PROMO KILAT 2 DAYS ONLY!!
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 100K!

1 Hari 17 Jam 36 Menit 50 Detik

Kapan Pakai SQL LEFT OUTER JOIN & RIGHT OUTER JOIN?

Belajar Data Science di Rumah 13-Juni-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/883f8a59-e152-4d0b-955b-5361a8ad8f09-2023-06-13-192127_x_Thumbnail800.jpeg

Salah satu fungsi yang dimiliki oleh bahasa pemrograman SQL adalah JOIN. Hal ini tentunya sangat memudahkan user dalam menggabungkan data baik dalam tabel yang sama maupun tabel yang berbeda. Di lapangan, database tersebar lebih kompleks dan memungkinkan tabel tersebut tidak rapi sehingga pengguna harus bisa menyesuaikan dan merapikannya dengan fungsi JOIN ini. 


Dalam struktur database yang baik, data seringkali terbagi di antara beberapa tabel untuk menghindari redundansi. Dengan SQL JOIN, Anda dapat menggabungkan tabel-tabel ini berdasarkan kolom-kolom yang sesuai dan mengakses data yang Anda butuhkan tanpa mengulangi informasi yang sama.


Di dalam SQL JOIN, terdapat dua fungsi yang seringkali digunakan. Ada LEFT OUTER JOIN dan RIGHT OUTER JOIN. LEFT OUTER JOIN merupakan fungsi JOIN yang menghasilkan semua baris dari tabel sebelah kiri dan baris yang cocok yang ada di tabel kanan. Nah, selain LEFT OUTER JOIN ada juga RIGHT OUTER JOIN. RIGHT OUTER JOIN merupakan kebalikan dari fungsi LEFT OUTER JOIN. 


RIGHT OUTER JOIN menghasilkan semua baris dari tabel kanan dan baris yang cocok yang tersedia pada tabel yang ada di sebelah kiri. Nah, bagi kalian seorang pemula di bidang data pastinya ingin tahu bagaimana aplikasi dan perbedaan dari dua fungsi berikut. Pada artikel ini, kita akan kupas masing-masing baik LEFT JOIN maupun RIGHT JOIN. Simak selengkapnya melalui artikel berikut!


1. Apa itu LEFT OUTER JOIN

LEFT JOIN atau LEFT OUTER JOIN adalah jenis operasi JOIN dalam bahasa SQL yang menggabungkan dua tabel atau lebih berdasarkan kolom yang sesuai, dengan mempertahankan semua baris dari tabel kiri (tabel sebelum JOIN) dan hanya mengambil baris yang cocok dari tabel kanan (tabel setelah JOIN).


Dalam LEFT JOIN, tabel yang muncul sebelum kata kunci JOIN dianggap sebagai "tabel kiri", sedangkan tabel yang muncul setelah JOIN dianggap sebagai "tabel kanan". Syntax dasar LEFT JOIN adalah sebagai berikut:

SQL

Ketika LEFT JOIN atau LEFT OUTER JOIN digunakan, hasilnya akan mencakup semua baris dari tabel kiri (table1) dan hanya baris yang cocok dari tabel kanan (table2). Jika tidak ada kecocokan antara kolom yang dihubungkan, maka akan dihasilkan NULL pada kolom tabel kanan.


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Apa itu RIGHT OUTER JOIN

RIGHT OUTER JOIN adalah salah satu jenis operasi JOIN dalam bahasa SQL yang digunakan untuk menggabungkan dua tabel atau lebih berdasarkan kolom yang sesuai, dengan mempertahankan semua baris dari tabel kanan (tabel setelah JOIN) dan hanya mengambil baris yang cocok dari tabel kiri (tabel sebelum JOIN).


Dalam RIGHT OUTER JOIN, tabel yang muncul setelah kata kunci JOIN dianggap sebagai "tabel kiri", sedangkan tabel yang muncul sebelum JOIN dianggap sebagai "tabel kanan". Syntax dasar RIGHT OUTER JOIN adalah sebagai berikut:

SQL

Ketika RIGHT OUTER JOIN digunakan, hasilnya akan mencakup semua baris dari tabel kanan (table2) dan hanya baris yang cocok dari tabel kiri (table1). Jika tidak ada kecocokan antara kolom yang dihubungkan, maka akan dihasilkan NULL pada kolom tabel kiri.


