FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 76 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 4 Jam 2 Menit 33 Detik 

Kenali String Split Python & Cara Operasikannya

Belajar Data Science di Rumah 23-Desember-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3ff773b818ce0ff139c0ca4c632dba17_x_Thumbnail800.jpeg

Python menyediakan banyak sekali operasi yang digunakan untuk melakukan manipulasi data (data manipulation). Salah satu operasi yang dipakai adalah fungsi split pada Python. Fungsi split dipakai untuk melakukan pengolahan data dalam bentuk teks. Apapun teksnya bisa ditangani lewat fungsi split. Mulai dari huruf besar, kecil, simbol dan lain-lain. Kita bisa menentukan berapa kali string atau baris tertentu harus dipecah menggunakan fungsi split(). Jika kita tidak menentukan nilai ini, seluruh string atau baris akan dipindai dan dipisahkan berdasarkan separator yang digunakan.


Fungsi split dapat membantu kita untuk membagi string yang panjang menjadi ukuran yang lebih kecil. Hasilnya pun bisa bermacam-macam. Mulai dari delimiter, karakter, substring hingga berbentuk list. Kita juga bisa menentukan karakter yang ingin kita hilangkan dalam operasi string split pada Python. Dalam artikel ini kita akan membahas berbagai fungsi split yang bisa digunakan tergantung dengan keadaan serta bagaimana cara mengoperasikannya. Penasaran apa aja fungsi split yang ingin kita bahas pada postingan kali ini? Yuk, simak pembahasan berikut!


1. Sintaks Split() dalam Bahasa Pemrograman Python

Sebelum kita membahas tentang cara mengoperasikan fungsi split() ke dalam string, kita akan bahas persamaan umum yaitu sintaks dari Split(). Fungsi split pada Python menyediakan daftar kata di setiap baris atau string. Operasi di dalam string selalu dipisahkan oleh string pembatas. 


Dalam bahasa pemrograman Python, pembatas ini dinamakan delimiter. Setiap string dipisahkan oleh delimiter. Terdapat satu atau lebih string pendukung yang berada di dalam string utamanya.


Sintaks fungsi split() pada Python memiliki dua parameter didalamnya. Ada yang disebut dengan separator dan max dengan nilai pengembalian (return). Berikut adalah sintaks yang perlu kamu tuliskan jika ingin membuat fungsi split:

Python

Keterangan:

Separator: separator atau pemisah kata didefinisikan untuk mengidentifikasi delimiter. Dengan menggunakan separator, fungsi split dapat membagi string utama menjadi beberapa substring. Jika tidak ada maka akan digantikan dengan whitespace.


Parameter Maxsplit: angka yang diteruskan ke fungsi untuk membagi basis string ke dalam nilai maksimum yang muncul. Maxsplit adalah jumlah maksimum split akan dilakukan.


Return: Fungsi split kembali ke daftar string semula setelah memecah atau memisahkan string utama.


Baca juga : Coding Python Dasar dengan Array Addressing List


2. Operasi String Split dengan Delimiter

Kita masuk ke dalam operasi string pertama yaitu membagi string dengan melibatkan operasi delimiter. Delimiter dapat didefinisikan sebagai string yang terjadi dalam bentuk spasi, koma, titik koma, titik dua, dan karakter lainnya. Adapun peran dari operasi delimiter pada string split Python adalah menampilkan awal dan akhir dari string karakter, kata atau item data.


Nah, untuk lebih jelasnya bagaimana caranya untuk melakukan operasi string split delimiter. Kamu bisa lihat contoh sintaks di bawah ini


Python


Disini kalian bisa lihat bahwa sintaks tadi melibatkan beberapa operasi delimiter. Contoh teksnya adalah Hello World Guru99. Masing-masing delimiter punya peranan yang berbeda. Mulai dari dipisahkan karena spasi (space), koma(comma) dan titik dua(colon). Jadi nantinya ketika code ini dijalankan akan menghasilkan operasi delimiter yang berbeda-beda. Kalau dipisahkan dengan spasi (space) maka keluarnya juga space, begitupun lainnya.


