DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 0 Days 21 Jam : 40 Menit : 4 Detik

Big Data Hadoop : Yuk, Ketahui 3 Kit untuk Instalasi Hadoop

Belajar Data Science di Rumah 25-September-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/da74331f99807562a299437e290204af_x_Thumbnail800.jpg

Kurang lengkap jika ketika sudah banyak mengulas informasi terkait big data, namun tidak mengulas terkait software yang justru dapat melahap big data secara cepat. Software ini adalah Hadoop. Tahukah kamu bahwa Hadoop merupakan sebuah software yang dibuat langsung oleh Apache Software Foundation yang memiliki karakteristik open source. Hadoop ternyata banyak sekali digunakan untuk menyimpan dan menangani data dalam jumlah yang sangat besar. 


Hadoop dapat digunakan tanpa pemborosan dana namun tetap memiliki efisiensi untuk kinerjanya. Mengapa Hadoop sangat dirasa spesial dikalangan perangkat lunak pengolah big data ? Karena, Hadoop sangat sanggup dalam mengatasi file dalam jumlah yang sangat besar atau raksasa, hingga menyalurkan data tersebut ke server cluster yang telah terdistribusi dan pada akhirnya akan menjalankan aplikasi analisis pada setiap clusternya. Dengan demikian Hadoop didesain agar tetap memiliki kerja yang handal. Hal ini disebabkan karena aplikasinya akan terus berjalan meskipun terdapat beberapa server yang mengalami kegagalan. 


Untuk dapat menggunakannya, maka kamu harus melakukan instalasi Hadoop, melalui mind mapping ini kamu akan mendapatkan beberapa starter pack yang harus kamu miliki sebelum melakukan instalasi Hadoop.


Mind Mapping Artikel


1. Yuk, Download JDK 1.8 Terlebih Dahulu !

Langkah awal melakukan instalasi Hadoop adalah melakukan pengunduhan JDK Java 1.8 pada link berikut ini, JDK Java akan digunakan sebagai compiler dalam melakukan running program atau running analisis. Compiler akan menerjemahkan bahasa pemrograman menjadi program komputer yang sangat berguna sesuai dengan tujuannya. Misalnya, dalam menggunakan Hadoop compiler akan melakukan running hasil analisis mulai dari split, mapreduce, hingga hasil pengelolaan data. Sehingga, jika tidak memiliki JDK maka program komputer tidak akan berjalan. 


Baca Juga : Ingin Menjadi Data Analyst? Ini 3 Hard Skill yang Wajib Kamu Kuasai!


2. Apache Hadoop : Yuk, Lakukan Map Reduce Dengan Kit Ini

Apache Hadoop merupakan salah satu set utilitas software yang digunakan sebagai suatu  sumber terbuka yang memfasilitasi penggunaan jaringan untuk banyak komputer. Kamu dapat mwwngunuh Apach Hadoop ini pada link berikut ini. Apache Hadoop ternyata banyak sekali digunakan untuk melakukan pemecahan masalah dan mendapatkan solusi terbaik untuk membantu persoalan terkait komputasi data dalam jumlah yang luar biasa banyak. Apache Hadoop menyediakan kerangka software untuk melakukan penyimpanan yang terdistribusi hingga pemrosesan dengan jumlah data yang sangat besar. Selain itu, dengan model pemrograman ini Apache Hadoop dapat digunakan untuk mengimplementasikan Map Reduce dalam prosesnya. 


3. Hadoop Patch File : Tempat Penyimpanan Terdistribusi

Ternyata, HDFS atau Hadoop Distributed File System merupakan sistem yang dapat melakukan penyimpanan file yang terdistribusi. Patch file ini akan melakukan pemecahan banyak file besar menjadi bagian bagian file yang lebih kecil sebelum akhirnya melakukan distribusi ke cluster-cluster komputer. Sehingga dengan Hadoop file ini mampu menampung ukuran file dalam jumlah yang luar biasa besar. Karena nantinya, akan dipecah pecah kembali menjadi file file berukuran kecil. 


Baca Juga : Belajar Data Science : Yuk, Akses FREE Module DQLab Introduction to Data Science with Python


4. Awali Persiapan dirimu dengan Belajar Big Data #DirumahAja, bersama DQLab!

Terapkan ilmunya sekarang dengan bergabung bersama platform belajar online DQLab! Selain bisa meningkatkan ilmu data yang dimiliki, kamu juga bisa membangun portofolio datamu di DQLab guna mempersiapkan dirimu berkarir di industri data. 

Sign Up untuk nikmati module GRATIS “Introduction to Data Science” dengan pengalaman belajar yang seru menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata! Untuk kamu yang ingin mulai belajar Data Science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi.

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

Penulis : Tantut Wahyu

Editor : Annissa Widya Davita


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!