GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 23 Jam 52 Menit 40 Detik 

Yuk, Kenalan dengan R dan Python bagi Pemula

Belajar Data Science di Rumah 06-Mei-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/672c4850a0bf340fedf28573d1156de0_x_Thumbnail800.jpg

Bahasa pemrograman atau dikenal pula sebagai bahasa komputer merupakan kumpulan sintaks yang memberikan perintah pada perangkat lunak komputer. Sintaks yang diperintahkan di dalamnya pun didasari dengan aturan logika komputer. Pada masa kecanggihan internet ini, bahasa pemrograman komputer sangat diperlukan sehingga dapat diterapkan oleh berbagai macam bidang mulai dari bidang kesehatan, pendidikan, bisnis, dan lain-lain.


Bahasa pemrograman komputer dapat digunakan untuk membuat website, aplikasi, ataupun produk-produk digital lainnya. Terdapat banyak jenis bahasa pemrograman, beberapa yang populer di antaranya adalah Python, R, Java, Javascript, matlab, PHP, C, C++, Swift, VBA dan lain-lain. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk analisis data yaitu R dan Python. Kira-kira di antara Python vs R, manakah yang cocok untuk pemula?


1. Pentingnya Belajar Bahasa Pemrograman


Terkadang kita menjumpai orang yang  masih bertanya-tanya seberapa perlunya atau seberapa pentingnya belajar bahasa pemrograman. Ya, tentu saja bahasa pemrograman sangat penting untuk dipelajari terutama di era serba digital saat ini. Secara sadar dan tidak sadar kita sangat sering menggunakan manfaat dari bahasa pemrograman dalam keseharian kita. Sebagai contoh seperti menggunakan website, melakukan pembayaran digital, belanja online dan segala sesuatu yang berkaitan dengan internet atau online pada umumnya menerapkan bahasa pemrograman. Oleh karena itu bahasa pemrograman sangat perlu untuk dipelajari karena dapat memudahkan aktivitas keseharian kita.


Baca juga : Belajar Data Science: Kenali Dasar Bahasa Pemrograman Python yang Cocok bagi Pemula


2. Bahasa Pemrograman R


Bahasa pemrograman R merupakan bahasa yang pertama kali dirilis pada tahun 1993. Di era big data saat ini, kepopuleran bahasa R semakin meningkat. Bahasa ini dapat pula digunakan untuk keperluan pengembangan website dengan bantuan bahasa pemrograman lainnya. Bahasa R cocok digunakan untuk pemula karena bahasanya yang cukup mudah dan tidak rumit serta memiliki beberapa package di dalamnya yang dapat membantu mempermudah pekerjaan kita. Selain itu, R juga bersifat open source lho, sehingga kita tidak perlu membeli lisensinya. Artinya, R dapat dipelajari oleh siapa saja dan dimana saja.


3. Python


Bahasa pemrograman Python merupakan bahasa pemrograman yang cukup populer beberapa tahun belakangan ini. Python telah digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti NASA, Instagram, Google, yahoo dan YouTube. Selain itu, Python pun sering digunakan pula dalam proses analisis data. Python juga memiliki tampilan visual yang cukup menarik dan bahasa yang mudah dipelajari sehingga hal ini menjadi salah satu penyebab Python cocok digunakan untuk pemula. Sama dengan bahasa pemrograman R, Python juga bersifat open source.


Baca juga :  Python : Kenali 3 Buku yang Akan Mempercepat Kamu Dalam Belajar Python


4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       


Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


    Penulis : Latifah Uswatun

    Editor : Annissa Widya Davita


      Postingan Terkait

      Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!