SUPER 6.6 SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 120K!

0 Hari 5 Jam 36 Menit 31 Detik

Kenali Risiko Serius dari SQL Injection

Belajar Data Science di Rumah 16-Agustus-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-06-2-2023-08-18-130633_x_Thumbnail800.jpg

SQL injection merupakan ancaman serius yang dapat merusak bisnis, mencuri data sensitif, bahkan menghancurkan reputasi. Dalam perkembangan dunia yang serba digital, kejahatan yang melibatkan keamanan data semakin mengkhawatirkan. Kita pasti sering mendengar tentang orang yang kehilangan uang karena aplikasi mobile banking nya diakses secara ilegal. Atau mungkin adanya penghancuran reputasi dengan berpura-pura menjadi kita untuk memeras orang-orang terdekat.


Salah satu risiko paling serius yang mengancam aplikasi web adalah SQL injection. Penting bagi organisasi untuk memahami potensi bahaya dari SQL injection dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat untuk melindungi aplikasi web dan data mereka dari ancaman ini. Namun sebelumnya, kita perlu mengetahui apa saja risiko yang terkait dengan SQL Injection. Yuk, simak pembahasannya!


1. Kehilangan Data Sensitif

Kehilangan data sensitif menjadi salah satu risiko paling signifikan dari SQL injection. Jika serangan berhasil, maka penyerang dapat dengan mudah mengakses informasi rahasia seperti informasi akun, data keuangan, atau detail pengguna lainnya yang dapat digunakan untuk tujuan yang tidak benar. Misalnya, dalam kasus di mana input tidak divalidasi dengan benar, penyerang dapat memasukkan perintah SQL yang menampilkan data seluruh tabel dari database, sehingga hal ini akan digunakan untuk menemukan informasi sensitif.


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Pembaruan Data Tidak Sah

Serangan SQL injection juga dapat mengakibatkan pembaruan data yang tidak sah. Penyerang dapat merusak integritas data atau memasukkan data palsu ke dalam tabel dengan memanipulasi perintah SQL yang dieksekusi oleh server database. Hal ini akan berdampak pada aplikasi web dan bisnis yang bisa mengalami kerugian finansial dan reputasi, terutama jika data yang rusak digunakan untuk mengambil keputusan bisnis kritis. Tentu saja ini berbahaya, mengingat data saat ini banyak digunakan oleh para stakeholder dalam membuat keputusan.


3.Akses Ilegal dan Eskalasi Hak

Dengan melakukan SQL injection, maka penyerang bisa mendapatkan akses ilegal ke aplikasi web dan basis data yang digunakan. Sehingga penyerang bisa memanipulasi permintaan atau menghindari autentikasi, serta mereka bisa mendapatkan akses ke fitur atau data yang seharusnya tidak mereka miliki. Dalam beberapa kasus, serangan SQL injection bahkan dapat mengakibatkan eskalasi hak, di mana penyerang mendapatkan hak akses yang lebih tinggi daripada yang seharusnya.


4. Kerusakan Reputasi dan Kehilangan Kepercayaan

Saat ini, reputasi dan kredibilitas suatu perusahaan bisa dilihat dari website nya. Aplikasi web yang menjadi korban serangan SQL injection dapat memberikan dampak yang luas, tidak hanya aspek teknis. Misalnya saja kerugian reputasi yang signifikan bagi bisnis. Pelanggan dan pengguna yang merasa bahwa data pribadi mereka tidak aman mungkin akan kehilangan kepercayaan pada layanan atau produk perusahaan tersebut. Dalam era di mana privasi data menjadi sangat penting, kerugian kepercayaan seperti itu dapat memiliki dampak jangka panjang pada pertumbuhan dan kelangsungan bisnis tersebut.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


SQL Injection merupakan ancaman serius bagi keamanan aplikasi web. Memahami risiko dari SQL Injection membuat kita bisa mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat untuk melindungi aplikasi dan data sensitif dari serangan. Sebelum mulai mempelajari hal rumit seperti SQL Injection, kamu mungkin bisa mulai dari belajar SQL terlebih dahulu.


Eits, kamu gak perlu bingung harus belajar SQL dimana karena DQLab juga menyediakan modul SQL yang sangat cocok bagi pemula. DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Selain itu, Bootcamp Data Analyst with SQL and Python juga termasuk kelas yang direkomendasikan bagi pemula yang ingin melakukan pembelajaran data untuk menjadi seorang Data Analyst. Tentunya nanti kita akan dihadapkan dengan study case yang bisa menambah portfolio data.


Untuk mendapatkan pengalaman belajar menarik, buruan sign up di DQLab. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login