BELAJAR DATA SERU, AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
DAFTARKAN DIRIMU
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 11 Jam 4 Menit 51 Detik 

Kenalan dengan Data Science, Bahasa Coding yang Tak Kalah Penting dari Bahasa Inggris

Belajar Data Science di Rumah 02-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8564d030d135577aa59cc35b835bce12_x_Thumbnail800.png

Saat ini, sudah banyak orang mengetahui big data beserta fungsinya, namun dalam big data masih terdapat beberapa jenis yang belum diketahui, seperti unstructured data. Unstructured data merupakan data mentah tidak terstruktur yang dijadikan sebuah studi yaitu Data Science. Data Science sendiri sudah semakin diminati oleh banyak orang karena prospek karir yang cemerlang.


Prospek karir dari Data Science adalah Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer. Ketiga profesi tersebut sedang menjadi tiga teratas dalam pencarian yang dibutuhkan oleh perusahaan. Maka dari itu, pada artikel ini, DQLab akan menyajikan informasi seputar Data Science dan fungsinya yang dibutuhkan oleh perusahaan. Ayo, jangan sampai ketinggalan!


1. Mengapa Data Science?

Karena zaman semakin berkembang dan hampir seluruh kegiatan dan informasi berbentuk data, maka ilmu Data Science merupakan suatu ilmu yang penting untuk dipelajari. Selain itu, Data Science juga penting dan sangat bermanfaat apabila digunakan dalam bisnis, baik bisnis besar maupun kecil.


Apabila suatu perusahaan tidak dapat mengolah data yang mereka miliki, maka hanya tinggal menunggu waktu hingga perusahaan tersebut tidak dapat berkembang dan kalah bersaing dengan perusahaan lainnya dalam bidang yang sama. Apabila kalian mempelajari Data Science dengan baik dan bisa menjadi salah satu profesi turunannya, maka kalian akan menjadi incaran banyak perusahaan.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut Langkah-langkahnya!


2. Pengertian Data Science

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Data Science merupakan suatu disiplin ilmu yang mempelajari penggabungan antara ilmu komputer, matematika, dan statistika dengan tujuan untuk menganalisa data dengan volume yang besar dalam suatu perusahaan, organisasi atau lembaga.


Pada umumnya, profesi yang didasari oleh Data Science dapat menggunakan machine learning. Machine learning sendiri berguna untuk mengolah teks, gambar, video, dan lainnya untuk menghasilkan artificial intelligence atau sistem kecerdasan buatan. Dari sistem kecerdasan buatan akan digunakan untuk mengolah data yang nantinya hasil tersebut akan dimanfaatkan untuk menentukan langkah selanjutnya dalam bisnis atau strategi bisnis.


3. Pilar Data Science

Dalam ilmu Data Science, terdapat tiga pilar atau dasar yang dapat menunjang Data Science. Tiga pilar tersebut adalah bisnis, matematika dan statistika, serta teknologi. Mengapa bisnis? Karena Data Science dapat memecahkan masalah dalam bisnis dengan pengolahan data yang dapat digunakan untuk merancang strategi bisnis. Sedangkan matematika dan statistika digunakan untuk mengolah data. 


Data yang didapat perlu diolah secara kuantitatif karena dalam bisnis biasanya terdapat banyak masalah dan hanya bisa diselesaikan dengan pembuatan model analitik dengan dasar matematika. Untuk pilar teknologi sendiri, tentunya Data Science yang berkaitan dengan data tidak dapat lepas juga dari teknologi. Teknologi dalam keilmuan komputer sangat diperlukan dalam Data Science.


4. Fungsi Data Science

Disiplin ilmu Data Science dapat diimplementasikan tidak hanya dalam bisnis, tetapi dalam berbagai bidang pekerjaan juga bisa, contohnya seperti bidang kesehatan, keuangan, manufaktur, dan masih banyak lagi. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa fungsi Data Science memang lebih sering digunakan dalam bidang bisnis. 


Data Science dapat berfungsi untuk mengurangi risiko dan penipuan dalam berbagai bidang karena Data Science dapat melihat data yang janggal atau menonjol dengan beberapa cara. Selain itu, tujuan utama dari Data Science adalah memprediksi kecurangan dan memberikan peringatan agar dapat menentukan langkah preventif.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Pelajari Lebih Banyak Fungsi Data Science di DQLab

Bagaimana, teman-teman? Sangat menarik bukan informasi seputar Data Science dan kegunaannya. Dengan mempelajari Data Science, kalian sudah selangkah lebih maju dibanding profesi-profesi lainnya yang tidak berkaitan dengan data. Kalian bisa mulai belajar di DQLab untuk mendapat materi yang lengkap dan sertifikat. Cara belajar bersama DQLab mudah sekali! Kalian hanya perlu sign up di DQLab.id, kemudian kalian boleh langsung mengerjakan module "Introduction Data Science with Python and R" secara gratis. Ayo, jadi bagian dari DQLab.id dan perbanyak ilmu Data Science kalian!



Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :