MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 1 Jam 21 Menit 38 Detik 

Kenali Rumus Excel Dasar Yang Dapat Membantu Pengolahan Data Lebih Baik

Belajar Data Science di Rumah 17-Mei-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/6b99539d7e6d23fd659d75964dd818e2_x_Thumbnail800.jpg

Rumus Excel dasar merupakan salah satu materi yang sangat berguna jika dipelajari dan dikuasai. Microsoft Excel adalah software pengolah angka yang termasuk dalam package Microsoft Office seperti Word, Power Point, dan sebagainya. Era revolusi industri kini menjadikan data komponen penting dalam mengembangkan bisnis. Data jika diolah dengan benar akan memperoleh informasi yang dapat menjadi dasar dalam pengambilan keputusan kedepannya. 


Excel memiliki banyak fungsi yang mendukung proses pengolahan data lebih efisien dan akurat. Bayangkan jika data yang sangat banyak diolah secara manual, terkadang akan terjadi kesalahan sehingga harus proses pengolahannya harus diulang kembali yang tentunya akan memakan banyak waktu dan tenaga. Excel bisa dipelajari semua orang dengan background apapun, tidak hanya untuk yang memiliki background IT. Excel juga menyediakan fungsi yang dapat digunakan untuk melakukan analisis data. Sebelum mempelajari fungsi-fungsi lain yang ada pada Excel, ada baiknya memahami rumus-rumus dasar Excel terlebih dahulu. Ini akan memudahkan untuk mempelajari fungsi-fungsi lainnya. Artikel kali ini DQLab akan membahas rumus dasar Excel. Yuk, simak pembahasannya dibawah ini!


1. Operator Pada Excel

Excel merupakan software yang dirancang untuk mendukung proses pengolahan data seperti menambahkan, menghapus, mengubah, hingga memanipulasi data. Perhitungan dalam Excel dilakukan dengan menerapkan fungsi-fungsi yang tersedia atau rumus untuk hasil yang diinginkan. Operator yang digunakan pada Excel untuk melakukan operasi perhitungan adalah sebagai berikut:

  • + untuk penjumlahan

  • - untuk pengurangan 

  • / untuk pembagian

  • * untuk perkalian

  • ^ untuk pangkat 

Fungsi atau rumus dituliskan di kolom bertanda fx di bagian atas sheet dan selalu diawali dengan tanda sama dengan (=).

Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Fungsi Sederhana Pada Excel

Fungsi atau rumus sederhana pada Excel digunakan untuk melakukan perhitungan-perhitungan dasar. Salah satu yang paling dasar adalah menghitung jumlah data. SUM, COUNT, dan COUNTA adalah fungsi dalam Excel yang digunakan untuk menghitung jumlah. SUM digunakan untuk menjumlahkan angka yang ada di sel-sel tertentu. Misalnya kita ingin menjumlahkan angka di sel A1 sampai dengan A10 maka rumus yang dituliskan yaitu =SUM(A1:A10). Fungsi COUNT digunakan untuk menghitung jumlah sel yang berisi angka. Misalnya kita mempunyai data dari sel A1 sampai A10, tetapi yang berisikan data angka hanya di sel A2 sampai A5. Maka rumus yang dituliskan yaitu =COUNT(A1:A10) dengan hasil yaitu 5 yang menunjukkan jumlah sel yang berisikan data angka. Fungsi COUNTA digunakan untuk menghitung jumlah sel yang berisikan data apapun sehingga kita bisa mengetahui jumlah sel yang tidak kosong. Misalnya kita mempunyai data dari sel A1 sampai A5, namun ada data yang kosong di sel A3. Maka rumus yang dituliskan yaitu =COUNTA(A1:A5) dan akan menghasilkan jumlah sel yaitu 4 karena hanya ada satu sel yang kosong. 


3. Fungsi Logika Dalam Excel 

Selain dari fungsi atau rumus dasar Excel yang sudah dibahas di atas, Excel juga menyediakan fungsi logika yang digunakan untuk menyatakan suatu kondisi benar atau salah. Misalnya untuk menentukan siswa lulus atau tidak lulus berdasarkan nilai ujian yang diperoleh. Beberapa fungsi logika pada Excel yang sering digunakan antara lain yaitu:

  • IF digunakan untuk menguji atau mengidentifikasi data berdasarkan logika tertentu.

  • AND digunakan untuk mengetahui apakah isi dari suatu sel benar (TRUE) atau salah (FALSE) dengan kondisi sel harus memenuhi semua kriteria untuk menjadi benar atau salah.

  • OR digunakan untuk mengetahui isi dari suatu sel benar (TRUE) atau salah (FALSE) dengan kondisi sel bisa dipenuhi dengan salah satu kriteria saja untuk menjadi benar atau salah.

  • NOT merupakan fungsi yang akan menghasilkan nilai TRUE jika kondisi yang diuji salah dan nilai FALSE jika kondisi yang diuji benar. 

Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       


Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


    Penulis : Dita Kurniasari

    Editor : Annissa Widya Davita


      Postingan Terkait

      Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!