PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 13 Jam 55 Menit 57 Detik 

Kenali 2 Contoh Penerapan SQL Group By

Belajar Data Science di Rumah 28-Oktober-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/a1d9dce6fe755be9fd62c7af24997dd5_x_Thumbnail800.jpg

SQL (Structured Query Language) merupakan bahasa query yang digunakan untuk mengambil informasi dari database. SQL juga bisa digunakan untuk mengakses database, mengubah serta memanipulasi database. SQL ini mengikuti standar American National Standart Institute (ANSI) yang digunakan dalam manajemen database nasional. Dalam SQL terdapat berbagai statement, salah satunya SQL Group By yang biasanya digunakan untuk mengelompokkan baris yang memiliki nilai yang sama .


Pada proses penelitian seringkali kita menjumpai dataset yang isinya tidak sedikit, bahkan bisa sampai ribuan atau lebih. Banyaknya data ini tentu akan cukup menyulitkan praktisi data dalam proses analisis jika tidak ditangani dengan cara yang tepat.


Oleh karena itu kita perlu mempelajari berbagai fungsi atau statement yang ada di dalam bahasa pemrograman untuk memudahkan proses analisis data. Pada artikel kali ini kita akan mengenali sala satu bahasa pemrograman khususnya bahasa query yaitu SQL beserta salah satu statement yang sering digunakan.


1. Apa Itu SQL

SQL merupakan bahasa query yang digunakan untuk mengakses data, manipulasi data, membuat, dan mengubah data yang bersifat relasional. Terdapat tiga jenis bahasa SQL yaitu DDL (Data Definition Language), DML (Data Manipulation Language) dan DCL (data Control Language).


Saat ini sudah banyak profesi yang membutuhkan keahlian seseorang yang bisa mengoperasikan bahasa SQL. Beberapa diantaranya adalah data engineer, business analyst, database administrator, quality assurance tester, data scientist, dll.

SQL


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Group By

SQL group by digunakan untuk menggabungkan data dengan nilai yang sama dalam daftar bidang tertentu menjadi satu data. Pernyataan SQL group by ini sering digunakan untuk fungsi agregat seperti count, max, min, sum, avg untuk mengelompokkan hasil yang ditetapkan oleh satu kolom atau lebih.


Adapun format penulisan SQL group by adalah sebagai berikut:

SELECT [KOLOM1], [KOLOM2] FROM NAMA_TABEL GROUP BY [KOLOM1], [KOLOM2]

SQL


3. Group By Single Column

Group by single column berfungsi untuk memastikan data dapat dikelompokkan menggunakan kriteria dari satu kolom saja, misalnya mengelompokkan data berdasarkan provinsi saja.


Sebagai contoh kita akan mencoba menghitung jumlah baris dalam kolom order_id dengan menghilangkan duplikatnya dengan DISTINCT sebagai total_order, kemudian menghitung jumlah total dari kolom item_price sebagai total_price dari tabel sales_retail_2019. Perhatikan gambar berikut ini

SQL


4. Group By Multiple Column

Group by multiple column merupakan fungsi yang dapat digunakan untuk mengelompokkan data menggunakan kriteria dari dua kolom atau lebih, misalnya mengelompokkan data berdasarkan province dan brand. Hampir sama seperti contoh sebelumnya, hanya saja output yang dihasilkan pada kolom province tiap kota yang ditampilkan lebih dari satu baris.


Hal ini dikarenakan data tersebut tidak hanya dikelompokkan berdasarkan province saja, melainkan berdasarkan brand juga. Perhatikan gambar berikut ini.

SQL


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


Penggunaan SQL group by seringkali dibutuhkan oleh para praktisi data dalam proses mengakses atau menampilkan data. Untuk lebih memahaminya kalian bisa mulai mencoba mempraktekannya menggunakan salah satu modul DQLab yang berjudul Fundamental SQL Using Functions and Group By.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :