PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 10 Jam 24 Menit 35 Detik 

Kenali Penerapan Data Science pada Bisnis di Era Digital

Belajar Data Science di Rumah 25-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e4164f639b2d191bee376c4eef9d91a3_x_Thumbnail800.jpg

Setelah melihat produk di e-commerce, muncul banyak iklan serupa dan merekomendaiskan produk serupa. Kamu pernah mengalami ini? Jika kamu gemar belanja pasti pernah ngalamin hal serupa. Ternyata itu salah satu penerapan data science lho! Pada era digital, data science sudah hampir diterapkan diberbagai bidang. Bahkan penerapannya sudah sering kita temui disekitar kita lho, salah satunya di e-commerce. 


Selain itu, Sahabat Data DQLab juga pasti pernah ngalamin ketika lagi sedang berbindang dan browsing tentang mengenai produk lain, tiba - tiba iklan yang muncul di media sosial kamu tentang produk serupa. Wah apakah benar ada cenayang digital yang bisa mendengar percakapan kita ya? Tidak ya, itu merupakan salah satu bentuk implementasi machine learning di dunia digital yang biasa disebut recommender system. Semua itu terjadi karena adanya data yang terbentuk dari setiap kegiatan yang dilakukan. Apa aja sih peran data science di era digital ini? Yuk simak disini!


1. Fitur Search Produk 

Seseorang akan menggunakan fitur ini untuk menemukan produk yang mereka mau. Misal, si A mencari kaos dengan menggunakan keyword œkaos polos. Kegiatan ini akan dicatat dan dilihat apa yang sedang dicari beberapa saat terakhir. Lalu e - commerce dan media sosial akan menampilkan iklan kaos polos dan produk yang kamu cari beberapa saat terakhir. Hasilnya, user merasa lebih di mudahkan dalam mencari produk. 


Baca Juga : Penerapan Algoritma Machine Learning dalam E-Commerce 


2. Fitur Produk Serupa

Untuk Sahabat Data DQLab yang sering belanja, pasti pernah lihat kan? Biasanya ditempatkan dibagian bawah setelah datail produk. Dengan adanya fitur ini akan membantu customer untuk memilih produk dengan pertimbangan rating, harga, star seller, dan ketersediaan stok. Produk serupa muncul berdasarkan data dari spesifikasi produk, yang akan memudahkan customer akan dengan mudah dalam memilih produk terbaik.


3. Rekap Riwayat Pemesanan

Sahabat Data DQLab sadar tidak pencarian populer di si oren, rata - rata merupakan rekapan riwayat pemesanan kita lho! Ada juga produk yang tidak jadi kita beli, namun muncul di pencarian populer. Kan jadi keinget lagi ya? Emang konsepnya seperti itu. Machine Learning akan mengingatkan riwayat pembelian dan memberikan saran produk yang sama kepada customer agar kita kembali mengunjungi produk tersebut.


Baca Juga : Belajar Recommender System dengan Python Bersama DQLab 


4. Yuk Ikut Terapin Data Science di Dunia Digital!

Sahabat Data DQLab bisa mulai dengan memanfaatkan modul gratis yang tersedia di DQLab yaitu œIntroduction to Data Science with Python. Memahami dasar python erupakan langkah awal belajar machine learning. Selain itu, kamu juga akan mendapat module gratis œIntroduction to Data Science with R dan latihan pembuatan project. Semua bisa kamu dapatkan dengan sign up GRATIS di DQLab.id. Selamat berjuang! 



Penulis : Lathifa Lisa


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :