MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 0 Jam 3 Menit 20 Detik 

Kenali Contoh Analisis Data dalam Dunia Bisnis

Belajar Data Science di Rumah 11-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/c71340db494d8fc4061001663cc2de0e_x_Thumbnail800.png

Kegiatan penelitian merupakan kegiatan yang sudah tidak asing lagi didengar. Khususnya bagi para akademisi dan peneliti justru kegiatan ini dapat mereka anggap sebagai rutinitas yang sudah biasa dilakukan. Dalam kegiatan penelitian ini tentunya memerlukan teknik analisis data yang tepat untuk mendapatkan kesimpulan yang valid. oleh karena itu kita perlu mengenal beberapa contoh teknik analisis data yang tepat dan sesuai dengan jenis data yang digunakan.


Sebelum melanjutkan ke contoh analisis data, apakah kalian tahu apa itu analisis data? Analisis data merupakan suatu proses mengumpulkan dan mengolah data sehingga menghasilkan informasi. Analisis data tidak hanya dilakukan oleh peneliti, ada juga profesi yang pekerjaannya memang melakukan analisis atau pengolahan data, salah satunya adalah data analyst. Pada artikel kali ini kita akan mengenali fungsi, langkah-langkah, teknik serta contoh analisis data. Yuk, simak artikel berikut ini bersama DQLab!


1. Fungsi Analisis Data

Pada perkenalan sebelumnya telah dijelaskan secara singkat pengertian dari analisis data. Selain untuk menghasilkan informasi dari data, analisis data juga berfungsi untuk penyelesaian masalah tertentu. Jika dirangkum secara singkat, beberapa fungsi lain analisis data sebagai berikut:

  1. Sebagai acuan pengambilan keputusan untuk masa depan perusahaan atau company

  2. Untuk menemukan jawaban dari permasalahan

  3. Untuk mengevaluasi permasalahan suatu perusahaan


Baca juga : Analisis Data Adalah: Mengenal Pengertian, Jenis, Dan Prosedur Analisis Data


2. Langkah-langkah Analisis Data

Prosedur yang dilakukan dalam analisis data tidak dapat dilakukan secara sembarangan, namun perlu dilakukan secara berurutan agar proses analisis lebih efisien dan hasilnya lebih akurat. Adapun langkah-langkah analisis data antara lain:


  1. Collecting data, mengumpulkan data yang berkaitan dengan permasalahan yang akan diselesaikan

  2. Selection data and editing data, menyeleksi data dan mengedit data yang sesuai, bila ada data yang sekiranya tidak diperlukan maka bisa dibuang 

  3. Coding, jika data sudah siap digunakan maka dilakukan proses pengkodean untuk mengidentifikasi dan mengelompokkan permasalahan berdasarkan variabel tertentu

  4. Penyajian data, setelah selesai proses pengkodean dan hasil analisis telah didapatkan maka hasil analisis tersebut perlu disajikan dalam bentuk visualisasi yang menarik dan mudah dipahami


3. Teknik Analisis Data

Proses analisis data tidak bisa dilakukan dengan metode maupun teknik yang sembarangan, kita harus bisa memilih teknik analisis yang sesuai dengan data kita. Secara umum, teknik analisis data terbagi menjadi dua, yaitu:


  1. Teknik analisis data kuantitatif, diterapkan pada data kuantitatif (data yang dapat disajikan dalam bentuk angka atau bersifat numerik). Contoh teknik analisis data kuantitatif antara lain analisis deskriptif, analisis regresi, analisis korelasi,dll.

  2. Teknik analisis data kualitatif, diterapkan pada data kualitatif (data yang tidak dapat disajikan dalam bentuk angka, biasanya berupa teks, gambar, dll). Contoh teknik analisis data kualitatif antara lain analisis wacana, analisis narasi, analisis konten, dll.


4. Contoh Analisis Data

Mungkin beberapa dari kita masih bingung mengenai gambaran umum dari analisis data. Sebagai contoh, terdapat perusahaan A yang bergerak di bidang penawaran produk pakaian. Perusahaan perlu mengetahui tingkat kepuasan konsumen, penilaian pelayanan, penjualan produk, tipe atau jenis pakaian yang disukai pelanggan, dll. Kita dapat melakukan kuesioner yang ditujukan kepada pelanggan yang sudah berbelanja produk perusahaan tersebut maupun yang belum pernah. KIta dapat menyebarkan kuesioner yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang berguna untuk kemajuan bisnis. Jika data kuesioner sudah didapatkan maka perlu diolah atau dianalisis sehingga menghasilkan kesimpulan tertentu untuk perkembangan bisnis perusahaan. 


Baca juga : Big Data Analytics dan Kegunaanya untuk Perkembangan Bisnismu


5. Belajar Analisis Data Bersama DQLab

Analisis data merupakan hal yang penting untuk dilakukan dalam kegiatan penelitian. Analisis data pun memerlukan berbagai teknik analisis data yang tepat. Semua itu dapat kita pelajari di DQLab . Caranya sangat mudah, yaitu cukup signup di DQLab.id/signup dan kita bisa mulai dengan belajar gratis di DQLab serta dapat mengakses modul-modul dari bahasa pemrograman R, Python, Excel, dan SQL!



Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!