PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!

0 Hari 4 Jam 37 Menit 58 Detik

Kenali Statement Having & Group By SQL dari DQLab

Belajar Data Science di Rumah 25-Mei-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/09b6d4acf73227b8bf48a6e50af647a0_x_Thumbnail800.jpeg

Group by adalah salah satu statement SQL yang paling banyak digunakan di berbagai project. Statement group by digunakan untuk menemukan matriks utama seperti average, nilai max dan min, dan lain sebagainya dalam data yang telah dikelompokkan berdasarkan variabel tertentu. Jika kita menghitung dasar statistik seperti sum, average, max, min, dan lain sebagainya tanpa group by hasil yang kita peroleh akan berorientasi pada record sedangkan ketika kita menggunakan statement group by, maka hasil yang kita peroleh adalah matriks yang kita butuhkan berdasarkan kelompok tertentu. 


Selain powerful, group by merupakan salah satu statement SQL yang mudah digunakan, tetapi sulit untuk dikuasai. Statement ini adalah salah satu basic statement pada SQL, hanya saja cukup sulit dikuasai terutama bagi beginner terutama ketika statement ini dikombinasikan dengan statement agregat. Selain itu, group by juga dapat dikombinasikan dengan statement having. Bagaimana caranya? Yuk kita simak inti materi dari modul DQLab ‘Fundamental SQL Group By and Having’!


1. Kegunaan Having

Pada modul ini, kita akan dijelaskan cara menggunakan statement having dengan jelas dan disertai contoh penulisan script codenya. Pada dasarnya, statement having digunakan untuk menggantikan statement where ketika menggunakan statement group by yang datanya diagregasi. Secara umum, having dapat ditulis sebagai berikut:

SQL

Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Contoh Penggunaan Having

Pada modul ini, kita akan diberikan beberapa tabel yang berisi data dummy. Di bagian awal, kita akan belajar cara menggunakan statement having secara sederhana. Sebagai contoh, kita akan diminta untuk mencari customer_id double yang artinya, jumlah customer_id lebih dari satu dengan menggunakan statement count. Berikut adalah script yang akan kita pelajari di modul.

SQL


3. Penggunaan Having dan MIN

Sama seperti pada matematika, statement MIN digunakan untuk memfilter nilai minimum pada data yang ditentukan. Pada modul DQLab, kita akan diminta untuk mengambil data total harga minimum yang lebih kecil dati 500,000. Berikut adalah contoh scriptnya.

SQL


4. Penggunaan Having dan AVG

Pada SQL, digunakan untuk memfilter nilai rata-rata dari kolom yang dicari. Pada modul DQLab kita akan diminta untuk mencari rata-rata total harga yang nilainya lebih dari 100,000. Berikut adalah script code yang digunakan pada modul DQLab.

SQL


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


DQLab adalah platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science dan Artificial Intelligence dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti R dan Python. Menariknya, DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti training corporate DQLab dengan klik tautan https://dqlab.id/b2b  berikut untuk informasi lebih lengkapnya! Ingin akses semua modul DQLab? Yuk signup sekarang!


Penulis: Galuh Nurvinda K

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login