Buat Akun DQLab & Akses kelas Data Science R, Python, SQL, Excel GRATIS
 SIGNUP GRATIS

Kenali Query Dasar MySQL yang Dapat Dipelajari Pemula

Belajar Data Science di Rumah 23-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e790da4ef18fb0d67729831c42ddc8ba_x_Thumbnail800.png

MySQL menjadi salah satu skill yang perlu dikuasai bagi Data Scientist dan praktisi data karena MySQL sering digunakan dalam pembuatan project situs web. MySQL atau terkadang orang-orang menyebutnya ‘my sequel’ atau lainnya adalah sistem manajemen berbasis data relasional bersifat open-source atau sumber terbuka. MySQL akan memprioritaskan kecepatan, keandalan, dan juga kegunaan. Belajar query MySQL merupakan hal dasar dan penting agar membantu pembelajaran kepada tingkat yang lebih lanjut. Database adalah elemen penting yang mampu menyimpan data yang dimiliki dan digunakan untuk berbagai kepentingan. Pada pengolahan database menggunakan query MySQL yang berbeda dan sesuai dengan jenis data. Pada artikel DQLab kali ini akan mengenal query MySQL dasar yang bisa digunakan bagi pemula untuk melatih pembelajarannya. Yuk, simak penjelasannya berikut!


1. INSERT

Query INSERT merupakan salah satu kegiatan yang sering digunakan, karena cara kerjanya yaitu dengan menambahkan sebuah data kedalam tabel di MySQL. Pada INSERT dapat memungkinkan untuk menyisipkan satu atau lebih baris ke dalam tabel. Adapun syntax dari pernyataan INSERT berikut:


INSERT INTO nama_tabel(‘nama_field’, ‘nama_field’, ‘nama_field’, ‘dst’)  VALUES(‘value_masukan’, ‘value_masukan’, ‘dst’);


Contoh penggunaannya pada data pasien:


Nama: Juki

Kota: Bandung

Negara: Indonesia


Maka perintahnya adalah:


INSERT INTO patients(‘nama’, ‘kota’, ‘negara’) VALUES(‘Juki’, ‘Bandung’, ‘Indonesia’);


Pada syntax, dimulai dengan kata kunci INSERT INTO sehingga dapat menginformasikan server MySQL tentang jenis aktivitas yang akan dilakukan. Hal ini, menjadikan kata kunci yang sangat wajib dan tidak dapat dihilangkan. 


Baca juga : Belajar Query MySQL Dasar yang Wajib Kamu Tahu Khususnya Untuk Pemula


2. UPDATE

Pada query UPDATE digunakan untuk mengubah ataupun memperbaharui pada data dalam tabel MySQL. Pernyataan pada MySQL UPDATE ini terdapat tiga syntax namun penggunaannya tergantung pada jenis UPDATE atau pembaharuan yang ingin dilakukan. Berikut penulisan UPDATE syntax yang bisa digunakan:


UPDATE nama_tabel SET kolom1 = nilai1’, kolom2 = nilai2’, kolom3 = nilai3’, dst.. WHERE kolom = nilai;


Adapun contoh penggunaannya, jika ingin mengganti nama Juki menjadi Ahmad Juki:


ID: 3

Nama : Juki

Jenis kelamin: Laki-laki

Kota: Bandung


Maka perintahnya sederhananya adalah:


UPDATE patients SET nama=’Ahmad Juki’, where id_patients = 3;


Outputnya akan berubah menjadi Ahmad Juki pada table MySQL. Perlu diingat untuk sahabat data DQLab setiap mengubah data dengan UPDATE maka perlunya untuk menambahkan WHERE di akhir pembaharuan agar tidak mengubah record secara keseluruhan.


3. DELETE

Terkadang ketika kamu sedang memasukan data, ada data yang harus dihapus atau data yang tidak diperlukan sekalipun. Perintah MySQL DELETE dapat membantu untuk menghapus satau atau bahkan seluruh baris dari tabel dan mengembalikan jumlah baris yang dihapus, perintah DELETE juga menghapus data sementara atau sudah lama dalam database. Berikut penggunaan DELETE dalam MySQL:


DELETE FROM ‘nama_table’ WHERE ‘nama_field’ = ‘nama_value’;


Sebagai contoh menggunakan data pasien pada poin 2:


DELETE FROM patients WHERE ‘Juki’; 


Pada WHERE merupakan sebuah opsional dan digunakan apabila benar-benar ingin menghapus setia baris dari tabel. Sama halnya dengan UPDATE, pada klausa DELETE harus diakhiri dengan WHERE dalam penggunaannya agar tidak menyebabkan seluruh record yang telah dimasukkan terhapus.


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


4. Yuk, Tingkatkan Pembelajaran MySQL bersama dengan DQLab!

Pada poin diatas merupakan beberapa dari query dasar digunakan. Jika kamu ingin mempelajari dan memahami query lainnya kamu bisa belajar bersama DQLab! Di DQLab menawarkan materi yang lengkap dan sesuai dengan kebutuhan industri. Latar belakang pendidikan bukanlah menjadi hambatan buat sahabat Data DQLab untuk belajar dan mengenali MySQL serta penggunaannya. 


Untuk lebih lanjutnya, kamu bisa signup di DQLab.id dengan membuat akun gratis dan menikmati pengalaman belajar yang aplikatif dan fun serta mengakses module “Introduction to Data Science with R” atau “Introduction to Data Science with Python”. Jangan lewatkan kesempatan untuk memperdalam ilmu-ilmunya dan implementasikan dengan membangun project bersama DQLab!

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!