Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Kenali Hal Berikut Sebelum Ikut Course Data Engineer

Belajar Data Science di Rumah 30-Januari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/06a424cfebb6ca9356906897c4971c18_x_Thumbnail800.jpeg

Saat ini jika kita mencari tahu terkait profesi yang sedang naik daun, data engineer adalah salah satu jawabannya. Profesi ini termasuk ke dalam salah satu profesi yang berbasis teknologi dan memiliki tugas dan tanggung jawab besar terhadap infrastruktur data. Dikarenakan hitsnya profesi ini banyak orang yang mencari tahu terkait course data engineer, seperti apa saja yang perlu dimengerti dan dipelajari serta bagaimana mempersiapkan diri mengikuti kursus data engineer.


Dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, data engineer tidak bekerja sendirian. Nantinya data engineer akan bekerja sama dengan praktisi data lainnya seperti data analyst dan data scientist. Terdapat beberapa fakta menarik terkait data engineer, seperti gaji data engineer yang mencapai dua digit tergantung dari tingkat jabatan serta perusahaannya. Poin menarik lainnya adalah data engineer ini perlu menguasai berbagai keterampilan untuk menunjang pekerjaannya. Pada artikel ini kita akan mengenali beberapa hal yang perlu diketahui sebelum mengikuti course data engineer.


1. Profesi Data Engineer

Data merupakan poin penting dalam penelitian yang perlu benar-benar dipersiapkan sebelum dianalisis. Data engineer ini memiliki peran yang besar dalam suatu perusahaan terutama dalam bidang infrastruktur data. Data engineer merupakan seseorang yang membangun, mengembangkan, menguji, dan memelihara arsitektur database yang nantinya akan berguna untuk memudahkan proses penyusunan data sehingga data siap untuk dianalisis. 

Data Engineer


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Kenali Tugas dan Tanggung Jawab

Setiap profesi memiliki masing-masing tugas dan tanggung jawab yang perlu dikerjakan. Begitu pula dengan data engineer, yang secara garis besar memiliki tugas dan tanggung jawab terhadap data. Beberapa tugasnya antara lain mengumpulkan dan mengolah data, membersihkan data, mengembangkan arsitektur data warehouse, mengoptimalkan arsitektur dan pipeline data, melakukan hasil analisis kepada tim jika diperlukan, dan memanfaatkan data sebagai materi eksperimen untuk mendukung perkembangan bisnis.


3. Intip Skill yang Diperlukan

Sebelum mengikuti course data engineer, kita perlu mengenali apa saja skill atau keahlian yang perlu dimiliki dan dikuasai oleh data engineer. Seorang data engineer perlu memiliki beberapa skill berikut untuk menunjang pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya. Beberapa skill tersebut antara lain menggunakan database architecture, data mining, machine learning, data warehousing, bahasa pemrograman, membuat data pipeline, menggunakan cloud computing dan memahami bahasa script.

Data Engineer


4. Persiapan Mengikuti Course

Menjadi seorang data engineer mungkin memanglah mimpi dari sebagian besar orang. Namun tidak jarang yang ingin menjadi data engineer ini adalah orang-orang yang latar belakang pendidikannya bukan dalam bidang yang terkait. Namun jangan berkecil hati, walaupun tidak memiliki latar belakang pendidikan yang linear dengan bidang data, kamu masih bisa belajar dengan cara mengikuti course atau pelatihan. Sebelum mengikuti course kamu bisa mencari tahu beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum mengikuti course. Beberapa diantaranya adalah mengetahui skill yang diperlukan, paham tugas dan tanggung jawab, mempelajari bahasa pemrograman, upgrade CV dan portofolio, update terhadap perkembangan teknologi, dan rajin mencari info terkait course data engineer.

Data Engineer


Baca juga : Data Engineer VS Data Scientist


Saat ini banyak platform atau media yang menyediakan course data engineer, terutama secara online. Kalian bisa mencoba mengikuti Data Engineering Course di DQLab. Peserta diharapkan untuk bisa melakukan beberapa hal yang dikerjakan oleh data engineer. DQLab menyediakan berbagai modul gratis untuk belajar dari dasar dengan bahasa yang mudah dipahami.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita




Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login