MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 0 Jam 17 Menit 22 Detik 

Kenalan dengan Data Sekunder: Pengertian, Ciri, dan Kelebihan serta Kekurangannya!

Belajar Data Science di Rumah 24-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/4f8cb436fa3faf4e79e98980139bb6d8_x_Thumbnail800.png

Dalam sebuah penelitian, data adalah hal yang sangat wajib untuk disediakan karena data itulah yang akan diolah untuk mendapatkan hasil penelitian. Data sekunder merupakan salah satu jenis data yang bisa digunakan dalam penelitian. Perbedaannya dengan data primer hanya terletak dari proses pengumpulannya, dimana data primer dikumpulkan secara langsung ke lapangan, sementara data sekunder dikumpulkan dengan cara mengambil data yang telah ada sebelumnya.

Dalam berbagai penelitian, data sekunder biasanya akan digunakan secara bersamaan dengan data primer. Umumnya data sekunder ini akan dijadikan sebagai data pelengkap jika data primer masih belum mampu menjawab permasalahan yang ada. Namun ada juga penelitian yang hanya menggunakan data sekunder. Nah sebelum berbicara lebih jauh mengenai data primer dan data sekunder, ada baiknya kita mengenal data sekunder tersebut, mulai dari pengertian, ciri-ciri, hingga kelebihan dan kekurangannya. Yuk, simak artikelnya!


1. Pengertian Data Sekunder

Seperti namanya, data sekunder merupakan data yang tidak berasal dari sumber utama, yaitu data yang diambil dari data yang telah ada sebelumnya, baik data yang dikumpulkan melalui penelitian terdahulu maupun data yang dikumpulkan namun tidak digunakan dalam penelitian. Proses pengumpulan data ini terbilang cukup mudah apalagi jika dibandingkan dengan proses pengumpulan data primer. Data sekunder biasanya akan digunakan untuk memperkuat data primer atau melengkapi data primer yang telah digunakan sebelumnya.


Baca juga : Teknik Pengumpulan Data Sekunder, Apa Saja Sumber Data yang Bisa Digunakan?


2. Ciri-Ciri Data Sekunder

Untuk mengetahui mana data yang termasuk sebagai data sekunder, tentu kita perlu mengetahui ciri-ciri dari data sekunder tersebut, yaitu:

  • Bersifat Pendukung

    Data sekunder akan digunakan jika data primer tidak cukup kuat atau belum mampu menjawab permasalahan dengan lengkap. Data sekunder tidak dijadikan sebagai data utama karena permasalahan akurasi dan potensi misinterpretasi yang cukup tinggi. Sehingga data ini hanya digunakan untuk mendukung kredibilitas data primer.

  • Didapatkan dari Pihak Ketiga

    Data sekunder umumnya merupakan data yang berasal dari pihak ketiga, misalnya pendapat ahli, atau menggunakan data yang telah dikumpulkan sebelumnya. Data tersebut tidak diinformasikan oleh orang pertama yang mengalami peristiwa tersebut.

  • Bisa Didapatkan Tanpa Harus ke Lokasi

    Beberapa lembaga pemerintahan yang menyediakan data sekunder telah memiliki website yang bisa diakses oleh siapa saja dan kapan saja sehingga untuk mendapatkan data tidak perlu datang ke lokasi.


3. Kelebihan Data Sekunder

Kelebihan dari data sekunder yang cukup mencolok adalah dapat menghemat waktu, karena peneliti tidak perlu terjun langsung ke lapangan untuk mendapatkan data tersebut. Data tersebut sudah tersedia dan tinggal diambil dan digunakan saja. Selain itu data sekunder juga lebih murah jika dibandingkan dengan data primer, karena tidak perlu melakukan survey langsung dengan biaya yang cukup mahal. Kelebihan lainnya adalah data sekunder dapat bersifat lebih luas sehingga itulah mengapa data ini banyak digunakan sebagai pelengkap data primer atau bahkan dijadikan data utama.


4. Kekurangan Data Sekunder

Data sekunder sama halnya dengan data primer yang tidak sempurna. Selain memiliki kelebihan, data ini juga memiliki kekurangan. Salah satu kekurangan yang bisa dipertimbangkan adalah akurasi yang dihasilkan oleh data sekunder tidak begitu terjamin. Hal ini karena proses pengumpulan data yang diambil dari pihak ketiga sehingga peneliti tidak mampu membandingkan data dengan keadaan yang ada di lapangan. Selain itu, bisa jadi data sekunder yang telah dikumpulkan oleh pihak lain tersebut telah ketinggalan jaman dan tidak lagi relevan dengan keadaan saat ini.


Baca juga : Metode Pengumpulan Data Sekunder, Bisa Menggunakan Apa Saja Sih?


5. Tertarik Belajar Data lebih Lebih Lanjut? Yuk, Belajar di DQLab!

Setelah mengetahui tentang pengertian, ciri-ciri, kelebihan, hingga kekurangan dari data sekunder, apakah kamu akan memilih menggunakan data sekunder dalam penelitian? Karena data primer dan data sekunder sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan, maka peneliti lah yang harus jeli dalam memilih data yang akan digunakan. Nah jika kamu tertarik untuk mempelajari tentang data lebih lanjut, DQLab bisa menjadi pilihan tempat belajar yang tepat. Nah, DQLab sendiri merupakan lembaga kursus khusus untuk bidang Data Science yang dilakukan secara online. Yuk, tunggu apalagi, buruan daftar di DQLab dan nikmati semua modul yang ada!



Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri





Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!