TIKET DQGRATIS UNTUK KAMU!
Sesi Belajar Excel Basic hingga Visualisasi Data Sederhana bersama DQLab  
DAFTAR SEKARANG
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 15 Jam 53 Menit 21 Detik 

Yuk, Kenali Perbedaan Scientist dengan Data Analyst

Belajar Data Science di Rumah 19-Mei-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1e22eae740f720f1db49adde50d0ef07_x_Thumbnail800.jpg

Ilmu data atau yang biasa dikenal dengan data science merupakan disiplin ilmu yang mempelajari tentang data khususnya data kuantitatif baik itu terstruktur maupun tidak. Adapun orang yang melakukan penerapan ilmu data science disebut dengan data scientist. Selain ata scientist terdapat beberapa profesi yang serupa namun sebenarnya berbeda, seperti data analyst dan data engineer. Pada bagian ini kita akan mengetahui perbedaan data scientist vs data analyst.


Data scientist dan data analyst secara umum memiliki tugas dan peran yang sama, antara lain sama-sama menganalisis data. Data scientist merupakan sebuah profesi yang bertugas melakukan proses analisis data menggunakan berbagai algoritma, sedangkan data analyst hampir sama dengan data scientist namun data analyst perlu memahami bahasa pemrograman. Yuk, kita cari tahu lebih dalam terkait perbedaan antara data scientist dengan data analyst!


1. Data Scientist

Data scientist merupakan seseorang yang menganalisis data serta menafsirkan kumpulan data yang kompleks. data scientist menganalisis data menggunakan metode-metode yang sesuai dengan permasalahan data sehingga menemukan solusinya. data scientist bertugas mulai dari proses pengumpulan data, pengolahan data sampai menganalisis data dalam jumlah besar. Ilmu-ilmu yang berperan penting diantaranya adalah ilmu statistik, pemrogramanan dan pengetahuan bisnis.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Data Analyst

Data analyst merupakan seseorang yang bertanggung jawab untuk mengolah data, mengambil kesimpulan sampai dengan memvisualisasikan data serta menginterpretasikannya. Seorang data analyst tidak perlu lebih memahami bahasa pemrograman dibandingkan dengan data scientist. Namun akan menjadi lebih memudahkan pekerjaan seorang data analyst jika memiliki pengetahuan bahasa pemrograman yang cukup baik.



3. Peran dan Tanggung Jawab

Pada bagian sebelumnya kita telah mengetahui sedikit perbedaan antara data scientist dengan data analyst. Pada bagian ini kita akan mengenali apa saja perbedaan peran dan tanggung jawab dari keduanya. Data scientist memiliki peran dan tanggung jawab membersihkan, memproses dan mengolah data besar serta mengoptimalkan penggunaan machine learning. Adapun data analyst memiliki peran dan tanggung jawab membersihkan, menganalisis, membuat visualisasi dan presentasi melalui laporan serta bekerja dengan tim manajemen untuk mengetahui kebutuhan bisnis.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       


Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


    Penulis : Latifah Uswatun

    Editor : Annissa Widya Davita


      Postingan Terkait

      Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!