PROMO SUPER HUT JAKARTA KE-497!
Belajar Data Science 12 Bulan hanya 175K!

0 Hari 17 Jam 42 Menit 10 Detik

Kenali Array dengan Coding Python Sederhana Berikut

Belajar Data Science di Rumah 16-Oktober-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-senin-01-2023-10-17-113059_x_Thumbnail800.jpg

Dalam pemrograman, manipulasi data dengan Python adalah salah satu aspek paling penting. Salah satu struktur data yang sangat umum digunakan adalah array. Dengan ini, kalian dapat menyimpan kumpulan data dalam satu variabel. Terkadang juga diperlukan proses pengecekan apakah sebuah elemen tertentu ada dalam array atau tidak. Nah, kalian bisa melakukannya dengan mudah.


Bagaimana caranya? Dalam artikel kali ini akan dijelaskan dengan detail contoh coding Python sederhana yang bisa kalian gunakan untuk eksplorasi array. Dengan memahami teknik ini, kalian akan memiliki kemampuan manipulasi data dan melakukan proses analisis yang lebih lanjut.


Yuk, langsung cari tahu cara coding tersebut di pembahasan berikut!


1. Konsep Dasar Array

Dalam Python, sebuah array adalah struktur data yang digunakan untuk menyimpan kumpulan nilai atau elemen dengan tipe data yang sama. Elemen-elemen dalam array diidentifikasi oleh indeks numerik, yang dimulai dari nol.


Artinya, elemen pertama dalam array memiliki indeks 0, elemen kedua memiliki indeks 1, dan seterusnya. Lalu apa kelebihan array dalam Python? Fleksibel, array dapat diubah ukurannya secara dinamis sehingga kalian dapat menambahkan atau menghapus elemen saat menjalankan program.


Array juga bisa digunakan untuk menjalankan beberapa operasi. Termasuk pencarian, pengurutan, dan manipulasi data lainnya. Begitu juga untuk menjumlahkan sejumlah elemen, mencari nilai maksimum atau minimum, serta mengakses dan memanipulasi data dalam pola tertentu.


Dengan adanya array dalam Python, kalian jadi lebih mudah menulis kode yang terstruktur, dan mudah dimengerti, terutama ketika menangani data yang melibatkan kumpulan nilai numerik atau data yang berurutan.


2. Cara Mencari Jumlah Array

Salah satu coding Python sederhana yang bisa kalian lakukan adalah mencari total dari sebuah nilai yang tersimpan di array. Supaya paham perhatikan dan praktikkan coding di bawah ini.

Python


Dalam contoh ini, didefinisikan sebuah array yang diberi nama my_array dengan elemen [1, 2, 3, 4, 5]. Selanjutnya dengan menggunakan sebuah loop for, akan dilakukan iterasi melalui setiap elemen dalam array dan menjumlahkannya ke dalam variabel sum_array.


Setelah loop selesai, nilai total atau sum dari elemen dalam array ditampilkan menggunakan pernyataan print(). Dari contoh di atas, output yang muncul adalah:

Python


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


3. Menemukan Nilai Terbesar di Array

Kalian juga bisa belajar menemukan nilai terbesar dengan menggunakan array. Yuk, segera praktikkan juga coding berikut ini.

Python


Output dari coding Python tersebut adalah:

Python


Dalam contoh ini, fungsi max() digunakan untuk secara langsung menemukan nilai terbesar dalam array my_array. Nilai terbesar tersebut kemudian ditampilkan dalam satu baris output. Kalian dapat mengganti nilai-nilai dalam array my_array sesuai kebutuhan. 


4. Cek Elemen Tertentu pada Array

Kalian juga bisa mencari elemen tertentu yang ada dalam array dengan menggunakan coding Python sederhana berikut ini.

Python


Dalam contoh ini, kalian perlu memasukkan elemen yang ingin dicari dalam my_array. Kemudian, menggunakan operator in, untuk memeriksa apakah elemen tersebut ada dalam array atau tidak. Pesan yang sesuai akan ditampilkan berdasarkan hasil pemeriksaan.


Misalkan kalian ingin mencari elemen 30.

Python


Atau jika elemen yang dicari tidak ada, maka outputnya akan seperti berikut.

Python


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


Python tidak hanya dapat digunakan untuk mengelola data bentuk array saja loh! Kalian bisa menggunakannya untuk membuat model prediksi atau machine learning lainnya. Nah, untuk bisa di level tersebut tentu kalian perlu memahami dasarnya dulu kan? DQLab hadir untuk membantu kalian memahami dasar-dasar machine learning dan ilmu data lainnya!


DQLab adalah platform belajar online yang memiliki metode  HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Menariknya lagi, DQLab juga mengintegrasikan modulnya dengan fitur ChatGPT nih! Fungsinya untuk apa?

  • Membantumu mendapatkan penjelasan dari code yang sedang dipelajari.

  • Membantumu menemukan code yang salah atau tidak sesuai. 

  • Memberikan alternatif solusi dari problem/error yang kalian temukan.


Jadi, tunggu apalagi? Nikmati pengalaman belajar praktis dan menyenangkan di DQLab dengan Sign Up segera di sini atau ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python!

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login