BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE SELAMA 6 BULAN START FROM Rp179,400! 
atau kamu bisa coba buat Akun DQLab, dan akses kelas R & Python GRATIS DAFTAR DISINI

Kembangkan Aplikasi Python untuk Bangun Ide Portofolio Anti Mainstream

Belajar Data Science di Rumah 21-Juli-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/da2b9fbbd90a7c46a9729470841a2f9e_x_Thumbnail800.jpg

Menurut platform Stack Overflow, Python adalah bahasa pemrograman dengan pertumbuhan tercepat di dunia dan diperkirakan akan terus tumbuh secara signifikan. Python sudah terkenal sebagai pemrograman multi purpose dan banyak digunakan oleh user di seluruh belahan dunia karena mudah beradaptasi, andal, dan mudah dipelajari. Bahasa pemrograman tingkat tinggi ini dapat digunakan untuk memecahkan berbagai masalah, termasuk untuk mengembangkan aplikasi. Di kalangan developer, bahasa pemrograman python sangat terkenal, bahkan dapat mengalahkan bahasa pengkodean fenomenal, Java. 

Python merupakan go-on technology dalam industri yang paling profitable dan dinamis. Bahasa pemrograman ini dapat digunakan untuk mengembangkan tools analisis keuangan kuantitatif untuk mengolah data berukuran besar, software perbankan, sistem perdagangan, tools untuk menyelesaikan cryptocurrency, dan lain sebagainya. Aplikasi seluler yang dikembangkan menggunakan python akan lebih fleksibel karena lebih kuat daripada aplikasi yang dikembangkan melalui lintas platform. Jadi, aplikasi apa saja yang bisa kita kembangkan menggunakan Python? Pada artikel kali ini, DQLab akan membahas aplikasi apa saja yang dapat dikembangkan menggunakan Python yang bisa menjadi inspirasi dan ide untuk membangun portofolio yang menarik. Penasaran? Let’s get started!

1. Aplikasi Audio dan Video

Aplikasi pertama yang bisa dikembangkan menggunakan Python adalah aplikasi video dan audio. Dengan memanfaatkan Python dan internet, kita bisa menganalisis semua video dan audio yang ada di sosial media. Library Python yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan aplikasi audio dan video adalah PyDub dan OpenCV. Fun fact, youtube adalah salah satu aplikasi yang dikembangkan menggunakan Python! Keren bukan? Jadi, bisa dibayangkan betapa powerful-nya Python hingga bisa berkontribusi untuk menghasilkan aplikasi dengan kinerja tinggi.

Baca juga : Belajar Data Science: Kenali Dasar Bahasa Pemrograman Python yang Cocok bagi Pemula

2. Pengembangan Aplikasi Game

Bagi penggemar game, tahukah kamu jika game EVE Online dan Battlefield 2 dibuat menggunakan Python?. Battlefield 2 menggunakan Python untuk mengembangkan semua fitur add-on. Selain kedua game tersebut, game World of Tank juga menggunakan Python untuk mengembangkan sebagian besar fiturnya. Fun fact, game Dineys’s Pirates of the Caribbean ditulis dengan bantuan game machine Panda 23 yang bahasa game development-nya adalah Python. Game developer menggunakan Python untuk membuat alat perencanaan game yang membantu banyak proses development, seperti membuat dialog trees dan mendesain layout.

3. Aplikasi Bisnis

Aplikasi yang dikembangkan menggunakan Python umumnya sangat praktis. Oleh karena itu banyak developer aplikasi ERP dan E-Commerce menggunakan Python untuk proses development aplikasi. Odoo merupakan salah satu software manajemen all-in-one yang ditulis menggunakan Python dan menyediakan berbagai aplikasi manajemen bisnis. Selain Odoo, Tryton juga merupakan aplikasi tingkat tinggi yang dikembangkan menggunakan Python. Developer lebih suka menggunakan Python karena lebih powerful, mudah digunakan, dan dapat digunakan untuk mengembangkan banyak fitur pada aplikasi bisnis.

4. Aplikasi Blockchain

Blockchain masuk ke dalam the hottest trend in technology pada beberapa tahun ini. Bagi developer, pengembangkan blockchain tidaklah mudah. Namun, dengan menggunakan framework Python seperti Flask, developer dapat menggunakan HTTP request untuk berinteraksi dengan blockchain melalui internet. Selain itu, developer pun dapat menjalankan script di beberapa mesin untuk mengembangkan jaringan terdesentralisasi menggunakan bantuan Python.

Baca juga :  Kembangkan Aplikasi Python untuk Bangun Ide Portofolio Anti Mainstream

5. Membuat Aplikasi tanpa Basic IT

Mengembangkan aplikasi tidaklah mudah. Perlu keterampilan tingkat tinggi karena project yang akan dihadapi adalah project yang sangat kompleks. Namun, apakah seseorang yang tidak memiliki basic IT tidak bisa mengembangkan aplikasi? Jawabannya tentu saja tidak! Sebelum terjun untuk mengembangkan aplikasi, kita perlu memahami basic Python dahulu agar proses development lebih mudah. Tidak punya background IT tetapi ingin menjadi app developer? Yuk belajar Python bersama DQLab! DQLab memiliki berbagai program belajar menarik yang akan membantu kita untuk mempelajari bahasa pemrograman Python secara mendalam. Python memiliki berbagai fasilitas pembelajaran, seperti modul interaktif yang dilengkapi dengan live code dan video penjelasan, event sharing dengan praktisi data, dan job connector yang akan menghubungkan member dengan recruiter. Yuk bergabung dengan DQLab dengan cara klik button di bawah ini dan nikmati modul gratis yang dapat kamu akses untuk persiapan belajar Python. Selamat belajar!

Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!