[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 15 Jam 59 Menit 13 Detik 

Kenali 4 Skill Utama yang Perlu dimiliki Data Analyst, Sudah Menguasai?

Belajar Data Science di Rumah 12-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/f47dd6e731e83d4e3206cf58e61e48ab_x_Thumbnail800.png

Jika kita berbicara mengenai profesi yang populer, maka data analyst menjadi salah satu topik pembicaraannya. Data Analyst adalah profesi yang bertugas menganalisis data perusahaan dengan tujuan mendapatkan kesimpulan atau mencapai tujuan penelitian. Untuk menjadi seorang praktisi data yang handal pun kita juga memerlukan skill data analyst baik itu soft skill maupun hard skill. Skill data analyst pun dapat kita peroleh melalui media pembelajaran online maupun offline.


Seperti yang kita ketahui jika ingin menggeluti dan benar-benar memahami suatu bidang tentunya ada hal-hal yang harus kita pelajari. Begitu pula dalam hal data analyst. Menjadi data analyst tidak hanya menganalisis data saja, akan tetapi kita juga harus mempersiapkan data agar benar-benar bisa diolah menjadi informasi. Nah, dalam proses penyiapan data sampai hasil analisis lah peran data analyst itu diperlukan. Kira-kira apa saja skill yang perlu dimiliki oleh data analyst?  Yuk, simak penjelasannya di artikel berikut ini!


1. Statistik dan Matematika

Statistika dan Matematika merupakan ilmu yang dasar dari proses menganalisis data. Biasanya data yang akan dianalisis mayoritas berupa angka. Oleh karena itu keahlian matematika dan statistika yang baik diperlukan dalam hal ini baik itu aljabar linier, kalkulus, dll. Selain itu dengan mempelajari matematika secara langsung maupun tidak langsung kita akan berlatih menyelesaikan masalah berdasarkan logika secara sistematis sehingga hasil analisis data dapat diinterpretasikan dengan benar dan maksimal.


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. SQL (Structure Query Language)

SQL atau Structure Query Language merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengakses data. SQL adalah bahasa database yang dapat membantu data analyst untuk mengekstrak data, melakukan operasi analisis data, dan sebagainya. SQL tidak hanya digunakan oleh data analyst, akan tetapi digunakan pula oleh data engineer dan data scientist. SQL memungkinkan kita untuk membaca serta mentransformasi data agar dapat dianalisis dengan mudah.


3. Visualisasi Data

Ketika selesai melakukan analisis data maka kita perlu mempresentasikannya. Hasil analisis data itu perlu kita presentasikan dengan cara yang jelas dan mudah dipahami. Oleh karena itu disinilah pentingnya dilakukan visualisasi data. Visualisasi data dapat ditampilkan dalam berbagai macam bentuk seperti grafik, diagram, histogram, dll. Dengan memiliki skill analisis data kita dapat mengkomunikasikan hasil analisis dengan lebih menarik, mudah dan efektif.


4. Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman merupakan skill utama yang perlu dimiliki oleh seorang data analyst. Hal ini merupakan salah satu pondasi awal bagi para praktisi data. Data analyst menganalisis data dengan bantuan software atau aplikasi. Untuk menggunakan software tersebut maka kita perlu memahami bahasanya. Terdapat berbagai macam bahasa pemrograman yang sering digunakan oleh data analyst seperti Python, R, dan masih banyak bahasa lainnya baik itu open source maupun tidak.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


5. Gapai Mimpi Jadi Data Analyst Bersama DQLab

Data analyst saat ini menjadi profesi yang populer dan sangat diminati oleh berbagai kalangan usia. Beberapa hal yang menarik dari data analyst adalah gaji yang tinggi, jenjang karir yang menjanjikan serta waktu kerja yang fleksibel dan ilmunya yang dapat terus berkembang. Untuk menjadi data analyst kita dapat mulai mempelajari teori serta praktiknya di DQLab . Caranga sangat mudah, langsung aja coba DQLab.id/signup dan tentunya ada modul gratis loh di DQLab serta dilengkapi dengan bahasa pemrograman penunjang lainnya seperti Python, R, dan SQL.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!