SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

0 Hari 13 Jam 12 Menit 30 Detik

Kenali Kecanggihan Tableau, Software untuk Data Analyst

Belajar Data Science di Rumah 04-Juni-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-jumat-03-2024-06-07-214053_x_Thumbnail800.jpg

Di pasaran, ada banyak software untuk data analyst. Baik itu untuk pemula atau bagi kalian yang sudah berpengalaman dan perlu kemampuan programming untuk mengoperasikannya. Salah satu software yang ramah bagi pemula adalah Tableau. Software ini punya beberapa keunggulan yang bisa kalian andalkan, sehingga tidak perlu pusing pada aspek teknis dan lebih fokus pada proses analisis. Apa saja keunggulannya? Simak pada pembahasan di bawah ini!


1. Cukup dengan Drag and Drop


Data Analyst

Tableau menjadikan proses pembuatan visualisasi data yang interaktif menjadi lebih mudah dengan fitur drag-and-drop yang sangat intuitif. Artinya, kalian dapat memilih dan memindahkan elemen-elemen data ke dalam workspace untuk membuat berbagai jenis visualisasi seperti grafik batang, grafik garis, peta geografis, dan lain-lain. Jadi, tidak perlu keterampilan pemrograman, sehingga kalian dengan latar pendidikan apapun bisa membuat visualisasi yang kompleks dan menarik.


Selain itu, fitur interaktif Tableau juga membantu kalian dalam membuat dashboard dan laporan yang dinamis. Kalian dapat menggabungkan beberapa visualisasi dalam satu dashboard dan membuat filter interaktif sehingga user bisa menyaring data berdasarkan kriteria tertentu secara real-time. Hal ini tentunya tidak hanya meningkatkan daya tarik visualisasi, tetapi juga membuat data lebih mudah diinterpretasikan dan digunakan untuk pengambilan keputusan. 


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Integrasi Data yang Luas

Data Analyst

Tableau juga dapat terhubung dengan berbagai sumber data, termasuk database relasional seperti MySQL, PostgreSQL, dan SQL Server, serta data cloud seperti Google BigQuery, Amazon Redshift, dan Salesforce. Selain itu, Tableau juga dapat mengakses data dari spreadsheet seperti Microsoft Excel dan Google Sheets, serta sumber big data seperti Hadoop dan Apache Spark. Dengan ini kalian dapat mengakses dan menggabungkan data dari berbagai platform dan format tanpa perlu memindahkan atau mengubah data secara manual.


Kemampuan ini sangat penting untuk proses analisis data yang komprehensif. Misalnya, menggabungkan data penjualan dari sistem ERP dengan data pelanggan dari CRM dan data perilaku customer dari Google Analytics dalam satu dashboard. Proses analisis jadi lebih mendalam dan proses pengambilan keputusan menjadi lebih baik. Dengan demikian, kemampuan Tableau dalam menggabungkan data dari berbagai sumber menjadikannya tools yang sangat kuat untuk analisis bisnis.


3. Menawarkan Berbagai Fungsi Analitik

Data Analyst

Tableau dilengkapi beragam fungsi analitik yang memungkinkan kalian untuk melakukan analisis data agar lebih dalam dan mendapatkan insight yang lebih kaya. Misalnya, dengan fitur analisis tren, kalian dapat mengidentifikasi pola dan perubahan data dari waktu ke waktu. Adanya fitur prediksi memungkinkan pembuatan model dan prakiraan berdasarkan data historis.


Analisis regresi membantu dalam memahami hubungan antara variabel-variabel yang berbeda, sehingga kalian dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang paling mempengaruhi hasil bisnis. Clustering memungkinkan segmentasi data berdasarkan kesamaan karakteristik, membantu dalam mengidentifikasi kelompok atau pola tertentu dalam dataset yang besar dan kompleks.


4. Mobile-Friendly

Data Analyst

Aplikasi ini juga tersedia untuk perangkat iOS dan Android. Dengan aplikasi mobile Tableau, kalian dapat melihat dan menganalisis data secara real-time. Kalian yang punya mobilitas tinggi tentunya sangat diuntungkan dengan adanya bentuk mobile ini. Jadi kalian tetap dapat memantau kinerja bisnis, membuat keputusan berdasarkan data, dan berkolaborasi dengan tim meskipun berada di luar kantor.


Aplikasi mobile Tableau juga mendukung interaktivitas penuh, sehingga kalian dapat melakukan drill-down ke detail data, menggunakan filter, dan melihat perubahan visualisasi secara dinamis seperti yang bisa dilakukan di desktop. Jadi, aplikasi mobile Tableau tidak hanya meningkatkan aksesibilitas data, tetapi juga membantu proses pengambilan keputusan kapan saja dan di mana saja.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


Meski mudah secara penggunaannya dan tidak perlu kemampuan programming, kalian tetap perlu punya dasar pengetahuan terkait data untuk bisa memilih grafik yang tepat, menginterpretasikan insight secara akurat, dan berbagai proses analisis lanjutan lainnya. DQLab siap menjadi teman belajarmu! Di sini, modul ajarnya lengkap dan bervariasi. Dilengkapi pula dengan studi kasus yang membuatmu semakin kaya pemahaman di berbagai industri.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Bahkan modulnya juga diintegrasikan dengan ChatGPT. Apa keunggulan fitur tersebut?

  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun


Tunggu apa lagi, segera Sign Up dan kembangkan kemampuan kalian atau ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python!  

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login