PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!

0 Hari 5 Jam 36 Menit 41 Detik

Kenali Beberapa Hal Terkait SQL & Fungsi Join

Belajar Data Science di Rumah 05-April-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/41e61f2afdff6d65be74d286737292fb_x_Thumbnail800.jpeg

Profesi yang berkaitan dengan data science saat ini merupakan salah satu profesi yang saat ini diminati oleh banyak orang. Profesi ini nantinya juga perlu menguasai berbagai bahasa pemrograman, salah satunya adalah SQL. Dalam bahasa SQL juga memiliki berbagai fitur seperti SQL join table. SQL join table ini merupakan fitur dalam SQL yang berfungsi untuk menggabungkan tabel. Fitur ini tentunya akan sangat mempermudah proses analisis data terutama bagi yang menggunakan data dengan jumlah yang banyak.


SQL (Structured Query Language) merupakan bahasa query yang digunakan untuk mengambil informasi tertentu dari database. Fungsi join SQL ini digunakan untuk menggabungkan dua tabel yang memiliki key kolom yang sama. Dengan menggunakan fungsi join SQL, kita tidak perlu menggabungkan secara baris per baris. Namun cukup menggabungkannya menggunakan fungsi dengan mudah. Pada artikel kali ini kita akan mengenali beberapa hal terkait SQL dan beberapa jenis SQL join table.


1. Pengertian SQL

SQL atau singkatan dari structured query language adalah salah satu bahasa pemrograman yang wajib dikuasai oleh data scientist atau profesi sejenis yang berkaitan dalam hal pengolahan data. SQL merupakan bahasa query yang umumnya digunakan untuk mengambil atau memanipulasi data atau informasi tertentu dari database. Terdapat beberapa fitur atau fungsi dalam SQL yang dapat digunakan, salah satunya adalah SQL join table. 

SQL


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. SQL Join Table

Seperti yang dapat dilihat dari namanya, JOIN berfungsi sebagai perintah dalam SQL yang digunakan untuk menggabungkan tabel yang saling berhubungan melalui kolom-kolom. Seperti yang telah diketahui bahwa SQL ini bahasa yang digunakan untuk menghubungkan data relasional atau biasa disebut dengan Relational Database Management System (RDBMS). Nah, JOIN ini lah yang berfungsi untuk menghubungkan satu tabel dengan tabel lainnya.

SQL


3. Jenis SQL Join Table

Pada SQL, terdapat beberapa jenis fungsi join yaitu inner join, left join, dan right join. Inner join merupakan tipe join yang mengambil semua row dari table asal dan tabel tujuan dengan kondisi nilai key yang terkait saja. Left join merupakan perintah join untuk menampilkan semua tabel di bagian kiri dan tabel bagian kanan. Tabel bagian kiri akan tampil secara keseluruhan dan jika tabel bagian kiri ada yang tidak cocok dengan tabel bagian kanan maka akan menampilkan tulisan ‘Null’. Right join merupakan perintah join untuk menampilkan semua tabel di bagian kanan dan bagian kiri. Tabel bagian kanan akan tampil secara keseluruhan dan jika tabel bagian kiri ada yang tidak cocok dengan tabel bagian kanan maka akan menampilkan tulisan ‘Null’. 


4. Contoh Penggunaan 

Pada saat menerima data dari sumber, adakalanya data yang diperoleh masih belum lengkap,  misalnya terdapat kolom yang seharusnya ada di dalam data tersebut namun tidak ditemukan sehingga cukup menyulitkan dalam mengidentifikasi tiap kategori. Permasalahan ini dapat diselesaikan menggunakan operator JOIN. JOIN digunakan untuk menggabungkan beberapa tabel. Sebagai contoh, terdapat dua tabel yaitu tabel ms_item_warna dan ms_item_kategori. 

SQLSQL

kedua tabel di atas masing-masing berisi informasi yang berbeda. Kita dapat menggabungkan kedua tabel tersebut menjadi satu tabel baru sehingga tabel baru tersebut berisi informasi lengkap mengenai nama barang, nama item, kategori dan warna. Adapun syntax dan output yang ditampilkan adalah sebagai berikut

SQL



Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


Penggunaan fungsi join table ini adalah salah satu hal yang banyak digunakan oleh para analis sebagai salah satu cara untuk memudahkan prosesnya. DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login