MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 1 Jam 20 Menit 17 Detik 

Kenali Cara Download dan Install Python Bagi Pemula, Yuk!

Belajar Data Science di Rumah 14-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/5529e26174b9f12ae555a50648db6596_x_Thumbnail800.png

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang banyak digunakan akhir-akhir ini, terutama setelah profesi Data Scientist, Data Analyst, Data Engineer, serta berbagai profesi data lainnya semakin naik daun dan diminati. Untuk menjadi seorang praktisi data, khususnya Data Scientist, kita perlu menguasai irisan tiga ilmu yang telah ada, yaitu statistika/matematika, programming, dan domain bisnis. Itulah mengapa kedudukan Python sebagai bahasa pemrograman menjadi sangat penting dalam Ilmu Data Science.

Tentu saja setiap perusahaan pasti tidak akan selalu menggunakan bahasa pemrograman yang sama. Namun secara umum, bahasa pemrograman yang sering digunakan oleh orang yang berprofesi sebagai Data Scientist di dalam perusahaan adalah R, Python, dan SQL. Nah sebelum membahas Python lebih jauh, ada baiknya kita mengetahui hal yang paling basic, yaitu cara mendownload dan menginstall Python. Yuk, simak artikelnya!


1. Apa Itu Python?

Python termasuk ke dalam kategori high level programming language, yang artinya coding yang ada mudah untuk dibaca, dipahami dan dituliskan kembali oleh orang awam sekalipun. Python ternyata bukanlah bahasa pemrograman baru, karena bahasa ini telah dikembangkan oleh Guido Van Rossum sejak tahun 1991. Menariknya, nama Python berasal dari program televisi favoritnya, yaitu “Monty Python Flying Circus”. Lima library Python yaitu Numpy, Pandas, Scipy, Scikit-learn dan Seaborn ternyata hampir mampu menyelesaikan pekerjaan Data Scientist yang ada. Hingga saat ini, Python terus melakukan pembaruan, agar dapat bersaing dengan bahasa pemrograman yang baru.


Baca juga : Yuk Cari Tahu Perbedaan Python R dan SQL


2. Mengapa Harus Mempelajari Python?

Python merupakan bahasa pemrograman yang bersifat sangat fleksibel untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada seperti membuat aplikasi dan game, melakukan analisis yang terhubung dengan database tertentu, dll. Secara umum, penggunaan Python ini memang lebih ke arah produktivitas penggunaan kode karena lima library yang telah disebutkan sebelumnya mampu menyelesaikan hampir seluruh permasalahan Data Scientist.  Jika kita melihat dari sisi Artificial Intelligence dan Machine Learning, maka Python sangat layak untuk digunakan. Bahkan akhir-akhir ini Python sedang mengejar dan menyediakan API untuk Machine Learning atau Artificial Intelligence. Selain itu, analisis yang dibuat dapat diaplikasikan dalam sebuah aplikasi atau website.


3. Cara Download Python

Langkah-langkah yang bisa digunakan untuk mendownload Python adalah:

  • Buka www.python.org. Silahkan buka alamat tersebut lalu klik menu “Download

  • Website akan mendeteksi sistem operasi yang digunakan, jika menggunakan Windows maka pilih Download Python 3.10.0, ini adalah versi terbaru yang dimiliki oleh Python untuk Windows.

  • Setelah mengklik tombol tersebut, proses download Python akan berlangsung. Jika sistem operasi yang kamu gunakan bukanlah Windows, kamu bisa memilih pilihan lain yang ada di bawahnya, dan ikuti langkah-langkahnya.


4. Cara Install Python

Setelah berhasil mendownload Python, langkah-langkah yang bisa digunakan untuk meng-install Python adalah:

  • Klik hasil download yang ada dengan cara double klik.

  • Selanjutnya akan muncul tampilan Install Python, klik “Install Now”.  Kemudian di bagian paling bawah, centang untuk Add Python 3.9 to PATH agar ada path tersendiri untuk Python.

  • Setelah muncul konfirmasi untuk memperbolehkan Python diinstal, klik Yes.

  • Setelah itu berhasil, proses install telah berhasil dilakukan ditandai dengan munculnya window “Setup was successful”, lalu klik Close di window tersebut.

  • Untuk menjalankannya, kamu bisa mencarinya di menu search dengan mengetikkan “Python” lalu tekan enter.

  • Jika proses instalan nya berhasil, maka Python sudah bisa dijalankan di komputermu.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


5. Belajar Bahasa Python secara Gratis di DQLab, yuk!

Tertarik untuk belajar Python lebih dalam? Kamu juga bisa memanfaatkan kursus online yang menyediakan sertifikat setelah berhasil mengerjakannya serta memiliki banyak materi tentang Python, misalnya DQLab. Ada banyak modul yang menggunakan bahasa Python di DQLab. Modul itu akan bisa kamu akses jika bergabung menjadi member premium DQLab. Namun jika kamu tertarik untuk mencoba free modul, kamu masih bisa menikmatinya, kok. Kamu bisa mengakses modul “Introduction to Data Science with Python” secara gratis dan tetap mendapatkan sertifikat setelah berhasil mengerjakannya. Yuk, tunggu apa lagi? Buruan sign up di DQLab dan nikmati modul-modul yang ada!



Penulis: Gifa Delyani Nursyafitri

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!