Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Kenali SQL dan Sintaks Umumnya Group By

Belajar Data Science di Rumah 13-Oktober-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-rabu-06-2023-10-15-084443_x_Thumbnail800.jpg

Halo teman-teman, seperti yang telah kita ketahui bahwa saat ini penggunaan internet semakin mudah diakses oleh siapapun dan kapanpun. Kecanggihan internet ini perlu diimbangi dengan banyaknya keahlian yang sesuai.


Salah satu keahlian yang dibutuhkan adalah menguasai bahasa pemrograman, yaitu SQL. SQL ini dikenal dengan bahasa pemrograman yang diperlukan dalam pengelolaan database. Dalam bahasa SQL terdapat salah satu fitur yang sering digunakan yaitu SQL group by.


Perkembangan internet saat ini memberikan berbagai dampak dalam keseharian, salah satunya adalah dalam bidang data. Data kini sangat mudah diakses oleh siapapun dan bisa dikelola dengan berbagai macam keperluan.


Data yang tersedia perlu dikelola dengan sebaik mungkin dan bisa menggunakan bantuan tools apapun yang sesuai. Pada artikel kali ini kita akan mengenali beberapa hal terkait SQL, fungsi SQL dan penggunaan secara singkat SQL group by.


1. Apa Itu SQL

SQL merupakan bahasa query yang digunakan untuk mengakses data, manipulasi data, membuat, dan mengubah data yang bersifat relasional.


Terdapat tiga jenis bahasa SQL yaitu DDL (Data Definition Language), DML (Data Manipulation Language) dan DCL (data Control Language). Saat ini sudah banyak profesi yang membutuhkan keahlian seseorang yang bisa mengoperasikan bahasa SQL.


Beberapa diantaranya adalah data engineer, business analyst, database administrator, quality assurance tester, data scientist, dll.


SQL




Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Fungsi Agregate

Fungsi agregate digunakan untuk melakukan perhitungan pada sekelompok nilai. Berbagai fungsi agregate yang sering digunakan adalah : 

  • SUM(), untuk menjumlahkan sekelompok nilai (baris) dalam satu kolom

  • COUNT(), untuk menghitung jumlah baris

  • AVG(), untuk menghitung nilai rata-rata dari suatu kolom

  • MIN(), untuk menghitung nilai minimum dari suatu kolom

  • MAX(), untuk menghitung nilai maximum dari suatu kolom

  • FIRST(), untuk mengembalikan nilai pada baris pertama dari suatu kolom

  • LAST(), untuk mengembalikan nilai pada baris terakhir dari suatu kolom.


SQL


3. Fungsi Skalar

Fungsi skalar terbagi menjadi dua jenis yaitu fungsi skalar untuk numerik value yang biasa digunakan untuk melakukan operasi matematik di SQL secara cepat dan efektif. Beberapa fungsi skalar matematika yang sering digunakan antara lain adalah abs(), ceiling(), floor(), round(), sqrt(), mod(), dan exp(). 


SQL


Jenis yang kedua adalah fungsi skalar text untuk string value. Fungsi ini digunakan untuk melakukan operasi pada text atau karakter di SQL. Beberapa contoh fungsi text yang dapat digunakan antara lain concat(), split_part(), substr(), length(), replace(), trim(), upper(), lower(), dll. 


4. SQL Group By

SQL group by merupakan suatu statement yang digunakan untuk mengelompokkan data yang bernilai sama ke dalam satu grup. Dengan menggunakan fungsi agregate seperti (COUNT, MAX, MIN, SUM, AVG) kita juga bisa melakukan agregasi untuk setiap grup atau kelompok yang terbentuk.


Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu 1) group by digunakan dengan select, yang artinya kolom yang digunakan di GROUP BY statement juga perlu ditempatkan di SELECT; 2) GROUP BY ditempatkan setelah WHERE, jika tidak menggunakan WHERE maka langsung ditempatkan setelah FROM; 3) jika menggunakan ORDER BY maka GROUP BY ditempatkan sebelum ORDER BY.


Berikut ini syntax penggunaan GROUP BY:

SQL


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


Mempelajari bahasa SQL adalah suatu kebutuhan yang perlu dipelajari oleh pemuda masa kini yang tertarik dengan dunia data. Kamu bisa mempelajari berbagai macam bahasa pemrograman dasar data science di DQLab.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan ikuti DQLab LiveClass  Bootcamp Data Analyst with SQL and Python sekarang! 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login