3. Operasi String Split dengan Karakter

Operasi selanjutnya adalah string split dengan menggunakan karakter. Fungsi split dapat digunakan dengan berbagai cara. Salah satu skenarionya dapat berupa penggunaan fungsi split untuk memunculkan karakter sebagai delimiter. Fungsi pemisahan dapat digunakan untuk mengidentifikasi karakter yang diaplikasikan di bagian code. String split dengan karakter juga dipakai untuk menggantikan operasi delimiter yang ada di string utama kemudian dipisahkan menjadi string pendukungnya.


Untuk lebih jelasnya, kita akan berikan contoh untuk melakukan operasi string split dengan memunculkan karakter dan delimiter.


Python


Pada contoh diatas, kita memiliki sebuah teks yaitu Hello World Guru99. Niatnya kita ingin memisahkan salah satu huruf dengan karakter tertentu. Anggapannya kita mau menghilangkan huruf L pada potongan teks tadi. Berikut adalah hasil potongannya  


Python


Terlihat bahwa huruf L pada masing-masing kata hilang akibat penggunaan fungsi split() yang diaplikasikan pada karakter yang ada di dalam kurung. Kemudian untuk delimiter yang dipakai sebagai contoh di atas adalah koma.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


4. Operasi String Split dengan List

Lanjut, kita masuk ke operasi keempat yaitu operasi string pada list. Dalam operasi split ini, fungsi dapat digunakan untuk membagi string yang akan dicetak dalam bentuk daftar atau list. Disini kamu bisa menggunakan loop print sebagai string ke substring yang berbeda dalam bentuk daftar. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan contoh dari operasi string dengan list


Python


Pada kode diatas, textnya masih sama. Cuman bedanya kita ingin memisahkan masing-masing karakter dari satu kalimat menjadi tiga baris. Berikut adalah hasilnya:



Dengan demikian string dipisahkan dan kemudian dimunculkan satu demi satu dengan bantuan loop. Sebab disitu terdapat perintah for yang termasuk dalam operasi perulangan. Maka akan menghasilkan

Hello

World

Guru99


5. Operasi String Split dengan Operator Max Split

Fungsi selanjutnya yaitu Max Split Operator yang merupakan operasi string pada Python. Fungsi split dipakai untuk menyediakan opsi pembagian string menjadi beberapa kali. Jika nilainya tidak diinisialisasi, maka diberikan -1 sebagai nilai default. Mari kita lihat contoh di bawah ini untuk penggunaan fungsi split dengan Max Split.


Python


Berikut adalah outputnya:


Python


Dalam kode Python di atas, string dipisahkan berdasarkan jumlah instance maksimum.


6. Operasi String Split dengan Operator Substring

Operasi terakhir adalah operasi substring yang diterapkan dalam string split Python. Substring dapat didefinisikan sebagai string yang ada di dalam string utama. Fungsi split dipakai untuk membagi string utama berdasarkan substring yang ada dalam string tersebut. Mari kita perhatikan contoh di bawah ini untuk penggunaan fungsi split.


Python


Berdasarkan kode diatas, ada dua substring bernama 99, dan string Hello World dipisahkan berdasarkan substring “Guru” seperti yang ada di string utama yaitu “Hello World Guru 99”. Berikut adalah outputnya:


Python


Python bisa melakukan banyak sekali pekerjaan, mulai dari pekerjaan sederhana seperti ini hingga yang lebih rumit seperti penggunaan Machine Learning, Deep Learning, dll. Sehingga tidak heran jika bahasa ini menjadi favorit banyak orang.


Sahabat DQ bisa mempelajari coding Python yang lebih mendalam dan detail dengan mengakses modul Premium yang tersedia di DQLab. Ada banyak sekali pembahasan yang dituang dalam berbagai modul dengan menggunakan bahasa pemrograman Python. Tidak hanya itu, begitu Sahabat DQ berlangganan modul premium, maka kalian juga bisa menikmati modul pembelajaran dengan menggunakan bahasa pemrograman lainnya, seperti R dan SQL.


Namun bagi kamu si pecinta gratisan, tenang saja. DQLab juga sudah menyediakan free modul yang bisa kamu jadikan dasar pembelajaran Python mu. Yuk, tunggu apa lagi? Buruan sign up di DQLab!


Penulis : Reyvan Maulid


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :