FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 76 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 4 Jam 39 Menit 43 Detik 

Day to Day Data Scientist di Sektor Pemerintahan

Belajar Data Science di Rumah 26-Januari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/895a61a53baaad3c9d5d5570d11c20f4_x_Thumbnail800.jpeg

Data scientist tidak hanya membantu perusahaan dalam meningkatkan bisnis, namun juga sektor pemerintahan dalam meningkatkan fasilitas dan keamanan bagi masyarakat. Tentunya pendekatan yang digunakan sedikit berbeda karena jenis data yang dimiliki oleh sektor pemerintah juga berbeda. Hal ini akhirnya juga berdampak pada tanggung jawab seorang data scientist di sektor pemerintahan.


Data scientist dapat mengaplikasikan pemahaman data science yang dimiliki untuk mendukung perbaikan. Misalnya di bidang infrastruktur, pertanian, atau pariwisata. Dengan bantuan model machine learning, maka keputusan yang diambil pemerintahan untuk perbaikan bidang tersebut juga lebih tepat. Secara tidak langsung akan meningkatkan pendapatan negara. Bagaimana detail job description data scientist di sektor pemerintahan? Apa saja bentuk penerapannya? Yuk simak penjelasan berikut ini!


1. Bagaimana Data Science Membantu Sektor Pemerintahan?

Data Scientist

Banyak sekali data yang harus diolah, dengan data science di pemerintahan, tidak lagi harus melakukan pekerjaannya secara manual. Pemerintah bisa mendapatkan informasi dengan efisien dan akurat untuk menentukan kebijakan yang sesuai. Salah satu caranya yaitu dengan membuat dashboard dan visualisasi data sehingga semua keputusan yang diambil disupport oleh data. Pemerintah juga bisa memanfaatkan analisa data untuk mendapatkan solusi yang optimal untuk memecahkan masalah pembagian dana antar departemen. Kenapa bisa begitu? Dengan insights yang berarti, pihak pemerintah dapat memprediksi dan forecast kisaran budget per departemen nya dengan akurat. Dampak yang positif bagi rakyat pun akan berlimpah seiring meningkatnya efisiensi kinerja pemerintah.


Kehadiran data science juga dapat meningkatkan pendapatan negara. Hal ini karena adanya peningkatan infrastruktur, pertanian, pariwisata, dan aspek lainnya. Dalam sebuah proyek konstruksi jalan tol sebagai contoh, pihak pemerintah dapat menggunakan Data Science untuk menganalisa dan manage resiko demi kesuksesan operasinya. Atau pada sektor pariwisata implementasi Data Science membantu perusahaan untuk melakukan mapping untuk mencari lokasi yang tepat untuk turis, dan juga menentukan strategi marketing yang tepat untuk segmentasi grup yang berbeda.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Job Description Data Scientist di Sektor Pemerintahan

Data Scientist

Data scientist di pemerintahan sering menghabiskan banyak waktu untuk membersihkan data dan memastikan data siap digunakan. Hal ini karena dibandingkan dengan sektor lain, sebagian besar catatan pemerintah aslinya ditulis tangan atau ada dalam bentuk analog. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi data scientist untuk menerapkan model dan algoritma machine learning.


Tanggung jawab lainnya bagi data scientist di pemerintahan, tergantung pada agensinya, meliputi:

  • Menganalisis data untuk mengidentifikasi dan mencegah pemborosan, penipuan, dan penyalahgunaan

  • Menggunakan business intelligence untuk membantu pemerintah di semua tingkatan membuat keputusan keuangan yang lebih baik

  • Berkolaborasi dengan peneliti dalam studi dan pelacakan temuan yang dapat menentukan kebutuhan masyarakat

  • Mengumpulkan dan menganalisis sistem pertahanan untuk meningkatkan sistem pertahanan

  • Bekerja dengan berbagai departemen negara maupun wilayah untuk mengoordinasikan pengumpulan, analisis, dan pemodelan data

  • Mengembangkan dan mengkomunikasikan rekomendasi yang berpusat pada data kepada anggota non-teknis pemerintah


3. Contoh Peran Data Scientist di Sektor Pemerintahan

Data Scientist

Berikut peran data scientist di sektor pemerintahan yang ada di Indonesia.

  • Mencegah aktivitas teroris. Dengan cara yang sangat berhati-hati, beberapa organisasi teroris bisa mencari dan merekrut orang melalui media sosial. Algoritma Machine Learning dan Text Mining diterapkan untuk mendeteksi aktivitas tersebut. Text Mining adalah sebuah teknologi AI yang menggunakan Natural Language Processing (NLP) untuk mengubah text yang tidak terstruktur dalam database menjadi data terstruktur yang cocok untuk dianalisa. Data yang dikumpulkan oleh pihak pemerintahan termasuk percakapan yang tidak normal, texts, interaksi, kontak, dan gerak gerik di lokasi yang berpotensi berbahaya. 

  • Mencegah tindakan kriminal di jalan. Dengan adanya penemuan dan database yang canggih, tim forensik dapat menggunakan data seperti DNA, sidik jari, dan balistik untuk dijadikan bahan investigasi. Selain itu, departemen kepolisian pun sudah memiliki teknologi untuk memprediksi lokasi-lokasi dengan kemungkinan tindakan kejahatan terjadi. Alhasilnya polisi dapat mengambil keputusan untuk mengurangi terjadinya insiden tersebut dengan menanam kamera yang sensitif dan detektor gerakan. Kamera dan detektor ini memungkinkan pihak polisi akses untuk memantau lokasi dengan real-time streaming. 

  • Pembangunan smart city. Salah satunya dengan mengaplikasikan traffic management.  Sistem traffic ini dilatih oleh model Machine Learning sehingga ia bisa membaca pattern di jalanan secara real time. Atau sebagai contoh lainnya, analisa data yang dikumpulkan di dekat daerah sekolah. Hasil analisa dari data tersebut bisa membantu lampu lalu lintas untuk berganti secara dinamis sehingga meningkatkan keamanan anak-anak serta mengurangi kemacetan secara bersamaan.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Persiapan Karir Data Scientist dengan DQLab

Ternyata data scientist memiliki peran yang penting ya di bidang pemerintahan? Apakah kalian mulai tertarik untuk mendalami karir data scientist, tapi bingung harus mulai belajar darimana? Kalian bisa mulai dengan belajar di DQLab. Modul pembelajaran dengan bahasa yang sederhana, dilengkapi dengan Live Code Editor, dan dibantu oleh mentor ketika ada kesulitan menjadi keunggulan yang tidak boleh kalian lewatkan. DQLab juga menyediakan beragam studi kasus dari berbagai industri agar kalian memiliki gambaran umum yang lebih variatif berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab data scientist.


Data Scientist


Yuk segera Sign Up atau bisa isi form signup dibawah ini ya dan nikmati metode pembelajaran yang mudah dan menyenangkan!


Penulis: Dita Feby

Editor: Annisa Widya



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :