PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 22 Jam 39 Menit 36 Detik

Kenali Konsep Break, Continue, dan Pass pada Python

Belajar Data Science di Rumah 05-Maret-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-01-2024-03-05-164045_x_Thumbnail800.jpg

Bootcamp Python menghadirkan banyak sekali materi yang bisa diakses oleh pemula data untuk memperluas pengetahuan dan keterampilan mereka dalam pengembangan perangkat lunak menggunakan bahasa pemrograman Python. Dalam bootcamp Python, pemula data dapat mengakses materi-materi yang mencakup berbagai topik penting seperti manipulasi data, analisis data, visualisasi data, pembelajaran mesin, dan pengembangan web, semuanya menggunakan Python sebagai tools utama.


Dengan menghadirkan materi-materi ini, bootcamp Python memungkinkan pemula data untuk memahami dasar-dasar pemrograman, prinsip-prinsip analisis data, dan konsep-konsep lanjutan seperti machine learning dan pengembangan web. Ini membantu mempersiapkan mereka untuk karier di berbagai bidang yang melibatkan pemrosesan dan analisis data, pengembangan perangkat lunak, dan lebih banyak lagi. 


Namun, ada satu konsep yang pemula data perlu tahu untuk dipelajari yaitu konsep break, continue dan pass pada bahasa pemrograman Python. Konsep ini tentu penting karena sebagai seorang praktisi data harus mengetahui alur eksekusi dari bahasa pemrograman Python. Tanpa berlama-lama lagi, yuk kita bahas langsung melalui artikel ini ya sahabat DQLab!


1. Konsep Break

Break merujuk pada instruksi penting dalam Python yang digunakan untuk menghentikan perulangan (looping) secara tiba-tiba saat suatu kondisi tertentu terpenuhi. Hal ini memungkinkan pengguna untuk keluar dari loop bahkan jika kondisi perulangan masih terpenuhi. Berikut adalah contoh sintaks dari konsep break

Python


Dari sintaks berikut dapat diartikan bahwa kita ingin mencari lima angka teratas yang ditandai dengan if i = 5. Dalam contoh di atas, ketika nilai i sama dengan 5, pernyataan break menyebabkan program keluar dari perulangan for, meskipun iterasi berikutnya masih memenuhi kondisi pengulangan. Dengan demikian, berdasarkan sintaks di atas maka dapat disimpulkan bahwa nilai angka tersebut menghasilkan angka mulai dari 0 hingga 4

Data Scientist


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Konsep Continue

Continue adalah pernyataan lain yang digunakan dalam Python untuk mengendalikan perulangan. Ketika Continue dieksekusi, iterasi saat ini dihentikan, dan program melanjutkan ke iterasi berikutnya dalam perulangan. Berikut adalah contoh sintaks dari konsep continue

Python


Dalam contoh di atas, ketika i adalah bilangan genap, pernyataan continue membuat program melompati iterasi saat ini dan melanjutkan ke iterasi berikutnya. Oleh karena itu, hanya bilangan ganjil yang akan dicetak. Maka dari itu, output yang dihasilkan adalah sebagai berikut

Python


3. Konsep Pass

Pass adalah pernyataan kosong dalam Python. Ini digunakan ketika sintaksis diperlukan secara mandatori oleh bahasa, tetapi tidak ada aksi yang diperlukan. Berikut adalah contoh sintaks dari konsep Pass:

Python


Dalam contoh di atas, ketika i sama dengan 2, pernyataan pass membuat program melanjutkan eksekusi ke bagian berikutnya dari perulangan tanpa melakukan apa pun. Ini mempertahankan struktur perulangan tetapi tidak melakukan tindakan tertentu saat kondisi terpenuhi. Maka dari itu, output yang dihasilkan adalah sebagai berikut

Python


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


4. Penggunaan Break, Continue, dan Pass dalam Pengembangan Software

Konsep Break, Continue, dan Pass sangat berguna dalam pengembangan perangkat lunak. Mereka memungkinkan pengendalian alur program yang lebih fleksibel dan tepat. Misalnya, Break sering digunakan untuk menghentikan proses pencarian saat item yang dicari ditemukan. Continue dapat digunakan untuk melewati iterasi yang tidak relevan dalam pengolahan data, sedangkan Pass memungkinkan penandaan tempat untuk menambahkan kode di masa mendatang tanpa mempengaruhi eksekusi saat ini. 


Dalam skenario pengembangan nyata, penggunaan yang tepat dari Break, Continue, dan Pass dapat membantu menghasilkan kode yang lebih bersih, efisien, dan mudah dimengerti.


Hai sahabat DQ, ingin jago dalam bahasa pemrograman Python? Atau bingung buat pilih bootcamp yang cocok dengan kebutuhan, kesibukan, dan ingin belajar lebih lanjut? Kalian bisa belajar melalui program Bootcamp Live Class yang disediakan oleh DQLab. Live Class adalah salah satu metode pembelajaran paling tepat yang ditawarkan DQLab agar Sahabat DQ bisa mulai belajar Python.


Tidak hanya Python, bahkan di sini kalian juga bisa belajar SQL yang juga menunjang pemahaman kalian di bidang Data Science. Apa saja manfaat mengikuti Live Class ini?


  • Variatif dan komplit. Variatif karena terdiri dari kelas pemula sampai advance. Komplit karena tidak hanya belajar teori tapi juga praktik. 

  • Materi dan rekaman dapat diakses selamanya.

  • Mendapatkan dukungan dari awal. Live Class memberikan kelas persiapan untuk memastikan kalian siap mengikuti kelas

  • Dibimbing dengan mentor berpengalaman.

  • Mendapatkan komunitas baru yang saling mendukung.


Tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan diri kalian atau Sign Up dan nikmati semua manfaat di atas, atau ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python!


Penulis: Reyvan Maulid



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login