GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 0 Jam 57 Menit 8 Detik 

Kenali Pengaplikasian Data Science pada Marketplace

Belajar Data Science di Rumah 07-April-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/17b335f4b35980842180681ffd2b0f67_x_Thumbnail800.jpg

Data science adalah ilmu yang mempelajari tentang data mulai dari proses pengumpulan data, pembersihan data, pengolahan data, analisis data sampai presentasi hasil analisis data. Penerapan data science saat ini pun sudah sangat sering kita jumpai dalam keseharian kita, mulai dari bidang teknologi, kesehatan, pendidikan, pemasaran, ekonomi, dan lainnya. Dengan demikian, tidak heran jika profesi data scientist, orang yang menerapkan ilmu data science menjadi salah satu profesi yang ;paling diminati masa kini, terutama bagi para milenial. 


Mempelajari data science bukanlah hanya mempelajari satu bidang ilmu saja, akan tetapi berbagai bidang ilmu. Hal ini dikarenakan data science sendiri merupakan kombinasi dari beberapa ilmu seperti bahasa pemrograman, statistika, matematika, data mining, machine learning, analitik. Mempelajari data science akan sangat bermanfaat dikarenakan saat ini kebutuhan pemahaman data science sangat diperlukan namun masih kurang sebanding dengan orang yang benar-benar berniat belajar data science. Kira-kira apa saja ya penerapan data science pada berbagai sektor?


1. Pengertian Marketplace

Perkembangan dunia digital dan mudahnya internet untuk diakses ini menjadi salah satu faktor banyaknya transaksi online yang dapat dijumpai dalam keseharian. terdapat berbagai macam media transaksi online, seperti toko online, e-commerce dan marketplace. Walaupun sama-sama berisikan jual beli secara online, namun terdapat perbedaan dari ketiganya. Toko online biasanya merujuk pada toko tunggan, bukan tempat berkumpulnya penjual, e-commerce merupakan website yang digunakan untuk menjual produk dari pemilik website, sedangkan marketplace adalah platform bagi para penjual untuk menjual barang atau jasa walaupun tidak bertemu secara langsung.

data science


Baca juga: 3 Algoritma dalam Data Science yang Penting Diketahui


2. Pencarian Produk

Ketika membuka aplikasi marketplace, tentunya pengguna memiliki tujuan untuk mencari atau membeli produk tertentu. Dengan demikian fitur pencarian produk menjadi fitur utama dalam marketplace. Sebagai contoh jika pengguna ingin mencari produk celana panjang, maka cukup mengetikkan keyword celana panjang dalam kolom pencarian maka setelah itu akan muncul beberapa tampilan produk celana panjang dari berbagai toko yang terdaftar di marketplace tersebut.

Data Science


3. Fitur Chatbot

Chatbot adalah program buatan berbasis artificial intelligence (AI). Chatbot bekerja dengan cara mengandalkan keyword yang sudah ditentukan oleh sistem. Adapun pemgaplikasiannya, setiap chatbot mendaatkan pertanyaan dari pengguna maka chatbot akan membalas pertanyaan tersebut secara otomatis. Fitur chatbot ini sangat penting dalam dunia bisnis dikarenakan dapat membantu proses interaksi dengan pelanggan. Bahkan fitur chatbot pun dapat membalas dengan sangat cepat sehingga dapat memudahkan penjual dalam membalas chat pembeli.


data science


4. Riwayat Pemesanan

Setiap transaksi jual beli yang dilakukan dalam marketplace memiliki catatan riwayat pemesanan atau riwayat pembelian. Hal ini memberikan beberapa manfaat seperti mengetahui produk apa saja yang pernah dibeli sehingga memudahkan pengguna jika ingin membelinya lagi. Selain itu dengan adanya riwayat pemesanan, beberapa produk serupa dengan yang pernah dicari atau dibeli biasanya akan muncul sebagai rekomendasi produk. Bagaimana? penerapan data science telah kita rasakan dalam keseharian bukan?

Data Science


Baca juga: Memahami Keunggulan dan Manfaat Data Science dalam Dunia Bisnis


5. Kenali dan Pelajari Dasar Data Science di DQLab!

Data science saat ini bukanlah ilmu yang langka atau susah untuk dipelajari. Data science merupakan gabungan dari beberapa ilmu seperti matematika, statistika, bahasa pemrograman, manajemen bisnis. Belajar data science pun kini dapat dilakukan dengan mudah, salah satunya adalah dengan mengerjakan free module dari DQLab.


Mulai dari mengerjakan free modul di DQLab, Sahabat DQ akan mengetahui mulai dari fundamental data science dan bahkan bisa dilanjutkan ke tingkat selanjutnya. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!