Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Kelompokkan Data Mudah dengan SQL Group By

Belajar Data Science di Rumah 01-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-rabu-06-2024-05-01-104035_x_Thumbnail800.jpg

Bahasa query merupakan sebuah bahasa komputer yang bisa digunakan untuk melakukan perintah-perintah terhadap basis data. Bahasa query terdiri dari berbagai macam jenis, salah satunya yang populer adalah bahasa SQL. SQL merupakan singkatan dari Structured Query language yang dirilis pertama kali pada tahun 1974. Dalam bahasa SQL terdiri dari berbagai macam perintah, seperti SQL Join, SQL Group By, dan lainnya yang mana masing-masing memiliki kegunaan tertentu


Bahasa SQL saat ini termasuk bahasa pemrograman yang banyak dibutuhkan terutama jika seseorang berprofesi dalam bidang data. Untuk mengakses, memanipulasi, dan mengedit database terutama yang berukuran besar, kegunaan SQL sangatlah berperan penting. Kini telah banyak lembaga kursus atau tempat pelatihan maupun bootcamp yang menyediakan belajar bahasa pemrograman termasuk SQL di dalamnya. Pada artikel kali ini kita akan mengenali apa itu SQL dan salah satu fiturnya, yaitu SQL Group By.


1. Kegunaan SQL

SQL memiliki beberapa fungsi yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Beberapa fungsi SQL antara lain:

  • mampu mengeksekusi query

  • mampu mengatur hak akses user, seperti hak akses table,pandangan dan prosedur database

  • mampu memanipulasi dan mengakses database, dengan menuliskan beberapa perintah sesuai dengan query yang telah ditetapkan

  • mampu membuat tabel

  • melihat struktur tabel

SQL


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Fungsi Agregate

Fungsi agregate digunakan untuk melakukan perhitungan pada sekelompok nilai. Berbagai fungsi agregate yang sering digunakan adalah : 

  • SUM(), untuk menjumlahkan sekelompok nilai (baris) dalam satu kolom

  • COUNT(), untuk menghitung jumlah baris

  • AVG(), untuk menghitung nilai rata-rata dari suatu kolom

  • MIN(), untuk menghitung nilai minimum dari suatu kolom

  • MAX(), untuk menghitung nilai maximum dari suatu kolom

  • FIRST(), untuk mengembalikan nilai pada baris pertama dari suatu kolom

  • LAST(), untuk mengembalikan nilai pada baris terakhir dari suatu kolom.

SQL


3. SQL Group By 

SQL Group By merupakan salah satu fungsi dalam SQL yang sangat berguna untuk pengelompokkan data. Dengan menggunakan Group By seorang praktisi data bisa menghasilkan hasil analisis dengan lebih akurat. FUngsi lain dari penggunaan SQL Group By adalah dapat membantu menyimpulkan data yang ada dengan lebih informatif. Penggunaan Group By bisa melalui tiga kondisi, yaitu tanpa fungsi agregat, dengan Order By, dan dengan Having vs Where.


4. Sintaks Umum Group By

SQL group by digunakan untuk menggabungkan data dengan nilai yang sama dalam daftar bidang tertentu menjadi satu data. Pernyataan SQL group by ini sering digunakan untuk fungsi agregat seperti count, max, min, sum, avg untuk mengelompokkan hasil yang ditetapkan oleh satu kolom atau lebih. Adapun format penulisan SQL group by adalah sebagai berikut:


SELECT [KOLOM1], [KOLOM2] FROM NAMA_TABEL GROUP BY [KOLOM1], [KOLOM2]

SQL


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


SQL adalah suatu bahasa pemrograman yang digunakan dalam proses pengaksesan dan pengelolaan database. Dasar-dasar SQL pun perlu dipelajari agar mempermudah proses analisis data. Kamu bisa pelajari dasar-dasarnya di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login