SUPER 6.6 SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 120K!

0 Hari 4 Jam 59 Menit 14 Detik

Kenali Kelebihannya sebelum Belajar Macro VBA Excel

Belajar Data Science di Rumah 13-Oktober-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-kamis-08-2023-10-15-090409_x_Thumbnail800.jpg

Lebih dari 1,5 Miliar orang di seluruh dunia menggunakan excel setiap hari untuk berbagai tugas, mulai dari pengeluaran pribadi, membuat dashboard, analisis data hingga visualisasi data, dan yang terpenting, otomatisasi semua tugas.


Excel membantu users untuk mengelola tugas kantor yang kompleks dan membosankan. Kabar baiknya, excel bersifat inklusif. Maksudnya, excel bisa digunakan oleh siapapun, baik untuk beginner maupun untuk profesional. Namun, jika data yang dikelola bertambah banyak, maka analisisnya akan menjadi lebih sulit.


Di sinilah VBA berperan. VBA adalah kependekan dari Visual Basic for Applications. Fitur ini adalah bahasa pemrograman excel yang penting bagi para profesional yang menangani data dalam jumlah besar. Dengan mempelajari VBA macro excel, kita dapat mengotomatiskan jam kerja kita di excel dalam hitungan detik. 


Sebelum mempelajari excel, ada beberapa kelebihan yang perlu kamu ketahui untuk memastikan fitur macro VBA excel sesuai dengan kebutuhan kamu. Apa saja kelebihannya? Yuk kita simak bersama!


1. Mudah Dan Cepat Dipelajari

Excel


Macro VBA mudah dan cepat dipelajari dibandingkan dengan bahasa pemrograman data science lainnya seperti Python dan R. fitur ini memiliki sintaksis yang beginner friendly.


Artinya kita tidak perlu menjejalkan perintah-perintah sulit seperti yang dibutuhkan bahasa pemrograman lain. Itu sebabnya fitur ini disebut “basic”. Macro VBA sangat bermanfaat bagi users yang menggunakan excel tanpa memiliki background atau pemahaman bahasa pemrograman. 


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Mengotomatiskan Tugas yang Berulang dan Rutin

Salah satu kelebihan terbaik yang dimiliki VBA excel adalah kemampuannya untuk mengotomatiskan tugas-tugas yang berulang dan besar. Dengan menggunakan Macro VBA, kita dapat menentukan serangkaian tugas dan instruksi yang dilakukan excel bersama-sama untuk melakukan suatu pekerjaan secara otomatis.


Praktisnya, fitur ini membantu tugas-tugas seperti menyalin file dan data dari sumber lain, mengumpulkan dan menganalisis data secara otomatis untuk next task.


Excel


3. Menyederhanakan Rumus Kompleks Excel

Saat kita menyajikan data kepada non-profesional, kita harus menyembunyikan beberapa rumus panjang karena kemungkinan besar mereka sulit untuk memahaminya. Dengan dengan macro VBA, kita bisa mengubah rumus menjadi code VBA dan membuat dashboard excel lebih mudah dipahami.


Excel


4. Aksesibilitas Kepada Users Lain

Saat kita sedang record macro atau menulis code di VBA excel, maka code tersebut akan secara otomatis tersedia untuk semua orang yang kita beri akses file kita. Kita tidak perlu membagikan skrip code kita secara terpisah.


Kelebihan ini sangat dirasakan oleh freelancer. VBA juga memungkinkan kita untuk menambahkan variabel global yang mudah digunakan sehingga pengguna lain dapat memodifikasinya sedikit.


Singkatnya, users lain dapat mengakses code kita dan mengedit sesuai kebutuhan selama mereka mendapatkan aksesnya.


Excel


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


Selain fitur macro VBA, excel juga memiliki berbagai fitur lain untuk menghasilkan insight yang powerful dari kumpulan data. Yuk perdalam skill pengolahan data dengan excel bersama DQLab! 


DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali.


Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti Bootcamp Data Analyst with Excel berikut untuk informasi lebih lengkapnya!


Penulis: Galuh Nurvinda K

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login