirancang untuk secara efisien menangkap data yang mereka butuhkan. Dalam skala gambaran besar, analis data berkolaborasi dengan para pemimpin perusahaan untuk menentukan bagaimana wawasan data terbaru dapat memandu perusahaan dalam bergerak maju menuju tujuannya.


3. Kemampuan Problem-Solving

Memproses data menjadi sebuah informasi tidak melulu hanya bisa dikerjakan hanya dengan mudahnya melakukan klik tombol aja. Data analyst paling tidak dilatih juga kemampuan dalam hal pemecahan masalah sehingga mereka dapat menangkap data berdasarkan temuannya secara efisien. 

Data Analyst

Data analyst juga menerapkan keterampilan pemecahan masalah mereka saat berkolaborasi dengan tim mereka dalam masalah gambaran besar. Mereka harus bekerja sama dengan orang lain di perusahaan mereka untuk memutuskan masalah mana yang akan ditargetkan dan bagaimana menyelesaikannya melalui analisis data.


4. Kemampuan Komunikasi

Pekerjaan seorang data analyst tidak terlepas dari yang namanya kemampuan komunikasi. Seorang data analyst perlu memiliki kemampuan komunikasi untuk bisa melaporkan hasil analisis data perusahaan baik dalam bentuk lisan, tulisan dan visualisasi data. Disini data analyst akan berdiskusi soal temuan yang telah mereka dapatkan dari hasil analisis statistik. 

Data Analyst

Data analyst juga dibutuhkan kemampuan komunikasi untuk mempresentasikan hasil temuannya. Disinilah kemampuan komunikasi merupakan keterampilan yang sangat berharga bagi perusahaan. Hal ini dikarenakan berkat keterampilan komunikasi membuat perusahaan bisa melakukan pengambilan keputusan yang tepat tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya


5. Kamu Ingin Menjadi Data Analyst? DQLab Punya Jawabannya!

Apakah kamu adalah talenta data yang ingin menjadi seorang data analyst? Jika kamu menginginkannya maka DQLab punya sesuatu untukmu! Kalian bisa cobain beberapa rekomendasi toolsnya nih buat yang pengen banget jadi seorang data analyst. Ada SQL, Python, dan tools dalam menunjang visualisasi data seperti Tableau dan Power  BI. Kini Sahabat Data DQLab sudah tidak perlu khawatir lagi. Karena sekarang telah tersedia roadmap pembelajaran berupa Data Analyst Career Track DQLab! Dengan roadmap yang telah dirancang khusus untuk instruktur dan modul-modul lengkap, kamu bisa menjadi lebih siap dengan perbekalannya menjadi seorang Data Analyst. Dengan belajar data science di DQLab sekarang tidak perlu install software lagi. Kamu bisa langsung belajar dari sekarang karena dataset yang telah disediakan sudah sudah terintegrasi dengan live code editor. 

Data Analyst

Jika kamu penasaran dengan data science dan ingin belajar data science secara langsung, caranya mudah banget. Kamu bisa loh untuk coba bikin akun gratisnya kesini di DQLab.id dan lakukan signup untuk dapatkan info-info terbaru serta belajar data science. Nikmati pengalaman belajar data science yang menarik dan cobain berlangganan bersama DQLab yang seru dan menyenangkan dengan live code editor. Tersedia berbagai macam modul-modul yang terupdate mulai dari free hingga platinum semua dapat diakses jika kamu ingin berlangganan buat akses seluruh modul lengkapnya. Kalian juga bisa mencoba studi kasus penerapan real case industry dan kamu juga diberikan kesempatan mendapatkan job connector dari perusahaan ternama di ranah industri data. Uniknya kamu bisa langsung apply dari akun kamu loh. So, tunggu apalagi, buruan SIGNUP Sekarang ya!


Penulis: Reyvan Maulid


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :