TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 3 Jam 2 Menit 22 Detik

Kenali Fungsi Keuangan Excel untuk Analisis Keuangan

Belajar Data Science di Rumah 11-September-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-jumat-08-2023-09-11-142422_x_Thumbnail800.jpg

Microsoft Excel masih menjadi spreadsheet favorit banyak orang. Excel mampu menyelesaikan berbagai tugas yang berkaitan dengan banyak industri. Termasuk dijadikan sebagai pilihan tools  untuk analisis keuangan.


Kesalahan perhitungan dalam analisis keuangan karena human error bisa berdampak fatal terhadap keputusan yang diambil perusahaan. Adanya fungsi keuangan dalam Excel bisa memungkinkan pengguna untuk melakukan perhitungan kompleks dalam waktu singkat. Sehingga selain bisa meminimalisir human error, pekerjaan bisa diselesaikan dengan lebih efektif. 


Menguasai fungsi keuangan Excel bisa menjadi skill yang sangat dibutuhkan untuk berbagai profesi, misalnya seperti akuntan, analis keuangan, serta wirausahawan. Dengan menggunakan fungsi-fungsi ini, kita bisa membuat keputusan keuangan yang lebih baik, merencanakan investasi yang cerdas, serta paling tidak bisa mengelola keuangan pribadi dengan lebih efektif.


Dalam artikel ini, kita akan coba membahas beberapa fungsi keuangan yang cukup banyak digunakan dalam industri keuangan. Yuk, simak apa saja sih fungsinya!


 1. Fungsi PMT: Menghitung Pembayaran Bulanan

Excel

Pict by: Bung Bribil di latihanexcel.com


Fungsi PMT menjadi salah satu tools yang sangat berguna untuk siapa saja yang terlibat dalam pembiayaan atau investasi. Hal ini memungkinkan kita untuk menghitung pembayaran bulanan yang diperlukan saat membayar pinjaman atau investasi dengan suku bunga tertentu selama periode yang telah ditentukan.


Contoh penggunaan fungsi ini adalah dalam perencanaan hipotek atau pinjaman bisnis. Dengan memanfaatkan rumus PMT, kita bisa dengan mudah menentukan berapa banyak yang harus dibayar setiap bulannya.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Fungsi IRR dan NPV: Evaluasi Proyek Investasi

Excel

Pict by Extend Office


Fungsi Internal Rate of Return (IRR) dan Net Present Value (NPV) dapat digunakan dalam analisis investasi untuk mengevaluasi proyek yang berpotensi menguntungkan. IRR berfungsi untuk mengukur tingkat return dari sebuah investasi, sementara NPV digunakan untuk mengukur current value bersih dari proyek tersebut.


Jika IRR lebih tinggi dari tingkat diskon yang diharapkan, atau jika NPV positif, maka bisa dikatakan bahwa proyek tersebut termasuk ke dalam kategori investasi yang baik. Fungsi ini membantu kita mengambil keputusan dalam mengalokasikan dana dengan bijak.


 3. Fungsi FV dan PV: Menghitung Nilai Masa Depan dan Nilai Sekarang

Excel

Pict by Extend Office


Fungsi Future Value (FV) dan Present Value (PV) memegang peranan penting dalam perencanaan keuangan. Fungsi FV memungkinkan kita untuk menghitung berapa banyak uang yang akan kita miliki di masa depan jika kita menabung atau berinvestasi dengan suku bunga tertentu.


Sementara, fungsi PV berguna untuk menentukan nilai sekarang dari jumlah uang yang akan diterima atau dibayarkan di masa depan. Fungsi ini akan sangat berguna dalam proses merencanakan pensiun, investasi jangka panjang, atau ketika kita mengambil pinjaman.


4.Fungsi Keuangan Lainnya: Meningkatkan Analisis Keuangan

Excel

Pict by: Bung Bribil di latihanexcel.com


Selain fungsi-fungsi yang telah dijelaskan di atas, Excel memiliki banyak fungsi keuangan lainnya yang bisa dimanfaatkan. Misalnya saja fungsi RATE yang berguna untuk menghitung suku bunga, NPER yang berfungsi untuk (menghitung jumlah periode pembayaran, dan masih banyak lagi fungsi keuangan lainnya.


Dengan memanfaatkan kombinasi dari fungsi-fungsi tersebut, maka proses analis keuangan untuk menghitung dan memodelkan berbagai skenario dapat dilakukan dengan cepat dan efisien.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


Tertarik untuk belajar Excel lebih lanjut? Kamu bisa mengakses modul Excel di DQLab dengan cara membeli modul Platinum Excel. Selain program tersebut, DQLab juga kerap kali mengadakan Bootcamp Data Analyst with Excel yang sangat cocok bagi pemula.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri




Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :