Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Kenal Lebih Dekat MySQL untuk Siap Berkarir 2023

Belajar Data Science di Rumah 12-Februari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/f0ab2b4030fbd4b4d59fae919b897ea9_x_Thumbnail800.jpeg

Bahasa pemrograman merupakan suatu skill yang perlu dikuasai oleh para praktisi data. Salah satunya adalah bahasa SQL. Berbicara mengenai SQL, mungkin sebagian besar dari ketika pernah juga mendengar istilah MySQL. MySQL merupakan bahasa pemrograman yang menggunakan bahasa SQL. Saat ini pun banyak pengguna yang memulai belajar MySQL untuk berbagai kebutuhan baik dalam bidang akademik maupun kebutuhan bisnis atau lainnya.


Bahasa SQL adalah bahasa pemrograman yang memiliki beragam manfaat sepert mengakses database, mengubah serta memanipulasi database. Dalam bahasa SQL terdapat beberapa perintah dasar yang perlu diketahui seperti DDL (Data Definition Language), DML (Data Manipulation :Language), dan DCL (Data Control Language). Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai salah satu aplikasi yang menggunakan bahasa SQL, yaitu MySQL.


1. Pengertian MySQL

MySQL merupakan suatu aplikasi pengolah database yang bersifat open source sehingga bisa digunakan oleh siapa saja tanpa perlu membeli lisensi. MySQL dikembangkan oleh MySQL yang kemudian pada tahun 2010 diakuisisi oleh perusahaan teknologi terbesar di Amerika Serikat yaitu Oracle. Walaupun bersifat gratis, kegunaan aplikasi ini sudah tidak diragukan lagi dan sudah memiliki banyak pengguna. Aplikasi MySQL ini menggunakan bahasa SQL, yaitu bahasa query yang sering digunakan dalam proses pengolahan database relasional. 

SQL


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Kelebihan dan Kekurangan MySQL

Sama seperti bahasa pemrograman lainnya, MySQl memiliki kelebihan dan kekurangan. Beberapa kelebihan MySQL adalah memiliki performa terbaik, bersifat aman, fleksibel sehingga memudahkan pengguna, mendukung banyak pengguna, tipe data variatif, integrasi dengan bahasa pemrograman lain dan dapat digunakan dengan spesifikasi rendah. Adapun kekurangan MySQL adalah kurang efisien digunakan untuk database yang besar, dukungan teknik yang kurang bagus dan kurang cocok untuk aplikasi game dan mobile.


3. Perbedaan MySQL dan SQL

Jika mendengar istilah SQL dan MySQL, seringkali orang mengira bahwa dua hal itu adalah sama. Padahal. walaupun hampir mirip keduanya memiliki perbedaan. SQL merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengakses database relasional. Sedangkan MySQL merupakan suatu sistem manajemen database yang dikembangkan oleh Oracle dan menggunakan bahasa SQL untuk membuat database. SQL dapat menulis query sedangkan MySQL dapat mengelola database dengan lebih terorganisir.

SQL


4. Cara Kerja MySQL

Setiap aplikasi atau software memiliki cara kerja masing-masing, begitu pula dengan MySQL. Cara kerja MySQL memiliki beberapa tahapan yang sederhana dan mudah dipahami. Beberapa tahapannya antara lain 1) MySQL membuat database untuk memodifikasi sekaligus menyimpan data data, 2) perangkat client membuat request dengan perintah spesifik menggunakan bahasa SQL, 3) server akan menerima dan menjalankan perintah

SQL


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


Belajar bahasa SQL sama pentingnya dengan mempelajari bahasa pemrograman lainnya. Aplikasi MySQL pun menggunakan bahasa SQL. Kamu bisa dengan mudah belajar bahasa SQL di DQLab. DQLab menyediakan berbagai modul gratis untuk belajar dari dasar dengan bahasa yang mudah dipahami.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login