[LAST DAY] MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 1 Jam 14 Menit 9 Detik 

Kenalan dengan Teknik Analisis Data, Skill Penting untuk Pemula

Belajar Data Science di Rumah 18-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/9a93744e9c044fd7de0492998bb765c1_x_Thumbnail800.jpg

Tidak hanya profesi data seperti Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer saja yang perlu memahami teknik analisis data, tetapi mahasiswa pun memerlukan pemahaman akan teknik analisis data. Analisis data biasanya dilakukan ketika akan menjalankan suatu penelitian untuk mendapatkan data-data menyangkut penelitian yang dilakukan.


Dalam analisis data juga terdapat jenis-jenis lainnya sehingga kalian pun dapat memilih jenis analisis data mana yang lebih sesuai untuk penelitian kalian. Maka dari itu, DQLab akan memberikan informasi seputar analisis data sehingga siapapun dapat semakin paham akan analisis data. Yuk, simak bersama!


1. Pengertian Analisis Data

Secara pengertian, analisis data merupakan metode atau rangkaian proses dalam suatu penelitian yang dilakukan setelah mengumpulkan data dengan cara menganalisis, mengolah, mengorganisasi, dan menyusunnya. Setelah melakukan rangkaian tersebut, barulah dapat ditarik kesimpulan dari hasil keseluruhan penelitian tersebut.


Analisis data juga dapat dipahami sebagai proses atau upaya untuk mentransformasikan data menjadi informasi baru sehingga karakteristik data menjadi lebih mudah dipahami dan dapat berguna untuk menjawab suatu masalah, terutama yang berhubungan dengan penelitian yang dilakukan.


Baca juga : Kenali Teknik Analisis Data yang Sering Digunakan Ahli Data


2. Fungsi Analisis Data

Setelah mengetahui pengertian dari analisis data, kalian juga perlu mengetahui fungsi dari analisis data. Terdapat beberapa fungsi dari analisis data, selain berguna untuk mencari jawaban dari masalah yang diteliti, analisis data juga dapat digunakan sebagai alat untuk menemukan jawaban pada sebuah masalah penelitian. 


Fungsi lainnya dari analisis data adalah dapat kalian gunakan sebagai bahan evaluasi permasalahan yang dialami oleh perusahaan atau organisasi sehingga hasil analisis data tersebut dapat dijadikan acuan pengambilan keputusan dan strategi bisnis atau rancangan masa depan suatu bisnis.


3. Jenis-jenis Analisis Data

Dalam artikel ini juga terdapat informasi mengenai jenis-jenis analisis data yang ada. Analisis data memiliki dua jenis yang sering digunakan dalam penelitian, yaitu kualitatif dan kuantitatif. Kedua teknik tersebut memiliki pengertian dan fungsinya masing-masing, untuk  teknik analisis data kualitatif merupakan teknik yang menggunakan data-data non numerik, berkebalikan dengan kuantitatif.


Dalam teknik kualitatif lebih mengutamakan kepada tekstual, wacana, dan naratif, sedangkan kuantitatif lebih mengutamakan ke arah deskriptif dan inferensial. Kedua jenis analisis data tersebut sama-sama berguna untuk menyeleksi data dan menemukan pola tertentu atau jawaban dari penelitian yang akan kalian lakukan.



4. Langkah-langkah Analisis Data

Ketika kalian sudah membaca secara menyeluruh mengenai pengertian, fungsi, dan jenis analisis data, kalian perlu mengetahui juga langkah-langkah atau cara dalam analisis data. Tujuannya agar kalian dapat mengaplikasikan analisis data dengan baik dan cermat. Berikut langkah-langkah melakukan teknik analisis data yang benar dan baik.


  • Pengumpulan data atau collecting data.

  • Seleksi dan editing.

  • Pengkodean atau coding.

  • Penyajian data dan penarikan kesimpulan.


Baca juga : Mengenal Jenis - Jenis Teknik Analisis Data Versi DQLab


5. Kuasai Materi Seputar Data Bersama DQLab

Teknik analisis data menjadi suatu pemahaman yang perlu dipelajari dan dimengerti banyak orang, selain karena langkah-langkahnya tidak terlalu sulit dan juga memiliki dua jenis yang dapat membantu penelitian kalian lebih terfokus. Kalian bisa mulai belajar materi mengenai analisis data bersama DQLab, kalian cukup sign up di DQLab.id, lalu kalian bisa langsung mengerjakan module ‘Introduction Data Science with Python and R’ secara gratis. Yuk, mulai belajar bersama DQLab.id dan persiapkan diri kalian untuk memasuki dunia data!



Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!