Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Kenali Ragam Fungsi Excel yang Wajib Kamu Coba

Belajar Data Science di Rumah 03-Juli-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-jumat-08-2023-07-03-203754_x_Thumbnail800.jpg

Software microsoft excel dikenal dengan memiliki rumus yang begitu banyak dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Excel merupakan salah satu software yang dikenal sebagai spreadsheet yang dapat membantu pengguna dalam menghitung, menganalisis dan merepresentasikan data. Dalam excel tersedia berbagai macam fitur yang dapat digunakan. Ragam fungsi excel pun tersedia dengan berbagai macam seperti untuk perhitungan aritmatika, pengolahan data, visualisasi data, dan lainnya.


Perkembangan internet yang semakin pesat ini memberikan berbagai dampak di berbagai bidang. Dalam bidang data, dengan adanya perkembangan internet ini data tersedia begitu besar dan cepat. Keberadaan data ini perlu dianalisis dengan lebih lanjut agar menghasilkan informasi yang berguna bagi perusahaan. Salah satu software yang dapat digunakan untuk proses analisis data antara lain microsoft excel. Software ini telah dikenal banyak orang dan sering digunakan untuk kepentingan tertentu. Pada artikel kali ini kita akan mengenali berbagai macam fungsi excel.


1. AVERAGE

Rumus Average merupakan salah satu rumus excel yang sering digunakan dalam perhitungan matematika. Sebagai contoh mudah seorang guru yang merekap nilai siswanya mulai dari menentukan nilai tertinggi, nilai terendah, dan mencari nilai rata-rata. Untuk mempermudah pekerjaannya dengan banyaknya data jumlah siswa yang ada, pengguna dapat menerapkan rumus Average dalam excel sehingga tidak perlu menghitungnya dengan cara manual.

 Excel



Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. UPPER dan LOWER

Sebagian besar orang mengira bahwa microsoft excel hanya bisa digunakan untuk keperluan data numerik saja. Padahal, microsoft excel pun dapat digunakan untuk data yang bersifat non numerik. Sebagai contoh mudah, pengguna dapat mengubah semua huruf kecil menjadi huruf kapital hanya dengan mengetikkan rumus tertentu. Begitu pula sebaliknya, pengguna juga dapat mengubah huruf kapital menjadi huruf kecil dengan mudah. Perhatikan contoh berikut.

Excel


3. COUNT

Pada data excel, ada kalanya setiap baris dalam data tidak selalu terisi dengan angka. Untuk mengetahui ada berapa sel yang terisi dengan angka, pengguna dapat menerapkan rumus count, yaitu rumus dalam excel yang dapat digunakan untuk menghitung jumlah sel yang berisi angka. Dengan demikian pengguna tidak perlu menghitung secara satu persatu sel mana saja yang berisi angka. RUmus umum dari count adalah =COUNT(value1:value2). Berikut contoh mudah menggunakan rumus count.

Excel


4. SUMIF

Aplikasi Microsoft Excel bisa digunakan untuk membantu perhitungan operasi aritmatika, salah satunya adalah dengan menggunakan rumus penjumlahan. Penjumlahan dalam excel bisa menggunakan penjumlahan biasa maupun penjumlahan bersyarat. Untuk penjumlahan biasa dapat menggunakan rumus SUM, sedangkan untuk penjumlahan bersyarat dapat menggunakan rumus SUMIF. Pada rumus SUMIF, pengguna menjumlahkan data namun data yang akan dijumlahkan harus memiliki syarat tertentu.

Excel


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


Penggunaan rumus excel menjadi salah satu alasan utama seseorang menggunakan sofware excel ini. Kamu bisa mempelajari beberapa rumus dasar excel di DQLab


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Data Analyst with Excel sekarang! 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login