PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 11 Jam 7 Menit 18 Detik 

Kenali Beberapa Hal Terkait Analisis Data Sekunder

Belajar Data Science di Rumah 08-Juli-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/962130a192c3b5aa9e70cf972812373c_x_Thumbnail800.jpg

Ketika melakukan penelitian pada umumnya kita membutuhkan data bukan? Naah, saat kita menggunakan data dalam proses penelitian tersebut tentunya diperlukan sebuah proses analisis data. Analisis data merupakan sebuah proses pwngolahan data yang awalnya hanya berupa data mentah sehingga dapat menjadi sebuah informasi. Analisis data sendiri terdiri dari berbagai macam, beberapa diantaranya adalah analisis data sekunder.


Sebelum lebih lanjut terkait analisis data sekunder,sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu data sekunder dan apa perbedaannya dengan data lainnya. Jadi, data merupakan kumpulan informasi atau kejadian dalam suatu waktu tertentu. Menurut cara pengambilannya data terbagi menjadi data primer dan data sekunder. Data primer merupakan data yang diambil secara langsung oleh peneliti. Sedangkan data sekunder merupakan data yang diambil tidak secara langsung oleh peneliti melainkan melalui tangan kedua dan seterusnya. Pada artikel kali ini kita akan mengenali tentang apa itu analisis data sekunder.


1. Analisis Data Sekunder

Analisis data sekunder merupakan metode analisis data yang diterapkan pada data sekunder. Dalam analisis data sekunder ini kita tidak perlu melalui proses seperti wawancara, survey, maupun observasi lapangan. Dikarenakan data sekunder sendiri bersumber dari instansi terkait yang telah mengumpulkan data tersebut sebelumnya. Analisis data sekunder sendiri memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya antara lain kita tidak menghabiskan begitu banyak waktu, tenaga dan biaya yang diperlukan, akan tetapi kekurangannya adalah data yang digunakan terkadang kurang valid atau terdapat istilah-istilah bawaan dari lembaga sumber data tersebut.


Baca juga : Data Analisis : 2 Jenis Metode yang Penting Untuk Kamu Tahu dalam Analisis Data


2. Tujuan dan Manfaat

Pada bagian sebelumnya kita mengetahui sedikit pengertian tentang data, apa itu data sekunder, metode analisis data sekunder, sumber-sumber data sekunder, dan lainnya. Lalu apakah kalian mengetahui apakah tujuan dan manfaat dari analisis data sekunder? Tujuan analisis data sekunder beberapa salah satunya adalah untuk menerapkan data yang akan kita gunakan untuk dianalisis lalu kemudian memunculkan ide atau gagasan baru dan kemudian dapat kita uji atau kita dapat mengetahui akurasi hasil analisis kita. Adapun manfaat analisis data sekunder adalah dapat dipergunakan untuk memahami permasalahan sebagai sarana pendukung dalam memahami masalah yang akan diteliti serta dapat menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya.


3. Proses Analisis Data Sekunder

Proses analisis data sekunder terdiri dari beberapa tahapan seperti berikut ini:

  • menentukan sumber data sekunder yang akan kita gunakan

  • mengumpulkan data tersebut dalam bentuk dokumen maupun format tertentu

  • melakukan seleksi data dan pembersihan data ataupun proses normalisasi

  • melakukan proses analisis data sesuai dengan permasalahan data dan tujuan penelitian

  • merepresentasikan hasil analisis data dengan tampilan atau visualisasi yang menarik dan mudah dipahami


4. Software Analisis Data

Proses analisis data sekunder dapat kita laksanakan dengan berbagai cara. Umumnya proses ini dilakukan dengan komputasi yang memerlukan beberapa software pendukung. Ada kalanya dalam suatu proses analisis cukup membutuhkan satu software atau lebih. Adapun beberapa contoh software yang dapat digunakan antara lain SPSS, Python, R, SQL, WEKA, Matlab, Excel, E-View, Minitab, SAS, JASP dan masih banyak lainnya. Beberapa diantaranya tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing serta ada yang berbayar dan ada yang gratis.


Baca juga : Perbedaan Data Primer dan Data Sekunder

5. Yuk, Kejar Impian Jadi Data Scientist!

Pada era transformasi digital kini, profesi data scientist menjadi salah satu profesi yang sangat diminati. Apakah kalian termasuk salah satunya? Jangan khawatir, kita dapat mempelajari dasar-dasar data science mulai dari sekarang lohh. Oleh karena itu untuk mengetahui lebih lanjut terkait data scientist kita dapat mempelajarinya di DQLab lohh. Caranya sangat mudah, yaitu cukup signup di DQLab.id/signup dan nikmati momen belajar gratis bersama DQLab dengan mengakses module gratis dari R, Python atau SQL!


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :