PROMO BACK TO SCHOOL, HEMATNYA SERU! DISKON 95% + Cashback*
Cuma Rp 159K bisa belajar data science 6 bulan
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 19 Jam 0 Menit 1 Detik 

Yuk, Kenalan dengan Tiga Software Gratis untuk Data Scientist Pemula

Belajar Data Science di Rumah 11-April-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/bd31f687b83ce9bfe759e21ff889efad_x_Thumbnail800.jpg

Pada era transformasi digital kini perkembangan data semakin cepat dan banyak dari waktu ke waktu. Hal ini dipengaruhi salah satunya oleh perkembangan internet. Segala sesuatu yang dilaksanakan secara digital akan menghasilkan data yang terkumpul dalam suatu sistem basis data atau gudang data. Meningkatnya jumlah data dari hari ke hari tentunya membutuhkan tenaga ahli yang dapat menangani permasalahan-permasalahan terkait data. Profesi yang berkaitan dengan hal tersebut salah satunya adalah data scientist. Sebelum mengenal lebih lanjut mengenai data scientist tentunya kita perlu memahami pengertian data science.


Data science merupakan sebuah ilmu yang khusus mempelajari tentang data baik itu data terstruktur maupun data tidak terstruktur. Dalam dunia nyata seringkali kita menjumpai kumpulan data yang formatnya berbeda-beda, tidak lengkap, tidak konsisten, dan sebagainya. Oleh karena itu peran data scientist adalah menangani permasalahan data-data tersebut kemudian dilanjutkan dengan menganalisis data sampai menghasilkan suatu kesimpulan yang bermanfaat bagi pemilik data baik itu pribadi ataupun instansi tertentu. Data scientist menggunakan beberapa software untuk menunjang pekerjaan mereka. Software yang digunakan pun bervariasi, ada yang berbayar dan ada yang gratis pula. Pada artikel kali ini kita akan mengenali tiga software yang cukup sering digunakan oleh data scientist pemula.


1. Python


Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang open source. pada awalnya Python dimulai oleh seorang programmer bernama Guido Van Rossum dan kemudian dikembangkan sebagai salah satu respon Van Rossum atas bahasa pemrograman ABC. Python dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam hal seperti mengembangkan situs, mengembangkan video game, membangun GUI desktop dan mengembangkan perangkat lunak. Selain itu Python juga dapat digunakan untuk analisis data dengan dukungan library-library yang tersedia seperti NumPy, Pandas, Matplotlib, dan lain-lain.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. R


R merupakan salah satu bahasa pemrograman yang namanya sudah tidak asing lagi. R diciptakan oleh Ross Ihakaa dan Robert Gentleman pada tahun 1995 sebagai implementasi dari bahasa program S yang mana tujuannya adalah fokus pada analisis data, statistik dan model grafis. Pada masa sekarang, R biasanya lebih banyak digunakan untuk analisis data yang dikerjakan pada server pribadi. R dapat difungsikan untuk pekerjaan eksplorasi hampir semua jenis data karena banyaknya jenis packages, test dan tools yang dengan mudah bisa diadaptasi. 


3. Structured Query Language (SQL) 


SQL merupakan bahasa database yang digunakan untuk membuat, memelihara dan mengambil basis data relasional. SQL menjadi salah satu alat yang penting bagi data scientist dikarenakan dapat memudahkan dalam proses mengakses, memperbarui, memasukkan, memanipulasi dan memodifikasi data. SQL cukup mudah dipahami dan dipelajari serta dapat mengelola data yang bervolume sangat besar. Hal ini sangat dibutuhkan oleh data scientist yang mana sering berurusan dengan dataset dalam jumlah besar.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!




4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       


Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


    Penulis : Dita Kurniasari

    Editor : Annissa Widya Davita


      Postingan Terkait

      Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!