3. Perbedaan LEFT OUTER JOIN dan RIGHT OUTER JOIN

Perbedaan antara RIGHT OUTER JOIN dan LEFT OUTER JOIN dalam SQL terletak pada tabel mana yang dianggap sebagai "tabel kiri" dan "tabel kanan" dalam hubungan JOIN. Berikut adalah perbedaannya:


LEFT OUTER JOIN:

  • Tabel kiri (LEFT) adalah tabel yang muncul sebelum kata kunci JOIN.

  • Hasilnya akan mencakup semua baris dari tabel kiri (tabel sebelum JOIN), termasuk baris yang tidak cocok dengan tabel kanan (tabel setelah JOIN).

  • Jika tidak ada kecocokan antara kolom yang dihubungkan, maka akan dihasilkan NULL pada kolom tabel kanan.

  • LEFT OUTER JOIN memastikan bahwa semua baris dari tabel kiri disertakan dalam hasil JOIN, bahkan jika tidak ada kecocokan di tabel kanan.

SQL

Sumber Gambar: Qurosity


RIGHT OUTER JOIN:

  • Tabel kanan (RIGHT) adalah tabel yang muncul setelah kata kunci JOIN.

  • Hasilnya akan mencakup semua baris dari tabel kanan (tabel setelah JOIN), termasuk baris yang tidak cocok dengan tabel kiri (tabel sebelum JOIN).

  • Jika tidak ada kecocokan antara kolom yang dihubungkan, maka akan dihasilkan NULL pada kolom tabel kiri.

  • RIGHT OUTER JOIN memastikan bahwa semua baris dari tabel kanan disertakan dalam hasil JOIN, bahkan jika tidak ada kecocokan di tabel kiri.


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


4. Kapan Menggunakan LEFT OUTER JOIN dan RIGHT OUTER JOIN

Kapan Anda harus menggunakan RIGHT OUTER JOIN atau LEFT OUTER JOIN tergantung pada kebutuhan Anda dan struktur data dalam tabel yang Anda gabungkan. Berikut adalah beberapa situasi di mana Anda mungkin ingin menggunakan masing-masing jenis JOIN:

SQL

Sumber Gambar: Toward Data Science


LEFT OUTER JOIN:

Ketika Anda ingin mempertahankan semua baris dari tabel kiri dan hanya mengambil baris yang cocok dari tabel kanan.


Misalnya, jika Anda memiliki tabel "Customers" dan tabel "Orders", dan Anda ingin mendapatkan daftar semua pelanggan beserta pesanan mereka (jika ada), Anda dapat menggunakan LEFT JOIN dengan "Customers" sebagai tabel kiri.


Ini juga berguna ketika Anda ingin menampilkan semua data dari tabel utama (tabel kiri) dan hanya data yang cocok dari tabel yang terkait (tabel kanan).


RIGHT OUTER JOIN:

Ketika Anda ingin mempertahankan semua baris dari tabel kanan dan hanya mengambil baris yang cocok dari tabel kiri.


Situasi ini mungkin jarang terjadi karena banyak sistem database umumnya menggunakan sintaks LEFT JOIN dan tidak mendukung secara langsung RIGHT JOIN. Namun, Anda dapat mencapai hasil yang sama dengan mengubah urutan tabel dalam query atau menggunakan LEFT JOIN dengan membalik urutan tabel.

Jika Anda ingin mendapatkan daftar semua pesanan beserta informasi pelanggan yang sesuai (jika ada), Anda dapat menggunakan RIGHT JOIN dengan "Orders" sebagai tabel kanan.


Dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu menggunakan FULL OUTER JOIN untuk menggabungkan semua baris dari kedua tabel, termasuk yang cocok dan yang tidak cocok. Namun, FULL OUTER JOIN tidak didukung oleh semua sistem database, dan Anda mungkin perlu menggunakan pendekatan alternatif seperti UNION untuk mencapai hasil yang serupa.


Pemahaman bahasa SQL perlu benar-benar dipelajari karena memiliki peranan penting dalam database. Dengan persiapan database yang baik maka hasil analisis data pun akan semakin akurat.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup


Penulis: Reyvan Maulid





Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login