PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 22 Jam 38 Menit 15 Detik 

Kenali Berbagai Mode Operasi Bahasa Python

Belajar Data Science di Rumah 14-November-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/4e8a8d6bf164aa378623f6786eaa1edf_x_Thumbnail800.jpg

Saat ini kita berada dalam zaman teknologi yang semakin berkembang. Hal ini memberikan banyak dampak ke berbagai bidang. Salah satunya yang cukup terdamak adalah bidang data. Dengan mudahnya informasi diperoleh maka data yang didapatkan pun terkumpul dengan banyak dalam waktu yang singkat. Dengan demikian diperlukan profesi praktisi data yang tugasnya terfokus dalam menganalisis data. Dalam menganalisis data diperlukan keahlian bahasa pemrograman Salah satu bahasa pemrograman yang populer digunakan praktisi data adalah bahasa python. Dalam penggunaannya terdapat beberapa mode operasi yang dapat diterapkan di Python. Apa saja kah itu? Mari simak bersama-sama di artikel berikut ini.


Bahasa python merupakan bahasa pemrograman yang cukup populer di kalangan praktisi data. Bahkan perusahaan besar seperti Google, YouTube, netflix pun menggunakan bahasa python. Bahasa pemrograman ini dipilih bukan tanpa alasan, melainkan dikarenakan berbagai kelebihannya seperti bersifat opens ource, mudah dipelajari, sintaks yang sederhana, dan proses pembuatan program yang membutuhkan waktu proses yang cepat. Pada artikel kali ini khususnya kita akan mengenali beberapa mode operasi pada python.


1. Mode Operasi Interaktif

Mode interaktif artinya merupakan fasilitas atau fitur yang disediakan oleh python untuk tempat menulis kode secara interaktif. Fitur ini dikenal pula dengan Shell, Console, REPL (Read, Eval, Print, Loop). Mode interaktif ini dapat dimanfaatkan untuk uji coba suatu fungsi, eksperimen modul tertentu, kalkulator, mencari bantuan tentang fungsi tertentu, dll. Mode ini sangat membantu para pemula dalam belajar bahasa pemrograman dikarenakan membantu dalam mengevaluasi kode baris demi baris dan memahami eksekusi kode dengan baik.

Python


Belajar Python : Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


2. Mode Operasi Script

Mode operasi script python berarti pengguna langsung menuliskan program python ke dalam file. File yang telah dibuat nantinya dapat disimpan dan dieksekusi menggunakan command prompt. Dengan demikian, kita dapat melihat kode kapan saja dan dapat diedit sewaktu-waktu. Mide script ini cocok untuk menulis potongan kode yang panjang. Pengguna cukup membuka IDE (Integrated Development Environment) seperti PyCharm atau Visual Studio Code.

Python


3. Menginstal Thony IDE

Salah satu mode operasi yang dapat digunakan antara lain dengan cara menginstal Thony IDE. Jika pengguna menginstal Thony IDE, artinya pengguna tidak perlu lagi menginstall python secara terpisah. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan program IDE ini memiliki versi terakhir dari Python sebagai bawaan. Berikut ini langkah-langkah menjalankan python menggunakan Thony IDE.

  • Download dan install Thony IDE di komputer

  • Buka menu File > New, lalu save file dengan ekstensi .py

  • Tuliskan kode python untuk program yang ingin dibuat, lalu simpan file

  • Jalankan program yang telah ditulis 

Python


4. Menginstal Python Secara Terpisah

Pada bagian sebelumnya kita telah mengenali beberapa IDE atau sebagainya yang bisa digunakan untuk bahasa python. Namun perlu diketahui juga bahwa bahasa pemrograman python pun bisa dijalankan dengan menggunakan bahasa python itu sendiri. Terdapat dua pilihan dalam menjalankan python, antara lain:

  • Menjalankan immediate mode pada python dengan cara mengetikkan python pada baris perintah untuk mengaktifkan immediate mode

  • Memanfaatkan IDE (Integrated Development Environment) dengan cara membuat script file untuk python dengan syarat menyimpan file dengan ekstensi .py

Python


Array Python : Array VS List Serupa Namun Tak Sama, Yuk, Kenali Perbedaannya


Bahasa python merupakan bahasa pemrograman yang sudah sangat populer di kalangan praktisi data. Dengan demikian tidak heran jika banyak orang yang ingin belajar python dari dasar untuk berbagai keperluan. Kalian semua jangan bingung mau belajar dimana, cukup klik saja DQLab dan kalian bisa memulai belajar dengan mencoba modul gratis yang tersedia.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.

Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :