3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 3 Jam 27 Menit 7 Detik

Kenali Machine Learning Model dan Prinsip Kerjanya

Belajar Data Science di Rumah 23-Januari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-07-2024-01-23-170047_x_Thumbnail800.jpg

Machine learning adalah salah satu cabang teknologi Artificial Intelligence yang sangat populer saat ini. Machine learning ini dapat populer karena, pekerjaan manusia lebih terbantu dengan adanya teknologi ini baik ketika kita sedang bekerja atau sedang beraktifitas sehari-hari. 


Machine learning ini adalah bidang keilmuan yang mampu membuat sebuah mesin untuk membuat sebuah keputusan secara otomatis dengan menggunakan cara berpikir layaknya manusia. Sebelum mesin ini dapat bekerja secara otomatis, mesin ini harus melalui proses belajar sebelumnya dengan menggunakan data-data sebelumnya agar bisa menemukan sebuah pola yang sesuai dan tepat. 


Dengan adanya pola yang tepat mesin akan jauh lebih mudah untuk membuat keputusannya sendiri. Nah, ketika kalian membuat machine learning ini pasti kalian akan menemui yang namanya machine learning model. Apa itu machine learning model? Nah, pada artikel kali ini kita akan membahasnya. Yuk, kita simak artikel berikut ini!


1. Pengertian Machine Learning Model

Machine learning model adalah sebuah program yang digunakan untuk menemukan pola yang sebelumnya tidak terlihat atau membuat keputusan dari kumpulan data. Machine learning model ini dibuat dengan menggunakan algoritma machine learning yang dilatih dengan menggunakan data berlabel, tidak berlabel, atau bisa juga menggunakan data campuran. Algoritma machine learning ini memiliki beberapa perbedaannya tergantung dari tujuan pemodelan dari suatu prediksi atau klasifikasi.

Machine Learning


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Cara Kerja Machine Learning Model

Machine learning model ini memiliki cara kerja dengan berdasarkan konsep training dari data. Pertama, machine learning model akan dilatih dengan menggunakan data-data yang memiliki isi contoh input dan juga output yang sudah diketahui. Kemudian mesin ini akan mencoba untuk mengidentifikasikan pola yang ada di dalam data ini.


Setelah melalui proses tersebut, mesin akan langsung masuk ke dalam proses pengujian dengan menggunakan data yang belum pernah dilihat sebelumnya. Hal ini memiliki tujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan prediksi atau pengambilan keputusan model tersebut. 


3. Training Machine Learning Model

Machine learning model ini memerlukan proses training terlebih dahulu untuk bisa bekerja secara otomatis. Jadi di dalam training machine learning model ini terdapat proses untuk menjalankan algoritma machine learning untuk bisa mengolah dataset yang sudah terbagi menjadi data training dan juga sudah mengoptimalkan algoritma di dalamnya untuk bisa menemukan sebuah pola tertentu. Nantinya terdapat sebuah fungsi yang akan dihasilkan dengan menggunakan aturan dan juga struktur data yang disebut dengan trained machine learning.

Machine Learning


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


4. Perbedaan Machine Learning Model

Di dalam machine learning ada tiga buah algoritma yang digunakan yaitu supervised learning, unsupervised learning, dan juga reinforcement learning. Ada banyak sekali model machine learning saat ini yang menariknya, hampir semuanya akan berdasarkan pada algoritma machine learning tertentu. Seperti contohnya kita ingin menggunakan algoritma supervised learning untuk klasifikasi dan juga regresi. Atau kita ingin menggunakan algoritma unsupervised learning untuk clustering data.


Gimana sahabat DQ? Nggak perlu khawatir jika kamu belum memiliki pengalaman tentang machine learning sebelumnya, kamu tetap bisa mengasah pemahaman mendasar kamu tentang machine learning, kamu bisa bergabung dalam modul DQLab yang berjudul “Basic Feature Discovering for Machine Learning” Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn.



Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab dan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner!

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :