MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 2 Jam 41 Menit 12 Detik 

Kursus Data Science Jakarta, Kenali SQL Bahasa Pemrograman untuk Pengolahan Database

Belajar Data Science di Rumah 12-Mei-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/af52e6a11e0e8f4243702cdc4cc4aa1d_x_Thumbnail800.jpg

SQL merupakan salah satu bahasa pemrograman yang wajib dikuasai oleh orang yang bekerja sebagai praktisi data. Bahasa pemrograman ini termasuk sebagai query language yang mudah dioperasikan dibandingkan bahasa pemrograman lainnya seperti C++, Java, PHP, dan masih banyak lagi. Bahkan 50,8% developer menggunakan SQL sebagai sistem database. Sehingga tidak mengherankan hampir semua tempat kursus Data Science pasti memiliki materi tentang SQL, termasuk DQLab.

DQLab merupakan salah satu lembaga kursus yg ada di Jakarta yang berfokus di Data Science. Di DQLab sendiri telah ada lima modul pembelajaran yang menggunakan bahasa SQL. Mulai dari kelas persiapan yang merupakan kelas yang paling basic sehingga kelas fundamental. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai SQL secara mendalam, mulai dari pengertian SQL, kelebihan dan kelemahan SQL, hingga pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan SQL. Penasaran kan gimana artikelnya? Yuk, baca sampai habis! 

1. Pengertian SQL

Berdasarkan Dataquest, SQL merupakan bahasa query yang dirancang untuk mengambil beberapa informasi  yang tersedia di sebuah database. SQL pertama kali muncul pada tahun 1970 dengan nama SEQUEL (Structured English Query Language). Pada tahun 1986, IBM menggunakan bahasa pemrograman ini sehingga nama SEQUEL pun diubah menjadi SQL agar lebih mudah dibaca. Saat ini telah ada berbagai jenis bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengolah database namun tetap menggunakan dasar SQL seperti MySQL, PostgreSQL, Microsoft SQL Server, dan lainnya. Bahasa pemrograman ini menjadi bahasa yang paling digemari oleh Data Scientist ataupun praktisi data lainnya karena kemudahannya untuk diintegrasikan dengan bahasa pemrograman lainnya seperti Python, R, dll. 

Baca juga : Awali Kursus Data Science Gratis Di Era Pandemi Bersama DQLab

2. Kelebihan dan Kelemahan SQL

Beberapa kelebihan SQL adalah setiap user dapat diberikan hak akses pada database oleh administrator database tersebut. SQL juga memiliki kemampuan mengolah data dalam jumlah yang besar, namun tetap memiliki security data yang baik serta kemampuan dalam backup data, rollback data, dan recovery data. SQL juga mampu diintegrasikan dengan berbagai bahasa pemrograman lainnya, juga mudah dikoneksikan dengan komputer client yang membangun aplikasinya menggunakan software yang sama dengan platform MS-SQL.

Sementara kelemahannya adalah memiliki harga yang cukup mahal bagi perusahaan kecil dan menengah. Selain itu SQL hanya dapat diimplementasikan pada satu unit server, jika ingin memperbesar skala maka harus menambah daya CPU,SSD, RAM, dan perangkat lainya pada satu server.

3. Pekerjaan yang Menggunakan SQL

Mayoritas pekerjaan di bidang data membutuhkan paling tidak skill dasar dari SQL. Pasalnya SQL merupakan bahasa pemrograman yang pasti dekat dengan data dan database. Data Scientist dan Data Analyst menjadi contoh pekerjaan yang membutuhkan skill SQL. Mereka akan mengambil data dari database, kemudian melakukan cleaning, barulah data tersebut akan diolah dengan berbagai metode. Data Engineer juga merupakan pekerjaan yang membutuhkan skill SQL, karena dalam pembuatan arsitektur data akan sangat membutuhkan bahasa pemrograman ini. Selain pekerjaan-pekerjaan tersebut, sebenarnya masih ada banyak pekerjaan lainnya yang juga membutuhkan skill ini.

Baca juga : Kursus Data Science Jakarta: Tips Cermat Belajar Data Science bersama DQLab!


4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       


Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


    Penulis : Gifa Delyani

    Editor : Annissa Widya Davita


      Postingan Terkait

      Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!