Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Kegunaan Python sebagai Pemrograman Multifungsi

Belajar Data Science di Rumah 17-Maret-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-kamis-01-2024-03-16-122554_x_Thumbnail800.jpg

Python telah menjadi salah satu bahasa pemrograman paling populer di dunia, dan salah satu alasan utamanya adalah kegunaannya yang luas dan multifungsi. Dengan terus berkembangnya teknologi dan permintaan pasar yang tinggi untuk para profesional yang menguasai Python, tidak mengherankan jika bahasa pemrograman ini terus menjadi pilihan utama di dunia IT.


Python dapat dimanfaatkan untuk menyelesaikan berbagai jenis pekerjaan yang ada di berbagai industri. Hal ini didukung oleh ekosistem aktif Python yang sangat kaya, meliputi berbagai library, framework, hingga tools lain yang bisa mendukung Python untuk memperluas fungsinya. Dalam artikel ini kita akan membahas beberapa kegunaan Python yang dapat membuatnya menjadi pilihan yang sangat populer di antara para pengguna. Simak pembahasannya, yuk!


1. Software Development

Python

Salah satu kegunaan utama Python adalah dalam software development. Python akan digunakan untuk mengerjakan berbagai project software development, mulai dari pembuatan aplikasi desktop hingga pengembangan software yang berbasis web dan seluler. Kemampuan Python untuk menghasilkan kode yang bersih, mudah dibaca, dan mudah dipelihara membuatnya menjadi pilihan yang populer di kalangan para software developer di seluruh dunia.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Data Analytics & Data Science

Python

Penggunaan Python juga sangat populer dalam Data Analytics & Data Science. Dengan adanya library seperti NumPy, Pandas, dan Matplotlib, Python dapat menyediakan alat yang kuat untuk memanipulasi dan menganalisis data, membuat visualisasi data yang menarik, serta membangun model analisis prediktif. Karena fleksibilitasnya yang tinggi dan ketersediaan library yang cukup luas, Python telah menjadi bahasa pemrograman yang sangat populer di antara para Data Scientist dan Data Analyst.


3. Website Development

Python

Python juga digunakan secara masif dalam website development. Dalam hal ini, pengguna akan membutuhkan framework seperti Django dan Flask untuk membuat pengembangan situs web menjadi lebih cepat dan lebih mudah. Python telah menyediakan alat yang kuat untuk mengelola database, memproses formulir, menangani otentikasi pengguna, dan masih banyak lagi.


Dengan adanya kemampuan untuk membuat situs web yang kuat dan efisien, Python bisa semakin menjadi pilihan yang populer di kalangan para website developer di seluruh dunia.


4. Artificial Intelligence & Machine Learning

Python

Python juga berperan penting dalam kemajuan teknologi Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning (ML). Kedua teknologi ini merupakan bidang yang sedang berkembang dengan pesat. Dengan library seperti TensorFlow, Keras, dan Scikit-learn, Python dapat menyediakan alat yang kuat untuk membangun dan melatih model ML, membuat aplikasi cerdas, dan melakukan analisis prediktif.


Kemampuan Python untuk menghasilkan kode yang singkat dan clean namun mudah untuk di maintenance membuatnya menjadi pilihan yang populer di kalangan para Data Scientist dan Machine Learning Engineer.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Python telah menjadi bahasa pemrograman yang sangat populer dan pilihan utama bagi para pengembang di seluruh dunia. Dengan ketersediaan library yang luas, ekosistem yang aktif, dan kemudahan penggunaan, Python akan terus menjadi bahasa pemrograman yang dominan di masa depan.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst! Atau kamu ingin mempelajari Artificial Intelligence lebih dalam & intensif? Yuk ikuti DQLab LiveClass! Nikmati pembelajaran secara langsung dengan metode simulasi yang akan membantu kamu dalam persiapan karir. Kunjungi halaman Bootcamp Data Analyst with SQL and Python untuk informasi lebih lanjut ya!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login