Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Kenali Analisis Data, Salah Satu Pekerjaan Profesi Data

Belajar Data Science di Rumah 15-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/a795ac062bba3a5ef02afaf326408f68_x_Thumbnail800.png

Saat ini, banyak profesi yang sedang menjadi incaran utama pencari kerja, profesi tersebut adalah profesi data. Profesi data yang dimaksud adalah Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer. Ketiga profesi tersebut sedang digemari oleh masyarakat dan menjadi salah satu kebutuhan utama perusahaan dalam berbagai bidang.


Dari ketiga profesi tersebut, terdapat salah satu pekerjaan atau tanggung jawab yang perlu mereka lakukan. Pekerjaan tersebut adalah analisis data, dalam menganalisis data dibutuhkan beberapa teknik yang perlu dilakukan agar pelaksanaannya menjadi lebih mudah dan cepat. Yuk, kenali lebih dalam mengenai teknik analisis data yang menjadi tugas profesi data!


1. Pengertian Analisis Data

Analisis Data merupakan langkah atau proses mengumpulkan, menyeleksi, dan mengubah data menjadi sebuah informasi. Kegiatan tersebut biasanya diaplikasikan pada institusi pendidikan seperti kuliah, tetapi seperti yang telah disampaikan sebelumnya, analisis data juga menjadi suatu pekerjaan khusus yang dilakukan oleh profesi-profesi data.


Teknik analisis data menjadi langkah penting dalam dunia bisnis untuk mengolah data menjadi informasi yang berguna untuk memecahkan masalah atau menjawab pertanyaan tertentu. Proses teknik analisis data dalam dunia bisnis juga hampir sama dengan teknik yang dilakukan dalam pendidikan, namun permasalahan yang ditemui tentunya menyangkut kebutuhan perusahaan.


Baca juga : Analisis Data Adalah: Mengenal Pengertian, Jenis, Dan Prosedur Analisis Data


2. Fungsi Analisis Data

Analisis data memiliki beberapa fungsi utama yang berguna untuk mencari jawaban atas masalah-masalah yang diteliti atau ditemukan. Tentunya ketika dilakukan analisis data dalam dunia bisnis, perusahaan akan menjadi semakin lebih terarah dan memiliki data-data yang dapat dijadikan sebagai landasan atas pengambilan keputusan. Berikut fungsi-fungsi dari analisis data.


  • Alat untuk menemukan jawaban pada suatu masalah yang ditemukan.

  • Dapat mengevaluasi permasalahan yang dialami oleh perusahaan.

  • Sebagai acuan untuk pengambilan keputusan dan rencana masa depan industri atau perusahaan.


3. Jenis-jenis Teknik Analisis Data

Analisis data memiliki dua jenis teknik yang sering digunakan, yaitu kualitatif dan kuantitatif. Kedua teknik tersebut memiliki jenis-jenis lain didalamnya yang dapat membantu atau memudahkan pekerjaan analisis data. Dalam teknik analisis data kuantitatif terdapat dua jenis langkah yang dilakukan, yaitu deskriptif dan inferensial. 


Kedua teknik tersebut dilakukan untuk membuat gambaran atas kumpulan data yang didapat dan menggeneralisasi hasil penelitian sampel atas sebuah populasi. Sedangkan teknik analisis data kualitatif memiliki tiga jenis, yaitu tekstual, wacana, dan naratif. Jenis-jenis tersebut digunakan untuk menyeleksi data atau teks dalam jumlah besar, menganalisis interaksi manusia, dan mengetahui budaya dari sebuah organisasi. 


4. Contoh Analisis Data

Dari beberapa informasi mengenai analisis data, terdapat contoh yang dapat diberikan kepada kalian sebagai gambaran. Misalkan, kalian bekerja dalam sebuah perusahaan yang menawarkan produk makanan. Penelitian yang dapat kalian angkat tentunya mengenai tingkat konsumsi pelanggan. 


Dengan penelitian tersebut, kalian dapat menjadikannya sebagai alat evaluasi perusahaan untuk melihat apakah mereka turut beli dan puas terhadap produk makanan perusahaan tempat kalian bekerja. Kalian dapat mengambil riset dengan metode kuantitatif deskriptif karena riset mengenai suatu bisnis selalu menyangkut frekuensi konsumsi, tingkat kepuasan, dan variabel lain yang mengandung data numerik.


Baca juga : Big Data Analytics dan Kegunaanya untuk Perkembangan Bisnismu


5. Pelajari Lebih Banyak Teknik Analisis Data Bersama DQLab

Teknik analisis data memang sudah cukup populer digunakan atau diaplikasikan oleh banyak orang, tetapi akan lebih baik apabila kalian memahami secara penuh mengenai teknik-teknik analisis data tersebut. Kalian dapat melakukannya dengan sesi belajar bersama DQLab, kalian hanya perlu sign up di DQLab.id, lalu kalian bisa mendapatkan module ‘Introduction Data Science with Python and R’ secara gratis. Ayo, kuasai teknik analisis data yang menjadi salah satu pekerjaan profesi data bersama DQLab.id!



Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!