PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 21 Jam 28 Menit 34 Detik 

Kenali Benefit Teknik Pengolahan Data dan Tahapannya

Belajar Data Science di Rumah 15-Juni-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3d707fd6d9394725ca0ad9070885b96e_x_Thumbnail800.jpg

Pengolahan data merupakan salah satu hal yang cukup penting untuk dikuasai, tidak hanya oleh praktisi data saja, namun oleh semua orang yang berkaitan dengan data. Saat ini, perkembangan teknologi, khususnya teknologi digital menuntut sumber daya manusia yang ada menjadi lebih berkualitas agar bisa beradaptasi dengan teknologi. Perkembangan teknologi ini ternyata melahirkan banyak sekali data. Tentu akan sangat disayangkan jika data yang ada ini tidak bisa diolah dengan baik sehingga tidak bisa menghasilkan insight yang berguna bagi perkembangan bisnis.


Data menjadi sangat penting di era ini. Hampir semua sektor menghasilkan dan juga membutuhkan data. Pengolahan data sendiri merupakan suatu proses untuk mengubah data mentah menjadi sumber informasi. Tapi kira-kira kenapa sih semua sektor membutuhkan data? Sebenarnya ada beberapa alasan utama yang akan kita bahas dalam artikel ini, lengkap dengan tahapan-tahapan apa saja yang harus dilakukan untuk mengolah data. Penasaran kan? Yuk, simak pembahasannya!


1. Sebagai Dasar Pengambilan Keputusan

teknik analisis data


Salah satu manfaat utama dari pengolahan data adalah agar data bisa dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan. Data yang masih mentah tidak akan bisa menceritakan apapun, padahal data yang ada diharapkan dapat menceritakan kondisi di lapangan, seperti respon customer, barang yang lebih banyak dibutuhkan, dan sebagainya. Dengan melakukan pengolahan data, maka pola-pola yang terjadi akan ditemukan sehingga keputusan yang dibuat akan bersifat objektif karena berdasarkan kondisi yang sebenarnya dan tidak mengandalkan opini semata.

Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


2. Memilih Inovasi yang Tepat

teknik analisis data


Setiap bisnis harus terus berinovasi agar tetap bisa bersaing dengan kompetitornya. Untuk membuat inovasi yang tepat, tentu kita membutuhkan hasil pengolahan data sehingga bisa diputuskan inovasi mana yang paling sesuai dengan trend yang sedang berkembang. Tidak hanya itu, kita juga harus menentukan target market yang mana yang paling cocok dengan produk baru kita.


Dengan memanfaatkan data dan proses pengolahan data, kita akan bisa menemukan produk mana yang banyak dicari saat ini, serta prediksi produk yang akan dibutuhkan di masa depan oleh masing-masing segmen pasar.


3. Membuat Pekerjaan Menjadi Lebih Efisien

teknik analisis data

Manfaat lainnya dari pengolahan data adalah membuat pekerjaan menjadi lebih efisien, baik dari segi waktu, tenaga, bahkan biaya. Data yang ada saat ini berjumlah sangat banyak dan beragam jenis nya. Jika tidak memanfaatkan proses pengolahan data, tentu akan membutuhkan proses yang sangat panjang untuk bisa melihat apa yang ingin disampaikan oleh data.


Itulah mengapa, proses pengolahan data ini menjadi sangat dibutuhkan agar semua pekerjaan berjalan dengan efektif dan efisien sehingga proses pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan cepat, tepat sasaran, serta optimal.


4. Tahapan Pengolahan Data

teknik analisis data

Untuk mengolah data, tentu akan ada tahapan-tahapan yang harus dilewati, karena sangat jarang data yang ada bisa langsung diolah begitu saja. Beberapa tahapannya :

  • Pengumpulan data. Tahapan ini merupakan tahapan awal yang akan sangat mempengaruhi hasil pengolahan data. Sehingga pada tahapan ini, kita harus memastikan bahwa data yang diambil sudah sesuai dengan kebutuhan.

  • Pembersihan data. Sangat jarang sekali ditemukan data yang sudah bisa langsung diolah, sehingga praktisi data perlu melakukan tahapan tambahan yaitu proses membersihkan data serta menyamakan format yang ada. Begitu semuanya sudah sesuai dengan data yang dibutuhkan, baru lah data siap untuk diolah.

  • Pengolahan data dengan metode terbaik. Tahapan ini menjadi tahapan paling inti, dimana dari sini data mentah akan menghasilkan informasi yang bermanfaat. Dalam tahapan ini, kita harus menentukan metode mana yang paling tepat untuk data yang kita miliki.

  • Interpretasi. Tahapan ini merupakan proses untuk menceritakan insight yang telah didapatkan, biasanya akan berupa presentasi di depan para stakeholder.


Baca juga : Contoh Teknik Analisis Data Dalam Penelitian Kuantitatif


Kemampuan mengolah data menjadi salah satu kemampuan yang harus kamu kuasai di era perkembangan teknologi digital saat ini. Dengan memiliki kemampuan ini, kamu akan dibutuhkan oleh semua industri.


Nah, jika kamu tertarik untuk belajar tentang cara pengolahan data, kamu berada di tempat yang tepat. DQLab akan membantumu belajar mengolah data dari tahap paling dasar hingga advanced. Kamu bisa memulainya dengan bergabung menjadi member Premium  DQLab.


Kamu akan bisa mengakses modul pengolahan data menggunakan bahasa pemrograman yang umum digunakan oleh praktisi data, seperti SQL, R, dan Python. Selain itu, kamu juga bisa menikmati free modul dari  DQLab loh. Cukup dengan sign up di  DQLab, kamu akan bisa menikmati semua fasilitas yang ada. Yuk, tunggu apa lagi!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :