Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Kenali Dua Jenis Mode Operasi dalam Python

Belajar Data Science di Rumah 13-Maret-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/a7e147e5d3e7be630d55cf34384431d9_x_Thumbnail800.jpeg

Saat ini mempelajari bahasa pemrograman bukanlah suatu hal yang harus dipelajari oleh para programmer saja. Bahasa pemrograman ini dapat dipelajari oleh siapa saja dan dimulai kapan saja. Terdapat beberapa bahasa pemrograman yang populer digunakan yang mana salah satunya adalah bahasa python. Dalam penggunaannya terdapat beberapa mode operasi yang dapat diterapkan di python. Setiap operasi memiliki ciri khas dan cara penggunaan masing-masing.


Bahasa python bukanlah suatu hal baru di dalam dunia data. Bahkan saat in semakin banyak pemula yang ingin mencoba belajar menggunakan bahasa python. Berbagai media baik secara online maupun offline pun sudah menyediakan tempat belajar python mulai dari tingkat pemula sampai tingkat mahir. Pada artikel kali ini kita akan mengenali beberapa mode operasi yang dapat diterapkan dalam python serta code editor apa yang sering digunakan. Yuk, simak bersama-sama!


1. Mode Operasi Script

Mode operasi pertama yang bisa digunakan dalam Python adalah mode operasi script. Dalam bahasa python dengan menggunakan mode script, kita dapat menulis kode di dalam file lalu disimpan dan kemudian dieksekusi menggunakan command prompt. Kode yang telah kita tuliskan nantinya dapat dibuka sewaktu-waktu kapanpun pengguna memerlukannya. Mode script ini cocok untuk menulis potongan kode yang panjang. Pengguna cukup membuka IDE (Integrated Development Environment) seperti PyCharm atau Visual Studio Code.


Baca juga : Yuk Cari Tahu Perbedaan Python R dan SQL


2. Mode Operasi Interaktif

Mode operasi python selanjutnya adalah mode operasi interaktif, yaitu dalam proses penerapannya pengguna dapat menuliskan kodenya secara interaktif. Artinya pengguna dapat langsung melihat output dari hasil kode yang telah dituliskan sebelumnya. Biasanya mode operasi ini lebih nyaman digunakan untuk menuliskan kode yang pendek dan sangat cocok untuk para pemula. Mode interaktif dalam python dikenal pula dengan Shell, Console, dan REPL (Read, Eval, Print, Loop).


3. Perbedaan Mode Operasi Script dan Interaktif

Mode operasi script dan interaktif memiliki pengertian serta eksekusi masing-masing. Beberapa perbedaan dari kedua operasi ini adalah dalam mode script lebih cocok digunakan untuk penulisan kode program yang panjang sedangkan dalam mode interaktif lebih cocok digunakan untuk program yang pendek atau singkat. Selain itu, mode interaktif tidak bisa menyelesaikan permasalahan yang rumit, permasalahan yang rumit biasanya diselesaikan dengan menggunakan mode script. 


4. Code Editor Python

Kalian pernah mendengar istilah code editor bukan? Code editor merupakan salah satu bagian dari mode operasi script. Salah satu code editor yang populer dalam python adalah Visual Studio Code, yaitu sebuah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk membangun dan mengembangkan aplikasi. Perangkat ini seringkali menjadi pilihan utama dikarenakan fiturnya yang lengkap, multifungsi, serta memiliki berbagai kelebihan. 

Python


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Penggunaan mode operasi dalam python biasanya menjadi pertimbagan tersedniri bagi para pengguna. Hal tersebut dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Apapun jenis mode operasi yang digunakan, pengguna harus memahami python dengan baik. Kamu bisa terus mengasah skill bahasa pemrograman di DQLab. DQLab menyediakan berbagai modul gratis untuk belajar dari dasar dengan bahasa yang mudah dipahami.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login