LAST DAY PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!
0 Hari 0 Jam 8 Menit 39 Detik

Kenali Metode SQL Group By Beserta Interpretasinya

Belajar Data Science di Rumah 14-Juni-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/075199e3-7475-4ab8-a23f-7d2e785f681b-2023-06-15-131629_x_Thumbnail800.jpeg

Bahasa pemrograman SQL memiliki satu klausa yang dipakai dalam grouping suatu data. Sebut saja, SQL Group By. Klausa yang satu ini dapat membantu pengguna dalam menganalisis data dengan membaginya menjadi kelompok-kelompok yang relevan. Misalnya, Anda dapat menganalisis data penjualan berdasarkan wilayah geografis, waktu, kategori produk, atau atribut lainnya untuk memperoleh wawasan yang lebih baik tentang tren dan pola yang ada. 


SQL Group By dapat dikombinasikan dengan beragam cara untuk agregasi data misalnya menghitung jumlah, nilai rata-rata, nilai minimum, nilai maksimum, atau fungsi agregat lainnya pada setiap kelompok data yang terbentuk. Misalnya, Anda dapat menghitung total penjualan per kategori produk, rata-rata nilai transaksi per pelanggan, dll.


Dalam pengaplikasiannya, SQL Group By dapat dikombinasikan dengan berbagai metode. Adapun salah satu contohnya adalah SQL GROUP BY dengan menggunakan fungsi MAX. SQL Group By dengan fungsi MAX adalah metode yang digunakan untuk mengelompokkan baris berdasarkan satu atau beberapa kolom tertentu dalam tabel, sambil mengambil nilai maksimum dari kolom yang ditentukan dalam setiap kelompok. Dua fungsi ini dilakukan dalam rangka melakukan agregasi data dalam database. 


Lalu apa saja metode SQL Group By dengan fungsi MAX? Simak ulasan lengkapnya melalui artikel berikut ini yuk sahabat DQLab!


1. Apa itu GROUP BY dan MAX

Sebelum kita membahas lebih lanjut terkait SQL Group By dan MAX, nah kita akan jelaskan lebih rinci terkait apa itu GROUP BY sama MAX. SQL GROUP BY dan MAX adalah dua konsep terpisah dalam bahasa SQL yang sering digunakan bersamaan untuk melakukan agregasi dan analisis data. Berikut adalah penjelasan tentang kedua konsep tersebut:


SQL GROUP BY: GROUP BY adalah klausa dalam SQL yang digunakan untuk mengelompokkan baris-baris dalam sebuah tabel berdasarkan satu atau beberapa kolom tertentu. Ketika Anda menggunakan GROUP BY, baris-baris yang memiliki nilai yang sama dalam kolom-kolom yang ditentukan akan digabungkan menjadi satu kelompok. Ini memungkinkan Anda untuk melakukan operasi agregat pada setiap kelompok secara terpisah, seperti menghitung jumlah, nilai rata-rata, nilai minimum, nilai maksimum, dll.

SQL


SQL MAX: MAX adalah fungsi agregat dalam SQL yang digunakan untuk mengambil nilai maksimum dari suatu kolom dalam tabel atau dalam kelompok tertentu. Fungsi MAX secara khusus digunakan untuk mengambil nilai maksimum dari kolom numerik atau karakter dalam tabel.

SQL


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Mengambil Nilai Maksimum dari Satu kolom dalam Setiap Kelompok

SQL Group By punya beberapa metode. Metode pertama yaitu mengambil nilai Maksimum dari Satu kolom dalam Setiap Kelompok. Berikut adalah contohnya:

SQL

Contoh interpretasi: Misalkan Anda memiliki tabel "Produk" yang berisi informasi tentang berbagai produk dan harga mereka. Anda ingin mengetahui harga maksimum dari setiap jenis produk. Dengan menggunakan metode ini, Anda dapat mengelompokkan baris berdasarkan kolom "jenis_produk" dan mendapatkan harga maksimum dari setiap kelompok.


3. Mengambil Nilai Maksimum dari Beberapa kolom dalam Setiap Kelompok

Selain mengambil nilai maksimum dalam satu kolom, SQL Group By juga bisa mengambil nilai maksimum yang terdiri dari beberapa kolom pada setiap kelompok. Contohnya kalian bisa simak dibawah ini ya!

SQL

Contoh interpretasi: Misalkan Anda memiliki tabel "Penjualan" yang berisi data tentang penjualan produk per hari, per toko. Anda ingin mengetahui total penjualan maksimum dalam setiap hari di setiap toko. Dengan menggunakan metode ini, Anda dapat mengelompokkan baris berdasarkan kolom "tanggal" dan "toko" dan mendapatkan total penjualan maksimum dari setiap kelompok.


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


4. Mengambil nilai maksimum dari satu kolom dalam setiap kelompok bersama dengan kolom lainnya

Satu kolom sudah, beberapa kolom juga sudah. Namun apa jadinya jika SQL ini bisa mengambil nilai maksimum dalam satu kolom di setiap kelompok dan bersama juga dengan kolom lainnya? Oh tentu bisa dong. Kali ini kamu bisa ambil contohnya lewat potongan sintaks berikut ini

SQL

Contoh interpretasi: Misalkan Anda memiliki tabel "Pegawai" yang berisi informasi tentang departemen dan gaji pegawai. Anda ingin mengetahui gaji tertinggi dalam setiap departemen beserta detail pegawai yang menerimanya. Dengan menggunakan metode ini, Anda dapat mengelompokkan baris berdasarkan kolom "departemen" dan "gaji" dan mendapatkan gaji tertinggi dari setiap kelompok.


Dalam semua contoh di atas, klausa GROUP BY digunakan untuk mengelompokkan baris berdasarkan kolom tertentu. Fungsi agregat MAX kemudian diterapkan pada kolom yang ingin Anda ambil nilai maksimumnya dalam setiap kelompok. Hal ini memungkinkan Anda untuk melakukan agregasi data dan mengambil nilai maksimum yang relevan dalam setiap kelompok yang dibentuk oleh klausa GROUP BY.


Yuk persiapkan diri sebelum mengikuti pelatihan employee SQL bersama DQLab! DQLab adalah platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science dan Artificial Intelligence dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti R dan Python.


Menariknya, DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali.


Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti training corporate DQLab dengan klik tautan https://dqlab.id/b2b berikut untuk informasi lebih lengkapnya! Ingin akses semua modul DQLab? Yuk signup sekarang!


Penulis: Reyvan Maulid




Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login