DOBEL DISKON 95% + 10% SPESIAL PROMO PUNCAK 7.7!
Belajar Data Science Paket Premium cuma 6 Bulan Hanya 177K!
SERBU SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 9 Jam 8 Menit 45 Detik 

Kenali Python dan Hal-hal Yang Perlu Diketahui Bagi Pemula

Belajar Data Science di Rumah 06-Mei-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/77922f7374139d8fbc3d38797f4592d0_x_Thumbnail800.jpg

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sedang booming saat ini. Python sering digunakan oleh programmer sebagai dasar pembuatan aplikasi, digunakan oleh data scientist atau data analyst untuk analisis data dan masih banyak lainnya. Terkenalnya bahasa Python ini menarik minat bagi pemula untuk belajar Python. Python pun tidak hanya diminati bagi orang-orang yang memiliki background IT atau basic matematika dan statistika, melainkan diminati pula oleh orang-orang dari latar belakang pendidikan lainnya.


Belajar bahasa pemrograman Python hampir sama dengan mempelajari bahasa pemrograman lainnya. Untuk dapat semakin terlatih dalam bahasa ini tentunya kita juga perlu belajar dan berlatih secara konsisten dan fokus. Dimulai dari belajar dasar-dasar bahasa pemrograman sampai dengan berlatih dengan dataset yang besar. Dengan berlatih menggunakan dataset, secara langsung dan tidak langsung akan menambah pengetahuan kita terkait pengaplikasian bahasa Python tersebut.


1. Dasar-dasar Bahasa Pemrograman Python


Ketika seseorang ingin mempelajari sesuatu tentunya sebaiknya memahami dasarnya terlebih dahulu bukan? Nah, begitu pula dalam mempelajari bahasa pemrograman Python. Kita perlu mengetahui dasar-dasarnya, antara lain kita perlu memahami cara menulis atau membuat skrip Python, menjalankan skrip, menggunakan library-library yang tersedia, memahami operasi-operasi dasar, aturan penulisan sintaks Python, variabel dan tipe data dalam Python, mengambil input dan menampilkan output, dan hal-hal dasar lainnya.


Baca juga : Belajar Data Science: Kenali Dasar Bahasa Pemrograman Python yang Cocok bagi Pemula


2. Kelebihan dan Kekurangan Bahasa Pemrograman Python


Setiap bahasa pemrograman tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kelebihan dan kekurangan tersebut lah yang menjadi acuan untuk penggunaan bahasa tersebut sesuai kebutuhan pengguna. Kelebihan bahasa Python adalah open source, mudah dipelajari karena sintaksnya cukup sederhana, mudah diaplikasikan dalam mengembangkan produk, serta fleksibel karena dapat digunakan oleh hampir semua sistem operasi. Adapun kekurangan bahasa Python adalah kurangnya dukungan multiprosesor, lebih sedikit developers yang berpengalaman jika dibandingkan dengan Java. Selain itu Python juga tidak ideal untuk memory intensive task


3. Kegunaan Bahasa Pemrograman Python


Pada bagian sebelumnya kita telah mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan bahasa pemrograman Python. Selanjutnya kita akan mengenali kegunaan bahasa pemrograman Python, antara lain untuk pengembangan website, pengembangan Internet of Things (IoT), penambangan data atau data mining, pengembangan machine learning, pengembangan game, serta dapat diaplikasikan pula untuk pengembangan fintech dan masih banyak lainnya.


Baca juga :  Python : Kenali 3 Buku yang Akan Mempercepat Kamu Dalam Belajar Python


4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       


Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


    Penulis : Latifah Uswatun

    Editor : Annissa Widya Davita


      Postingan Terkait

      Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!