JULY SPECIAL ! DISKON 96%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 180K!
0 Hari 2 Jam 1 Menit 10 Detik

Kegunaan VBA dan Macro pada Excel Di Beberapa Role

Belajar Data Science di Rumah 17-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-kamis-08-2023-11-17-181716_x_Thumbnail800.jpg

VBA adalah singkatan dari Visual Basic for Application yang merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Microsoft Corp. VBA terintegrasi ke dalam aplikasi utama Microsoft Office, seperti word, excel, dan access.


Bahasa pemrograman VBA memungkinkan users untuk mengakses fungsi yang tersedia di aplikasi MS Office. Users juga dapat menggunakan VBA untuk menyesuaikan aplikasi guna memenuhi kebutuhan spesifik bisnis, seperti membuat fungsi yang ditentukan users, mengotomatisasi proses komputer, dan mengakses Windows API.


Meskipun users tidak dapat secara langsung memanipulasi perangkat lunak utama excel melalui VBA, mereka dapat menguasai ‘art’ membuat macro untuk mengoptimalkan waktu mereka di excel. VBA digunakan untuk menjalankan fungsi yang berbeda, dan tipe users yang berbeda menggunakan bahasa pemrograman untuk berbagai fungsi. 


Pada artikel kali ini, kita akan membahas beberapa kegunaan VBA dan macro excel untuk beberapa role. Penasaran apa saja? Yuk kita simak bersama!


1. General Users

Sebagian besar reguler users menggunakan aplikasi MS Office seperti Excel dalam rutinitas mereka. VBA digunakan untuk mengotomatiskan tugas dan melakukan beberapa fungsi lain selain membuat dan mengatur spreadsheet.

Excel


Misalnya, users perlu mengotomatiskan beberapa aspek Excel, seperti tugas yang berulang, tugas yang sering dilakukan, membuat laporan, dan lain sebagainya. Users dapat membuat program VBA (macro) di dalam Excel untuk menghasilkan, memformat, dan mencetak laporan penjualan bulanan dengan representasi grafis seperti diagram batang.


Users dapat menjalankan program dengan satu klik, dan Excel akan secara otomatis menghasilkan laporan dengan mudah sesuai kebutuhan perusahaan.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Computer Professionals

Computer professionals dapat menggunakan VBA untuk melakukan tugas yang lebih kompleks yang membutuhkan waktu lebih lama dan lebih banyak sumber daya untuk menyelesaikannya.


Misalnya, mereka bisa menggunakan VBA untuk membuat add-in khusus untuk Excel yang menyediakan fungsionalitas tambahan pada aplikasi dengan memperkenalkan fungsi baru yang tidak tersedia di Excel.

Excel


VBA juga membantu computer professionals untuk melakukan fungsi-fungsi kompleks, seperti mereplikasi baris kode yang besar, merancang bahasa dalam aplikasi MS Office, dan menggabungkan fungsi dari dua atau lebih program berbeda.


3. Corporate users

Excel

VBA tidak hanya berguna bagi individu, tetapi juga bagi corporate users. Perusahaan dapat menggunakan bahasa pemrograman VBA untuk mengotomatisasi prosedur core business dan proses internal. Fungsi seperti prosedur akuntansi, pelacakan waktu, pemrosesan pesanan penjualan secara real-time, penghitungan data kompleks, dan lain sebagainya dapat diimplementasikan menggunakan VBA.


VBA dapat mengotomatiskan tugas-tugas  di atas untuk meningkatkan efisiensi proses bisnis internal. Hal ini juga memungkinkan perusahaan untuk mengkonsolidasikan data mereka ke dalam cloud agar dapat diakses dari lokasi mana pun di seluruh dunia.


4. Menulis Coding VBA

Untuk mengakses windows VBA, tekan Alt + F11 dalam program Office apa pun. Jika dilakukan dengan benar, shortcut akan membuka windows dengan file structure tree di kiri atas, properti di kiri bawah, panel debug di tengah bawah dan kanan bawah, dan bagian code yang menempati sebagian besar layar tengah dan kanan atas. 

Excel


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


Yuk perdalam pemahaman excel kamu bersama DQLab! DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti Bootcamp Data Analyst with Excel berikut untuk informasi lebih lengkapnya!


Penulis: Galuh Nurvinda K


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login