PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

0 Hari 7 Jam 15 Menit 20 Detik

Kenali Penerapan Data Science, Profesi yang Sedang Naik Daun

Belajar Data Science di Rumah 07-Februari-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/196818f75d9aa848a2d2e064661e131b_x_Thumbnail800.jpg

Tidak bisa dipungkiri, perkembangan zaman dan teknologi yang begitu cepat membuat bidang Data Science menjadi bidang yang paling banyak dilirik. Tidak hanya oleh mereka yang berasal dari background pendidikan matematika/statistika, ilmu komputer, dan teknik, bahkan orang-orang dari background pendidikan lain pun mulai menjadikan Data Science sebagai sebuah ilmu yang wajib untuk dikuasai.

Jika selama ini kita membayangkan bahwa Data Science hanya bisa diterapkan dalam perusahaan besar saja, itu salah besar. Nyata nya dalam kehidupan kita sehari-hari pun kita kerap kali menerapkan ilmu Data Science secara sadar ataupun tidak. Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai penerapan Data Science yang kemungkinan besar sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Penasaran kan? Check this out!

1. Menarik kesimpulan Hanya dari Review Produk

Berkembangnya zaman membuat segala sesuatu menjadi lebih mudah. Siapa yang tidak mengenal belanja secara online? Hal tersebut dapat memudahkan kita untuk mendapatkan produk tanpa harus bertatap muka secara langsung dengan penjual. Untuk memilih produk mana yang akan dibeli, tentunya tidak jarang kita akan memperhatikan review produk. Nah, dengan Data Science, kita dapat menyimpulkan review dari produk yang akan kita beli tersebut secara keseluruhan lebih condong ke arah review positif, negatif, atau bahkan netral tanpa harus membacanya secara satu per satu. Dalam Data Science, hal ini dikenal dengan Sentiment Analysis.

Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist

2. Posisi Peletakan Barang di Minimarket

Posisi peletakan barang menjadi sesuatu yang sangat penting untuk diperhatikan. Tentunya peletakan coklat atau permen yang menarik perhatian di dekat kasir tidak dilakukan tanpa alasan yang jelas. Atau peletakan pasta gigi yang selalu dekat dengan mouthwash dan sikat gigi juga bukan tanpa alasan. Data Science dapat digunakan untuk menentukan posisi peletakan barang berdasarkan dari history transaksi yang telah dilakukan oleh pelanggan sebelumnya. Posisi peletakan barang ini sangat mempengaruhi jumlah barang yang akan terjual. 

3. Pilihan Paket Diskon di Restoran Cepat Saji

Makanan cepat saji menjadi pilihan banyak orang ketika sedang ingin memakan sesuatu yang praktis dan cepat. Tentunya tidak jarang kita melihat banyak promo paketan yang disediakan oleh restoran cepat saji. Selain untuk meminimalisir makanan yang dibuang karena tidak sesuai selera, paket diskon ini juga dapat membuat barang yang terjual menjadi lebih cepat dalam satu transaksi. Dengan menggunakan Data Science, proses pengelompokkan jenis customer akan menjadi lebih cepat dan efisien. Dalam Data Science hal ini dikenal dengan Customer Segmentation.

Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar

4. Yuk, BELAJAR DATA SCIENCE GRATIS DI DQLAB SELAMA 1 BULAN                                         


Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri




Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login