FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 3 Jam 37 Menit 50 Detik 

Kenali Potensi Diri dengan DISC untuk Jadi Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 04-April-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/11cac06e69c3801890790dc95296c70d_x_Thumbnail800.jpg

data scientist


Salah satu cara menjadi data scientist adalah dengan mengenali potensi diri yang Sahabat DQ punya. Saat ini banyak sekali tes berbasis psikologi diri yang bisa mengenalkan hal tersebut, salah satunya adalah DISC. Penilaian DISC adalah penilaian perilaku yang terkadang digunakan bisnis dan organisasi lain untuk menentukan kekuatan dan kelemahan kepemimpinan karyawan dan manajer. Ini bertujuan untuk memberikan lebih banyak kesadaran diri dan wawasan, berpotensi meningkatkan operasi dan kerja tim. Psikolog William Moulton Marston pertama kali menguraikan model perilaku DISC dalam bukunya tahun 1928, Emotions of Normal People.


Menurut blog Personality Profile Solutions, DiSC Profile, teori Marston adalah bahwa ekspresi perilaku emosi dapat dikategorikan ke dalam empat jenis: Dominance, Inducement, Submission, dan Compliance. Jenis ekspresi emosi ini didasarkan pada persepsi diri seseorang dalam hubungannya dengan lingkungannya.  Dalam dekade berikutnya, pengembangan beberapa penilaian menggunakan teori Marston, yang akhirnya mengarah pada penilaian DISC berbasis modern. Sehingga, terdapat perubahan menjadi Dominance, Influence, Steadiness, dan Conscientiousness.


Sebagai seorang calon praktisi data, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk hal ini, karena proses penilaian ini akan selalu ada dalam setiap tahapan interview pencarian kerja. Ada beberapa kandidat yang dinilai cocok untuk melakukan kerja sama ataupun tidak cocok untuk bekerja sama dengan team. Sehingga ini menjadi salah satu point krusial selain value ability Sahabat DQ.


Nah, penasaran dengan DISC secara lebih jauh? Yuk kenali bersama DQLab!

data scientist


1. Dominasi atau Dominance

Seseorang dengan gaya Dominance (D) ingin membentuk lingkungan mereka dengan mengatasi oposisi untuk mencapai hasil. Mereka menghargai kepercayaan diri dan fokus pada intinya.

  • Ciri-ciri: Karyawan ini umumnya blak-blakan, langsung, tegas, berkemauan keras, terdorong, serba cepat, dan percaya diri.
  • Perilaku: Mereka melihat gambaran besar, menerima tantangan dan langsung ke intinya.
  • Gaya: Mereka memerintah, tegas dan perintis.
  • Peningkatan: Mereka perlu melatih kesabaran, kepekaan, kemampuan untuk melihat detail dan kemampuan untuk memungkinkan pertimbangan.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Pengaruh atau Influence

Seseorang dengan gaya Influence (i) terkemuka bertujuan untuk membentuk lingkungan mereka dengan membujuk orang lain. Orang ini menghargai keterbukaan, persahabatan, dan membangun hubungan.

  • Sifat: Seseorang dengan gaya i cenderung antusias, optimis, meyakinkan, hangat, dan percaya.
  • Perilaku: Mereka suka berkolaborasi; mereka tidak suka diabaikan, dan takut tidak disetujui atau kehilangan pengaruh.
  • Gaya: Gaya kepemimpinan mereka memberi energi, perintis, dan penegasan.
  • Peningkatan: Mereka perlu bekerja untuk menindaklanjuti, berbicara langsung dan terus terang, dan meneliti semua fakta.


3. Kemantapan atau Steadiness

Seseorang dengan gaya Steadiness (S) ingin bekerja dengan orang lain dalam keadaan yang ada untuk melaksanakan tugas. Mereka menghargai kerja sama, ketulusan, dan ketergantungan. 

  • Sifat: Seseorang dengan gaya S biasanya tenang, sabar, berhati-hati, konsisten, dan akomodatif.
  • Perilaku: Mereka memberikan tindakan yang mendukung; mereka tidak suka terburu-buru dan cenderung menghindari perubahan.
  • Gaya: Gaya kepemimpinan mereka inklusif, rendah hati, dan tegas.
  • Peningkatan: Mereka perlu bekerja untuk beradaptasi dengan perubahan, melakukan banyak tugas, dan menghadapi orang lain.


4. Kesadaran atau Conscientiousness

Karyawan dengan gaya Conscientiousness (C) sebagian besar ingin bekerja dengan hati-hati dalam keadaan yang ada untuk memastikan kualitas dan akurasi. Orang ini menghargai keahlian, kompetensi, dan penalaran objektif. (Pelajari lebih lanjut tentang gaya Kesadaran.)

  • Sifat: Karyawan dengan gaya C umumnya mandiri, analitis, hati-hati, hati-hati, sistematis, diplomatis, dan bijaksana.
  • Perilaku: Mereka menjaga stabilitas, menginginkan detail, menantang asumsi, dan takut dikritik dan salah.
  • Gaya: Gaya kepemimpinan mereka disengaja, rendah hati, dan tegas.
  • Peningkatan: Mereka perlu bekerja dalam mendelegasikan, berkompromi, dan membuat keputusan cepat.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


5. Bagaimana dengan DISC Sahabat DQ? 

Nah sambil mengenali bagaimana karakteristik sahabat DQ, yuk ikuti perjalanan belajar Senja dan Aksara dalam proses belajar data dengan modul interaktif dan mudah dipahami. Jangan sampai kelewatan dengan project DQLab untuk bangun portfolio data sekarang!


Belajar Data untuk awali karir sebagai praktisi data yang cemerlang dan terkonsep, yuk signup di DQLab!


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :