PROMO BACK TO SCHOOL, HEMATNYA SERU! DISKON 95% + Cashback*
Cuma Rp 159K bisa belajar data science 6 bulan
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 17 Jam 53 Menit 17 Detik 

Kenalan Dengan Algoritma Data Science Yang Populer Di Dunia Data

Belajar Data Science di Rumah 25-Mei-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d9f14e03d6e8c290b7b0995cf82e21e6_x_Thumbnail800.jpg

Algoritma Data Science banyak dicari tahu dan dipelajari banyak orang. Algoritma data science adalah logika atau prosedur yang digunakan ketika menerapkan data science. Seperti yang kita ketahui bahwa data science merupakan ilmu yang populer saat ini. Di era revolusi industri 4.0 membuat data jadi suatu komponen yang berpengaruh dalam proses bisnis. Data yang digunakan biasanya berupa data dengan jumlah yang banyak dan berbagai jenis. Jadi, tidak hanya dalam bentuk angka, data juga dapat berupa teks, gambar, video, suara, dan lainnya. 


Pengolahan data yang banyak dan beragam ini perlu diterapkan algoritma dengan tujuan untuk memudahkan proses pengolahan data yang kompleks tersebut. Penerapan algoritma ini membuat proses pengolahan data lebih efektif dan akurat yang mana jika dikerjakan secara manual akan memakan banyak waktu dan mungkin saja terjadi kesalahan. Ketika diterapkan di bidang bisnis, perusahaan dapat menjadi lebih unggul dari pesaingnya karena lebih cepat dalam mengevaluasi jalannya bisnis. Di artikel kali ini DQLab akan membahas algoritma data science yang populer digunakan di dunia data. Yuk, simak pembahasannya dibawah ini!


1. Mengenal Algoritma Python

Python adalah bahasa pemrograman bersifat open source yang dibuat oleh Guido van Rossum dan dirilis pada tahun 1991. Sifatnya yang open source memudahkan siapa saja dapat mengakses dan menggunakannya untuk mengembangkan program. Bahasa pemrograman Python dikenal mudah dipahami dan dipelajari bahkan oleh pemula. Fitur dan library yang disediakan juga mendukung proses data science yang meliputi pengumpulan data, manipulasi data, hingga visualisasi data. Oleh karena itu bahasa pemrograman ini menjadi pilihan praktisi data seperti Data Scientist saat bekerja dengan data. Algoritma Python dapat terintegrasi dengan teknologi lainnya dengan baik.

Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Mengenal Algoritma R

R merupakan bahasa pemrograman bersifat open source yang dikembangkan oleh Ross Ihaka dan Robert Gentlemen yang digunakan untuk komputasi statistik. Algoritma R fokus pada analisis data, statistik, dan pemodelan grafis. Fitur dan library yang beragam mempermudah proses seperti membaca data, melakukan komputasi, dan visualisasi data. R memiliki IDE yang jelas dan tools statistik yang lengkap. Selain itu R juga memiliki komunitas besar dalam satu mailing-list seperti StackOverflow yang aktif membahas penggunaan algoritma R dan package yang dapat diakses dengan mudah oleh siapa saja yang membutuhkan.


3. Macam Algoritma Dalam Data Science

Algoritma data science terbagi menjadi tiga yaitu supervised learning, unsupervised learning, dan semi-supervised learning. Supervised learning menggunakan data berlabel yang bekerja dengan membangun fungsi yang memetakan input ke output yang diinginkan dan hasilnya bergantung pada input dan output yang diberikan sesuai atau tidak. Contoh algoritma termasuk supervised learning antara lain yaitu Random Forest dan k-Nearest Neighbor. Unsupervised learning merupakan algoritma yang bekerja dengan menemukan pola yang tersembunyi dalam data tidak berlabel. Algoritma yang termasuk dalam unsupervised learning yang banyak digunakan adalah clustering dan anomaly detection. Semi-supervised learning merupakan gabungan dari algoritma supervised learning dan unsupervised learning yang dapat bekerja untuk data berlabel maupun yang tidak berlabel dengan membangun fungsi yang sesuai dengan input yang diberikan. 

Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!

4. Belajar Data Science untuk Pahami Machine Learning                                            

Bagaimana, kamu tertarik belajar machine learning? Yuk, mulai dengan belajar data science sekarang secara gratis selama 30 hari bersama DQLab. Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.

Penulis : Dita Kurniasari

Editor : Annissa Widya



Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!